MENGGUNAKAN MENU IKON PADA COREL
A.
Istilah-Istilah Dalam
Coreldraw
Istilah
|
Keterangan
|
Object
|
Merupakan bagian atau elemen
suatu desain gambar, yaitu image, shape, garis, teks, kurva simbol, dan
layer.
|
Drawing
|
Menggambar dengan CorelDraw,
misalnya teks indah, logo, poster, dan brosur.
|
Vektor grafic
|
Sebuah gambar yang tersusun
dlm pengertian secara matematika yg terdiri dr rumus & perintah garis.
|
Bitmap
|
Sebuah gambar yg tersusun dr
titik & pixel.
|
Docker
|
Jendelah yg berisi perintah
& pengaturan yg sesuai dg tool yg dipilih
|
Flyout
|
Tombol yg dpt dibuka &
merupakan bagian dr toolbox /menu
|
Artistict text
|
Jenis teks yg ditambahkan
efek-efek khusus seperti efek bayangan.
|
B.
Mengaktifkan Program Aplikasi Vektor Corel Draw
Langkah –langkah mengaktifkan CorelDraw X3.
1.
Klik menu Start pada taskbar.
2.
Arahkan mouse pada All Program.
3.
Arahkan mouse pada CorelDraw Graphics Suite X3.
4.
Klik CorelDraw X3.
C.
Mengenal Lembar Kerja Menu, dan Toolbar CorelDRaw
1. Title Bar. Berfungsi untuk menampilkan judul file aplikasi yang sedang aktif.
2. Menu bar, adalah barisan menu yang menampilkan
perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mengolah objek. Menu
terdiri dari : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Text. Masing-masing
menu mempunyai submenu dan perintah.
3. Toolbar : menu yg terdiri dr gambar/lambang yg
disebut ikon.
Toolbar standard, adalah
kumpulan dari ikon-ikon yang mewakili perintah-perintah untuk pengolahan layar
utama. Misalnya membuat lembar kerja baru, membuka lembar kerja yang telah
4. Property bar, adalah baris yang sifatnya unik,
yang mana tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada di
dalamnya akan menyesuaikan dengan ikon yang sedang aktif pada toolbox.
Misalnya, jika ikon pada toolbox yang aktif adalah zoom tool, maka property bar
akan menampilkan ikon-ikon yang berhubungan dengan zoom tool. Berfungsi
mempercepat akses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang
aktif
5. Toolbox, adalah kumpulan tombol yang digunakan
untuk membuat dan memodifikasi objek. Secara default toolbox terletak disebelah
kiri lembar kerja. Dengan fasilitas toolbox siswa dapat memodifikasi objek,
memberikan efek-efek tertentu, dan sebagainya.
6. Menu Status Bar, adalah area yang
terletak di bawah jendela aplikasi yang berfungsi menunjukkan informasi tentang
status objek seperti tipe, ukuran, warna, fill, dan resolusi.
7. Ruller, merupakan fasilitas pembantu berupa
petunjuk ukuran dari dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Ruler
memudahkan anda dalam mendesain suatu gambar atau objek dengan ukuran-ukuran
tertentu.
8. Status Page, berfungsi
menunjukkan Informasi tentang jumlah halaman.
9. Window Box (Dockers) Merupakan tempat menu-menu yang ada pada
kategori Menu Window – Dockers ditempatkan ketika aktif. Untuk mengaktifkan :
a.
Klik menu Window
b.
Klik Dockers
c.
Kemudian, pilih Window Box
atau Dockers yang akan diaktifkan.
10.
Drawing Windows, adalah
daerah luar halaman berfungsi sebagai tempat menggambar atau mendesain gambar. Drawing
window ditandai oleh penggulung layar atau scroll bar dan pengontrol aplikasi
(application control) dan ruler line.
11.
Drawing Page, Merupakan
daerah yang berbentuk kotak yang berfungsi menunjukkan jenis kertas
yang terletak di dalam drawing window. Semua objek atau gambar yang terletak
dalam area ini akan dapat dicetak ke printer, sedangkan gambar yang melewati
area ini tidak akan dicetak oleh printer.
D.
Fungsi Toolbox Grafis Vektor CorelDRAW
Icon
|
Nama
|
Fungsi
|
|
Pick Tool
|
Digunakan untuk memilih objek, memindah objek, memutar objek, dan
mengubah ukuran objek
|
|
Freehand Tool
|
Digunakan untuk membuat garis bebas seperti halnya Anda menggambar dengan pensil
|
|
Bezier Tool
|
Digunakan untuk membuat
garis kurva lengkung maupun garis lurus menggunakan titik-titik hubung objek.
|
|
Crop
|
Digunakan untuk memotong
area objek yang tidak diperlukan
|
|
Artistic Media Tool
|
Digunakan untuk membuat
garis artistik
|
|
Smart Fill Tool
|
Digunakan untuk mewarnai objek dan sekaligus membentuk objek baru berdasarkan bentuk objek yang diberi warna
|
|
Rectangle Tool
|
Digunakan untuk menggambar objek persegi panjang atau bujur sangkar
|
|
Ellipse Tool
|
Digunakan untuk menggambar
objek lingkaran atau elips
|
|
Basic Shapes
|
Digunakan untuk menggambar bentuk yang telah disediakan oleh komputer
|
|
Text Tool.
|
Digunakan untuk menuliskan teks di lembar kerja
|
|
Interactive Blend Tool
|
Digunakan untuk membaurkan dua objek atau lebih
|
|
Eyedropper Tool
|
Digunakan untuk mengambil
warna dari warna objek yang lain
|
|
Outline Tool
|
Digunakan untuk mengatur
pembuatan garis outline
|
|
Fill Tool
|
Digunakan untuk mewarnai
bidang objek
|
|
Interactive Fill Tool
|
Digunakan untuk mewarnai
bidang objek secara interaktif.
|
|
Paintbucket Tool
|
Digunakan untuk mewarnai
sebuah objek setelah Anda mengambil warna dari objek yang lain menggunakan
Eyedropper Tool
|
|
Hand Tool
|
Digunakan untuk menggeser
lembar kerja guna melihat objekobjek
yang tidak tampak pada lembar kerja
|
|
Zoom Tool
|
Digunakan untuk mengubah besar
kecilnya tampilan lembar kerja dengan berbagai ukuran, selain juga untuk melihat
besar kecilnya bagian objek tertentu
|
|
Shape Tool
|
Digunakan untuk mengedit
bentuk objek, seperti melengkungkan
objek garis kurva, menggeser dan menghapus node/ titik edit
|
|
Polygon Tool
|
Digunakan untuk menggambar
objek polygon (segibanyak)
|
|
Smart Drawing Tool
|
Digunakan untuk menggambar
garis bebas yang dapat dikenali sebagai bentuk dasar dan selanjutnya CorelDRAW
secara otomatis akan mengkonvesinya
menjadi satu bentuk objek
|
|
3 Point
Curve Tool
|
Digunakan untuk menggambar
garis kurva.
|
|
Dimension
Tool
|
Digunakan untuk membuat
garis dimensi sebagai alat bantu untuk mengukur panjang atau tinggi objek
|
E.
Pengenalan
Pallete Warna dalam CorelDRAW X3
Pada
keadaan default, ada 2 sistem pewarnaan pada CorelDRAW X3 yaitu CMYK dan RGB.
Sistem pewarnaan yg cukup terkenal dan umumnya dipakai dlm dunia percetakan
merupakan sistem pewarnaan 32 bit adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) yg
bekerja pd dasar warna putih (kertas).
Sistem
pewarnaan RGB (Red, Green, Blue) adalah jenis pewarnaan 24 bit (True Color) yg
dihasilkan dr pencampuran warna dasar merah, hijau dan biru. Ketiga warna tsb
bekerja pd dasar hitam (tanpa cahaya)
Sistem
pewarnaan RGB umumnya dipakai untuk mencetak foto-foto, pd televisi berwarna
dan pada monitor. Untuk menentukan sistem pewarnaan sesuai tujuan desain
gambar, misalnya untuk membuat brosur/kartu nama dpt menggunakan sistem CMYK
dan untuk membuat banner pd website lebih baik menggunakan sistem RGB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya