animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Kamis, 04 Mei 2017

Seni Rupa Tiga Dimensi



SENI RUPA 3 DIMENSI

Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni yang tidak ada batasan dengan sisi panjang dan lebar. Namun, seni rupa ini dibatasi oleh kedalaman atau tingginya. Dalam bahasa yang paling mudah yaitu karya seni yang mempunyai volumne dan menempati sebuah ruang.
Sehingga unsur dan ruang yang menjadi pembeda di antara karya seni rupa 3 dimensi dan 3 dimensi ini. Akibat perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan, baik itu dari sudur pandang, model, dan pola berkarya.

A.           Teknik-Teknik Seni Rupa 3 Dimensi
Dalam pembuatan sebuah karya seni ternyata memiiki tekniknya masing-masing apalagi di Indonesia yang memiliki seni yang bermacam ragam. Begitupun teknik yang dipakai, serta media yang berbeda-beda tergantung pada lingkungan daerahnya.
Hal ini juga berlaku pada seni rupa 3 dimensi. Nah, berikut ini adalah teknik-teknik yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa 3 dimensi.
1. Teknik Aplikasi
Sebuah karya hias dalam seni menjahit misalnya teknik ini menggunakan cara menempelkan bermacam-macam guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti bintang, bungan ataupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain untuk hiasannya.

2. Teknik Mozaik
Teknik mozaik adala teknik membuat karya seni dengan cara menempelkan benda berbentuk 3 dimensi yang diatur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah lukisan yang indah.

3. Teknik Pahat
Teknik ini membentuk sebuah karya seni dengan membuang bahan yang tidak perlukan. Cara membuatnya dengan menggunakan alat pahat, kikir, dan martil. Biasanya bahan atau media yang digunakan adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu, dan bahan lainnya.

4. Teknik Merakit
Teknik merakit adalah teknik membuat sebuah karya seni dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit dan hasil dari karya ini disebut dengan rakitan. Cara menggabungkan bahan ini dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.
5. Teknik Menuang atau Cor
Karya seni yang dihasilkan oleh teknik ini adalah dengan membuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tersebut menggeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Bahan yang digunakan adalah semen, logam, gips ataupun karet.

B.            Unsur-Unsur yang Ada Pada Seni Rupa 3 Dimensi
Karya seni rupa 3 dimensi memiliki unsur-unsur khusus seperti garis, bidang, warna, dan juga bentuk. Unsur-unsur seni rupa 3 dimensi ini digunakan untuk memperindah bentuk pada karya seni rupa 3 dimensi.
Contoh dari karya seni rupa 3 dimensi ini yang paling mudah untuk kenali adalah patung. Hingga saat ini seni patung mmasih terus berkembang menjadi lebih baik dan nilai seni yang dimiliki cukup tinggi.
Pembuatan patung yang digunakan dengan media batu, kayu ataupun logam mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Contoh:
Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias
lampu-hias-dari-botol-plastik-dan-sendok-plastik
lampu nanas 1

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan
1.             Botol bekas
2.             Sendok plastic
3.             Lampu lengkap
4.             Pisau
5.             Obeng
6.             Lem
7.             Cat
8.             Tiang untuk tempat berdirinya lampu

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Lampu Hias
1.             Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
2.             Langkah Selanjutnya, potong botol plastik sesuai dengan gambar di atas.
3.             Potong-potong sendok plastik sesuai pada gambar.
4.             Satukan botol dengan sendok agar terlihat indah menggunakan lem.
5.             Cat sendok yang sudah ditempelkan.
6.             Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas seperti gambar di atas, lalu dicat.
7.             Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri.
8.             Lampu hias dari botol bekas siap untuk digunakan.


download file nya disini Kak "GREENTHREE"

1 komentar:

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...