animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Rabu, 17 Oktober 2018

Makalah Olahraga Renang


KATA PENGANTAR

            Puji syukurkami panjatkan terhadap tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya, hidayah dan taufiknya, sehingga makalah ini dapat disusun sebagaimana yang direncanakan.
            Makalah ini kami buat dengan memperhatikan dasar dalam olahraga renang itu sendiri, sehingga dengan makalah ini sebagai pedoman untuk mengetahui masalah olahraga renang.
            Mudah-mudahan dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua sehingga dapat meningkatkan prestasi kita khususnya dibidang olahraga renang.
            Saya sadar bahwa makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, saya akan menerima kritik dan saran dengan senang hati dari pembaca demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini.


Bajak 1, 28 Juli 2018


“Leska”










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………….1
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………2
PENDAHULUAN………………………………………………………………………...3
PENGERTAN BERENANG DAN MACAM-MACAM GAYA RENANG……………..4
PENUTUP………………………………………………………………………………...6






















PENDAHULUAN

            Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Renang pada umumnya merupakan suatu pergerakan badan yang dilakukan didalam air. Seperti contohnya kebanyakan ikan yang berada dilaut, sungai, danau, dan lain-lain.
            Pada kehidupan manusia renang merupakan sarana yang digunakan untuk memberikan kesenangan pada diri sendiri. Manusia menggunakannya seperti sebagai saran olahraga, rekreasi, mencari ikan, dan sebagainya.
            Biasanya manusia melakukan gerakan renang pada tujuan rekreasi mereka menggunakan wadah kolom renang besar untuk berenang.
            Renang merupakan suatu cabang olahraga yang aquatic renang ini juga merupakan olahraga yang sering dilakukan dalam adu kecepatan seorang atlit dalam berenang. Perenang dinyatakan menang jikalau ia mencapai garis finis lebih dulu.
            Renang merupakan suatu cabang olahraga yang dapat diajarkan kepada seluruh usia manusia. Mulai dari anak-anak maupun orang dewasa dan juga bayi yang memiliki umur sekitar beberapa bulan juga dapat diajarkan untuk renang.
            Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga.

Dalam renang untuk rekreasi orang berenang dengan:
1.             Gaya dada
2.             Gaya bebas
3.             Gaya punggung, dan
4.             Gaya kupu-kupu




Adapun penjelasan tentang gaya-gaya renang tersebut adalah sebagai berikut:
1.             Gaya dada / gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang kearah luar sementara kedua belah tangan diluruskan kedepan. Kedua belah tangan dibuka kesamping seperti gerakan katak sedang berenang shingga disebut gaya katak. Pernafasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. Setelah satu kali gerakan tangan-kaki / dua kali gerakan tangan kaki. Gaya dada merupakan gaya berenang paling popular untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada diluar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya katak.
2.             Gaya bebas (free swim) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan bergantian digerakkan jauh kedepan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian “dicambukkan” naik turun keatas dan kebawah. Sewaktu berenang gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernafasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air. Saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil nafas, perenang bias memilih untuk menoleh kekiri / kekanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya gaya bebeas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
3.             Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada diluar air sehingga mudah mengambil atau membuang nafas dengan mulut atau hidung. Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat kedepan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.
4.             Gaya kupu-kupu adalah salah satu dari gaya renang yang dilombakan dalam olimpiade dan lomba-lomba resmi yang lain. Karena gerakan kakinya, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba / dolpin. Dibandingkan gaya renang lainnya berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan perenang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan, dikombinasikan dengan dorongan kaki bersamaan. Ketetapan irama sangat penting dalam akselerasi gerakan ini.






















PENUTUP

            Demikianlah makalah renang ini saya buat semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dengan ini saya menyampaikan ribuan terima kasih kepada para narasumber yang telah menjelaskan semua masalah olahraga salah satunya adalah renang.


SELAMAT MEMBACA”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...