animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Rabu, 16 Agustus 2017

10 Macam Search Engine dan Penjelasannya



TUGAS TIK TENTANG PERBEDAAN MACAM-MACAM SEARCH ENGINE DI DUNIA
Pengertian Search Engine 
     Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Secara bahasa pengertian Search Engine adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis. Berikut Macam-Macam Search Engine :

1.GOOGLE (WWW.GOOGLE.COM)
     Google merupakan search engine terhebat dengan waktu akses tercepat dan page loads yang ringan. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia. Google adalah search engine yang paling populer di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs – situs, topik – topik, dan masih banyak lagi. Google Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.


Description: http://2.bp.blogspot.com/-nVNIJVELP98/UYIwHemDcpI/AAAAAAAAABs/Ki_ATevdkAY/s320/Picture2.png
Google Homepage
* Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
* Kekurangan
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2. Yahoo! ( www.yahoo.com )
     Yahoo! Search merupakan mesin pencari terbesar kedua saat ini setelah Google.Yahoo! Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo.Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci yang sedang dicari.



Description: http://4.bp.blogspot.com/-AKCtcXWP3rw/UYIxQ-_tU9I/AAAAAAAAACE/FVl60co1Jys/s320/Picture4.gif
Yahoo! Homepage

* Kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
* Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

3. Bing ( www.bing.com )
Description: http://1.bp.blogspot.com/-Iz8zbpIWYMM/Uy1MjPYdytI/AAAAAAAABQs/H-otJzzSV9M/s1600/bing.jpg
     Bing merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing memiliki sebuah teknologi baru yang diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Kelebihan :
1.      Mempunyai fasilitas instant answer.
2.      Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail
3.      Kotak detail pada link hasil pencarian.
4.      Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
5.      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.
Kekurangan :
1.    Tidak dapat berhitung.
2.    Fiturnya tidak lengkap.
3.    Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4.    Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.

4. Ask ( www.ask.com )
     Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine ) yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers. 
Description: http://4.bp.blogspot.com/-xpT2oBUETvQ/UwcFkE32IpI/AAAAAAAAArM/pmAU2r3cR7c/s320/Ask-Logo-Medium.jpg
5. Altavista ( www.altavista.com )
Description: http://4.bp.blogspot.com/-ZXGTDECA7u8/Uy1Mf-2-lgI/AAAAAAAABQI/OlHgoM409tM/s1600/altavista.jpg
     Altavista adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo yang terbentuk atas ide dari Louis Monier dan Michael Burrows di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory. Pada search engine ini pengguna dapat mencari berbagai macam informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi dan berita. Altavista juga menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish, yang secara otomatis menterjemahkan beberapa bahasa. Pada tahun 2010, Yahoo! mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghentikan situs tersebut. Situs ini ditutup pada tahun 2011 dengan hasil yang mengarahkan ke Yahoo! Search. 
* Kelebihan
1. keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
* Kekurangan
1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

6. Lycos ( www.lycos.com )
Description: http://4.bp.blogspot.com/-UazeZ4Y9_mc/Uy1Mo7iyeTI/AAAAAAAABRw/CBm_K0C-d3s/s1600/lycos.jpg
     Lycos Merupakan mesin pencari yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi sebuah website. Lycos adalah  mesin pencari dan portal web  yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
* Kelebihan
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
* Kekurangan
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data

7. MSN ( www.msn.com )
Description: http://3.bp.blogspot.com/-lh1js1hG36Y/Uy1MorHhg_I/AAAAAAAABRs/nY75tgB86I0/s1600/msn.jpg
     Mesin pencari ini diciptakan oleh Microsoft yang terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart. MSN menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun direktori  Search engine ini menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah dan mampu mencari video, music, gambar, dan berbagai macam format file special.
* Kelebihan
1. mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
* Kekurangan
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

8. DuckDuckGo ( www.duckdukgo.com )
Description: http://3.bp.blogspot.com/-jElkLoSyWBA/Uy1Mjym4bFI/AAAAAAAABQ4/YeML4gZg4Ck/s1600/duckduckgo.jpg
     DuckDuckGo membenarkan pengiraan dan pertukaran untuk unit atau matawang terus dari kotak carian. Menariknya dengan carian DuckDuckGo, Jika anda ‘bertanya’ soal sejarah atau fakta, hasil carian akan dipaparkan secara pantas menggunakan enjin janaan WoframAlpha. Perbedaan DuckDuckGo dengan yang lain adalah Zero Click Info yang paling berguna, hampir setiap kali anda melakukan carian di DuckDuckGo, satu kotak akan terpapar yang memberikan definisi, sejarah atau info berkaitan carian anda.Search engine yang satu ini dibangun untuk benar-benar menghormati privasi dari si pengguna. Tim pengembang DuckDuckGo menganggap bahwa fungsi pencarian terbaik bisa diraih tanpa harus melakukan tracking kepada para penggunanya.

9.FINDTOYOU
Description: http://1.bp.blogspot.com/-3BFbkSDD8nM/Uy1MldIlucI/AAAAAAAABRI/hvXE5rnEUfU/s1600/findtoyou.jpg
Website : www.findtoyou.com
Penjelasan : Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Kelebihan : 1.    Dapat mengklasifikasikan pencarian , sehingga user dapat mudah memilih jenis file yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file saja.
Kekurangan :
1.    Masih agak lambat , meskipun akses internetnya bagus.
Sejarah : Awal mulanya berdiri pada bulan 9 juli 2009 dan berbasiskan di Surabaya dan  Jakarta

10.Excite  
Description: http://3.bp.blogspot.com/-K5IFx5vB1gU/Uy1Mk8Y2PqI/AAAAAAAABRA/YxVvMHxj7vw/s1600/excite.jpg


Website : www.excite.com
Penjelasan : Salah satu mesin pencari yang sangat populer di tahun 90-an. Seiring dengan kepopuleran Google, Excite semakin dilupakan.
Kelebihan :
1. Dapat mencari informasi berupa web, gambar, berita, audio dan video
Kekurangan :
1. Tampilannya kurang menarik
2. Kurang lengkap

11. FinQoo
Description: http://3.bp.blogspot.com/-fHQT4M1LmM8/Uy1MljmbwuI/AAAAAAAABRU/SyXzq3GTNBQ/s1600/finqoo.jpg
Website : www.finqoo.com
Penjelasan : FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walau pun mirip yahoo dan google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini kedalam mesin pencari yang lebih baru. salah satu fitur yang dimiliki oleh FinQoo adalah "Quick View" untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama.
Kelebihan :
1. Dapat menampilkan situs pencarian dalam halaman yang sama
2. Kecepatan dalam mencari
3. Tampilan sederhana
4. Fiturnya komplit
Kekurangan :
1. Loading membutuhkan waktu yang lama

12.Scirus
Description: http://1.bp.blogspot.com/-2LDH6h6p1Kw/Uy1Mpa6VLII/AAAAAAAABR4/AQXpUkjIAp0/s1600/scirus.jpg
Website : www.scirus.com
Penjelasan : scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. scirus menambahkan slidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal. scirus memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci dan kemampuan untuk menyimpan, email, atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX.
Kelebihan :
1. Terdapat sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian
2. Untuk akurasi maksimal
3. Kemampuan melakukan pencarian di situs lain
Kekurangan :
1. Belum terlalu populer


13.LookSmart
Description: http://1.bp.blogspot.com/-lIO_0dP0Oto/Uy1MnUlXhtI/AAAAAAAABRg/NAa3gCFiA20/s1600/looksmart.jpg
Website : www.looksmart.com
Penjelasan : Looksmart adalah sebuah perusahaan periklanan online yang berbasis di San Francisco. Looksmart menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan Iklan yang Cari.
Kelebihan :
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan :
1. Bukan situs web yang gratis

14.Wisenut
Description: http://3.bp.blogspot.com/-jeVpoY83usY/Uy1MrmD-_-I/AAAAAAAABSI/HpHxQS_RgOM/s1600/wisenut.jpg
Website : www.wisenut.com
Penjelasan : Wisenut adalah berbasis crawler mesin pencari yang dimiliki oleh Looksmart.Wisenut diperkenalkan database segar dan hits relevan. Tidak seperti mesin pencari lainnya, Wisenut tidak cache halaman. Wisenut ditutup untuk selamanya pada tanggal 28 September 2007.
Kelebihan :
1. Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2. Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
3. Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
4. Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
Kekurangan :
1. Tidak ada Bahasa Indonesia-nya

15.Baidu
Description: http://1.bp.blogspot.com/-rjG_Is-bUKQ/Uy1MiBrdlNI/AAAAAAAABQk/XK_sIoZCWcc/s1600/baidu.jpg
Website : www.baidu.com
Penjelasan : Baidu, Inc. biasa dikenal dengan sebutan Baidu adalah perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Baidu.com Inc. adalah merek terdaftar di Kepulauan Cayman.
Kelebihan :
1.    Baidu Post Bar menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2.    Baidu Berita menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional
3.    Cari MP3 Baidu menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4.    Baidu Ensiklopedi
5.    Baidu Internet Tv
Kekurangan :
1.    Untuk pencarian tdk secepat google /yahoo
2.    Bahsa didominan oleh bahasa mandarin
3.    Jangkauan artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google
4.    Penampilan gambar pada baidu kurang jelas
5.    Proteksi dalam baidu bisa dibilang jelek

16.Web Crawler  
Description: http://4.bp.blogspot.com/-_tFAMfViPAM/Uy1MqKCn7HI/AAAAAAAABSE/o-TlGKhSmGQ/s1600/webcrawler.jpg

Website : www.webcrawler.com
Penjelasan : Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Kelebihan :           
1.        Suatu program atau script otomatis yang relatif simple
2.        Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine
Kekurangan :
1.        Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan













17.ICEROCKET
Description: http://1.bp.blogspot.com/-kKfOkm4mcVQ/Uy1MmHQt_JI/AAAAAAAABRY/zQeLh1SrpQU/s1600/icerocket.jpg
Website : www.icerocket.com
Penjelasan : Sesuai namanya, mesin ini laksana rocket tatkala mencari artikel. Dalam hitungan jam, beberapa pesan twitter dan juga blog terbaru sekalipun bisa terdeteksi. Terlebih mereka membaginya berdasarkan sumber berita. Tersebut ada blog, web, twitter, myspace, news, image dan big buzz dalam sekatnya.
Kelebihan :
Penjelasan : Sesuai namanya, mesin ini laksana rocket tatkala mencari artikel. Dalam hitungan jam, beberapa pesan twitter dan juga blog terbaru sekalipun bisa terdeteksi. Terlebih mereka membaginya berdasarkan sumber berita. Tersebut ada blog, web, twitter, myspace, news, image dan big buzz dalam sekatnya.
Kelebihan :
1.    Dapat mencari gambar
2.    Dapat mencari search engine yang susah dicari
3.    Dapat digunakan untuk mencari dan membuat blog
4.    Ada fasilitas news yang digunakan untuk melihat kabar berita terbaru
5.    Serta mudah untuk melihat daftar video yang baru seperti film bioskop yang hot news
Kekurangan :
1.    Kurang begitu populer
2.    Susah dicari tentang informaasi situs web tersebut
3.    Sulit untuk memahami cara memakai web
4.    Cara pemakaian dan fasilitas yang kurang memadai

18.Entire Web
Description: http://4.bp.blogspot.com/-FsgbO1m5Qqw/Uy1MkJ7H7sI/AAAAAAAABRE/Zksw2jaaHl8/s1600/entireweb.jpg
Website : www.entireweb.com
Penjelasan : layanan gratis 100%, memberikan layanan untuk SUBMIT URL Websites ataupun Blog anda ke seluruh search engine seperi Google, Bing, Yahoo, Aol, AltaVista, Lycos, DuckDuck, Excite, InfoSpace,  disamping itu EntireWeb memberikan layanan Ping Matic agar seluruh artikel postingan anda terdeteksi seluruh mesin pencari.
Kelebihan :
1.    Memiliki web crawler sendiri,Speedy Spider(penjelajah web otomatis yang digunakan untuk membuat indeks pencarian)
2.    Memiliki satu algoritma merangkak terpandai
3.    Terhubung ke banyak web – web lain    
Kekurangan :
1.    Kadangkala tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
2.    Kenndala bahasa
Sejarah : Penemu dari Entire Web adalah Marcus Andersson
Description: F:\mamma.png
Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...