animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Rabu, 16 Agustus 2017

Hardware



Perangkat Keras (Hardware)


Keyboard
Keyboard merupakan komponen penting dalam perangkat komputer, yang berfungsi sebagai pengolahan kata, angka, simbol, serta perintah-perintah khusus bagi pengguna dalam suatu pengolah data komputer.

Mouse
Mouse adalah salah satu unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat di banding dengan keyboard.





Scanner
Scanner adalah alat untuk mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital, berupa data digital. Scanner mudah dijumpai di toko/cashier.

Monitor
Monitor komputer adalah salahsatu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Beberapa Jenis Monitor :
1.            CTR adalah jenis monitor berbentuk tabung, Karena menggunakan tabung display.
2.            Flat panel/LCD (liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran ringkas, dan konsumsi daya sangat rendah.
Perangkat Keras (Hardware)


Speaker
Speaker adalah output pengeluaran suara yang berfungsi mengeluarkan suara dari hasil pemrosesan berupa suara dari komputer.

Printer
Printer berfungsi sebagai media cetak berupa data, tulisan, gambar atau foto pada kertas. Ada beberapa jenis printer yaitu dot matrik, tinta, dan laser jet. Merk printer yang terkenal adalah Canon, HP, Epson, dll.
Motherboard
Motherboard adalah bagian komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS (Basic input output system) , pengatur koneksi input-output(chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).
BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input output pada komputer. Bagian yang termasuk input seperti : Keyboard dan mouse. Bagian yang termasuk output seperti Monitor dan printer. Beberapa merk motherboard yang terkenal adalah Asus, Gigabyte, Albatron, Abit, PCchips, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga motherboard bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasinya. Yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk.










RAM ( Random Access Memory )
RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.
Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip. Contoh beberapa merk RAM adalah V-gen , Kingston, Visipro, Ramos, dll.
Generasi RAM dari waktu ke waktu :
1.            Static RAM (SRAM)
2.            Non Nolatile RAM (NV-RAM)
3.            Dynamic RAM (DRAM)
4.            Syncronous DRAM (SDRAM)
5.            DDR RAM (Dual data rate RAM)
6.            DDR II RAM (DDR generasi kedua)
7.            DDR III RAM (DDR generasi ketiga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...