animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Selasa, 15 Agustus 2017

Resensi Novel Mimpi Sejuta Dollar



RESENSI NOVEL MIMPI SEJUTA DOLLAR

A.         Menentukan Tokoh dan Perwatakan
1.        Merry Riana orang yang pantang menyerah dan sangat pandai memanfaatkan waktu
2.        Alva suami Ria sekaligus orang yang selalu ada untuk membantu Ria dalam menjalani kehidupannya


B.         Menetukan Alur Novel
1.            Alur yang digunakan novel Surat Kecil Untuk Tuhan :
Alur      :  Alur novel ini adalah alur maju
Alasan : Alur novel ini adalah alur maju, dimana dalam novel ini dikisahkan perjuangan hidup Merry Riana saat ia baru lulus SMU sampai akhirnya ia sukses di Singapura.
2.            Alur yang digunakan berdasarkan peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam novel :
Peristiwa 1    : Perjuangan Merry Riana dimulai ketika dia memutuskan untuk kuliah di Nanyang Technology University, karena kondisi tanah air yang memprihatinkan. Tepatnya pada tahun 1998, terjadinya kerusuhan yang merenggut banyak nyawa bahkan  melumpuhkan sendi-sendi perekonomian. Atas kondisi demikian, tidak ada pilihan lagi orang tua Merry Riana untuk tetap membiarkannya kuliah di Indonesia.

Peristiwa 2   :  Akhir tahun 2000, Merry Riana berulang tahun ke-20. Dimana dia menggaungkan kata sukses dalam resolusinya. Memasuki tahun ketiga, tidak ada kegundahan dalam hari-hari Merry Riana karena pengaruh uang tabungan. Dia tidak perlu lagi mencemaskan hari esok.

Peristiwa 3  :   Disini awal kegagalan Merry Riana, dia ditipu terang-terangan oleh bisnis yang dia percaya akan memberi income besar-besaran padanya. Ternyata bisnis yang dimulai dengan cara instan benar-benar tidak ada. Satu hal yang dapat dipetik dari pengalaman ini. Dia harus berhati-hati dalam berinvestasi.



Peristiwa 4  : Bulan Agustus 2001, Merry Riana jalani dengan penuh rencana. Suatu hari, ketika dia dan Alva mendatangi pameran, sekilas dia membaca brosur tentang kedatangan Anthony Robbins ke Singapura. Seorang motivator dunia yang menjadi landasan orang-orang untuk sukses.

Peristiwa 5   : Dia lulus kuliah dengan baik, dengan predikat Second Upper Honours. Kebahagiaan berikutnya datang dari Alva. Mereka akhirnya bertunangan.

Peristiwa 6  : Merry Riana telah membuktikan teori The Darkest Hours yang mengatakan “ditahap akhir menjelang titik sukses, orang akan menghadapi tantangan yang luar biasa sulit”.


C.         Sudut Pandang
Sudut pandang                        : Pengarang menempatkan dirinya dalam cerita        -----------------sebagai orang pertama
Bagian yang membuktikan       : dimana ia menceritakan kisah hidupnya sendiri ----------------------------------------dalam tokoh “Aku” pada Novel tersebut.


D.         Setting (Latar) Novel
1.  Setting waktu             : Latar waktu kejadian dalam novel tersebut adalah ---------------------------------siang hari.
2.  Setting tempat            : Lattar atau tempat kejadian yang dikisahkan dalam  -------------------------------novel ini yaitu di Nanyang Technological University ------------------------------(NTU), Singapore. Bertepatan saat Merry Riana -----------------------------------lulus dari salahsatu SMU di Indonesia pada tahun ---------------------------------1998.
3.  Setting Suasana                   : Suasana Kejadian dalam novel tersebut adalah -------------------------------------hingar bingar, tegang, santai, menyenangkan.


E.          Tema dan Amanat Novel
Tema          : Tema yang diangkat dalam novel ini adalah “Perjuangan hidup”, -------------------dalam buku ini di ceritakan perjuangan menuju sukses seorang --------------------Merry Riana, yang kini menjadi motivator perempuan nomor ----------------------satu di Asia Tenggara, dari Jakarta hingga Singapura.


Amanat          : Amanat yang terkandung di dalam novel Mimpi Sejuta Dolar yakni, Disana penulis bercerita bagaimana semakin lama berjuang, semakin dekat ia dengan Tuhan. Bagaimana ia bisa percaya total kepada Tuhan bahwa kelak, akan tiba masanya dimana perjuangan berat ini berbuah manis. Sukses dan kegagalan itu satu paket. Kalau mau sukses, maka harus mau membayar dulu harganya lewat kegagalan kegagalan yang dialami dalam proses perjalanannya. Ini makin ditegaskan lewat kisah di  buku Mimpi Sejuta Dolar yang semakin lama rasanya makin dramatis, namun inilah kehidupan real yang nyata bila kita ingin mencapai keberhasilan yang benar-benar berhasil.


F.          Gaya Bahasa
Dalam novel ini penulis banyak menggunakan majas SINESTESIA, yaitu Ungkapan dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra lainnya.

1 komentar:

  1. Permisi kak, dalam novel merry riana ini latar waktunya ditulis seperti demikian "Cakrawala masih memperlihatkan semburat cerah
    Dengan warna biru yang bergradasi merah
    Walau senja sudah lama lewat" penjelasannya bagaimana ya kak?

    BalasHapus

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...