animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 19 Mei 2018

Makalah "Menyenangi Iptek Dalam Mengelola Lingkungan Hidup Sebagai Perwujudan Dari Imtaq 2"


KATA PENGANTAR
Dengan nama allah yang maha esa dan penyayang , segalah puji dan syukur bagi allah swt yang dengan ridho nya kita dapat menyelesaikanmakalah ini denganbaik dan lancar. Sholawat dan salam tetap kami hanturkan kepada junjungan kita nabi besarmuhamad saw dan untuk para keluarganya  sahabat dan pengikut nya yang setia  mengikutinya.Hubungan iptek dengan imtaq dalam pengelolan lingkungan hidup iptek merupakan segalah sesuatu yang diketahui mengenai pengetahuan suatu bidang yang disusun sistematis yang dapat di gunakan untuk menerangkan gejalah-gejalah tertentu di berbagai bidang dengan menggunakan teknologi yang ada. Sedangkan imtaq merupakan kemampuan manusia yang bersipat spiritual ,yang ada merupakan hubungan ciptaan tuhan dengan penciptaannya. Lingkungan hidup menyediakan kebutuhan hidup manusia. Begitupun sebaliknya ,kehidupan manusia sangat bergantung pada tersedianya sda yang memadai dalam lingkungan hidup. Persoalan lingkungan hidup mulai menjadi topic dunia ketika manusia mulai tersentak bahwa bumi sudah tidak rama lagi dan merasakan danpaknya  yang semakin meluas akibat berbagai aktivitas manusia itu sendiri .
Dengan kondisi seperti ini , lingkungan hidup perlu di atur dan di kelola dengan baik sehinggah dapat memberikan manfaat yang optimal , mencukupi kebutuhan kehidupan generasi saat ini tanpa harus mengurangi kemampuan untuk memenuhi kehidupannya.Seseorang menggunakan teknologi , karena manusia berakal . Denganakalnya ingin keluar dari masalah ,ingin hidup lebih baik dan lebih-lebih yang lain .Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya menyelesaikan masalah yang di hadapinya ,dalam imtaq khusus nya dalam al-quran di pelajaridengan apa yang namanya iptek. Dalam makalah ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang selama ini kita cari . Kami berharap bisa di manfaatkan semaksimal dan sebaik mungkin . Tidak gading yang tak retak , demikian pula makalah ini , oleh karena itu sarandan kritik membangun tetap kami nantikan dan kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG....................................................................................1
1.2.RUMUSAN MASALAH................................................................................2
1.3.TUJUAN.........................................................................................................2

BAB II ISI
2.1. PENGERTIAN..............................................................................................3
2.2. HUBUNGAN IMTAQ DENGAN IPTEK ...................................................4
2.3. KETIDAKSELARASAN ANTARA IPTEK DAN IMTAQ........................4
2.4. MENYEIMBANGKAN IMTAQ DAN IPTEK PESERTADIDIK...............5

BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN..............................................................................................6
3.2.SARAN ..........................................................................................................6
3.3. PENUTUP.....................................................................................................6

DAFTAR PUSTAKA










BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR  BELAKANG
Di zaman yang serba canggih saat ini, manusia tidak dapat di pisahkan dengan teknologi. Teknologi saat ini sudah berkembang pesat, kemajuan teknologi sudah bisa di rasakan oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari tua-muda serta masyarakat perkotaan hingga pedesaan. Dampak teknologi ini pula sangat terasa, dari dampak positif hinggah negatifnya. Seperti yang kita ketahui dampak positif dari kemajuanteknologi ini memudahkan kehidupan para penggunaannya, praktis dan efisiensi. Namun,di balik itu semua bisa kita tidak bisa menghindari dampak negatifnya pula. Saat ini teknologi banyak di gunakan oleh anak-anak remaja hingga dewasa. Yang perlu kita perhatikan saat ini adalah bagaimana anak-anak remaja dapat menggunakan teknologi dengan baik. Setiap anak tidaklah canggung lagi menggunakan teknologi,IPTEK menjadi salah satu pemicu untuk terus menggunakan teknologi. Perkembangan iptek yang sangat pesat di kalangan anak-anak dan remaja perlu kita perhatikan untuk meminimalisir dampak negatif bagi pengguna .
Anak-anak dan remaja belum pandai untukmenggunakn iptek dengan benar, karena mereka cenderung ababil atau masih rentan sekali dengan hal-hal yang baru. Oleh sebab itu, anak-anak selain harus memiliki iptek yang baik, anak-anak dan remaja harus memiliki imtaq (Iman dan Taqwa) sehinggah mereka dapat menggunakan teknologi untuk hal yangbaik dan benar. Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik harus membantu para peserta didik untuk menyeimbangkan antara iptek dan imtaq, sehinggah mereka dapat menjadi manusia yang bergunabagi masyarakat.






1.2. RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan Imtaq dan Iptek ?
2. Apa hubungan antara Imtaq dan Iptek ?
3.Apa yang terjadi apabila Imtaq dan Iptek tidak selaras ?
4. Bagaimana cara menyeimbangkan Imtaqdengan Iptek ?

1.3. TUJUAN
1. Dapat memahami pengertian imtaq dan iptek
2. Memahami hubungan antara Imtaq dan Iptek
3. Mengetahui hal-hal yang terjadi bila Imtaq dengan Iptek tidak selaras
4. Dapat menyeimbangkan antara Imtaq dan Iptek













BAB II                                                                                                                                                                               ISI
2.1. PENGERTIAN
Prinsif dasar yang ada dalam imtaq yaitu unsur-unsur dasar yang dapat di gunakan sebagai pedoman penyusunan target sasaran hasil bentukan perilaku yang di miliki oleh dunia pendidikan. Unsur-unsur dasar tersebut  menurut Durkheim terdiri dari : disiplin, kebutuhan untuk mampu mengontrol,mengendalikan, mengengkang diri terhadap keinginan/ keinginan yang melampaui batas, keterikatan dengan kelompok masyarakat yang ada dalam suatu kumunitas kehidupan, dan otonomi dalam makna menyangkut keputusan pribadi dengan mengetahui dan memahami sepenuhnya konsekuensi dari tindakan atau perilaku yang di perbuat. Imtaq merupakan wahana yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target  yang di tuju , yakni menciptakan genersi beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada allah swt. Imtaq (SQ) akan menjadi penengguh karakter penerus bangsa guna menjaga nillai moral bangsa di tengah era globalisasi. Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suara pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu jugamerupakan suatu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya .
Misalnya, pengetahuan tentang sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu,dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusia itu mahluk sosial,maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial. Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau di sadari seseorang yang di dapat dari pengalamannya pengetahuan tidak bisa di katakan sebagai ilmu karena kebenarannya belum teruji .Pengetahuan muncul di karenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah di lihatnya. Teknologi merupakan suatu penemuan melalalui prosesmetode ilmiah untuk mencapai tujuan yang maksimal.Teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan. Menurut pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa IPTEK ialah sebuah sumber informasi yang dapat menyingkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang di bidang teknologi. Dengan kata lain,IPTEK merupakan segala seseutu yang berhubungan dengan teknologi , baik itu penemuanterbaru tentang teknologi ataupun perkembangan di bidang tenologi.
2.2. HUBUNGAN IMTAQ DENGAN IPTEK
Imtaq dan Iptek merupakan suatu kesatuan yang relevan. Imtaq tanpa iptek akan kosong ,begitu pun iptek tanpa imtaq juga akan buta .Jika seseorang megusai maka ia akan dengan mudahnya melakukan sesuatu . Imtaq disini berperan untuk membentengi seseorang dari dampak negatif yang di timbulkan oleh adanya kemajuan iptek. Seperti yang kita ketahui bahwa Imtaq adalah singkatan dari  Iman dan taqwa yang mengandung pengertian sebagai bentuk integritas seseorang tehadap tuhannya  . Sedangkan iptek merupakan hasil dari usaha pemikiran manusia dalam memahami dan mengelolah ilmu yang dimilikinya. Imtaq merupakan wahana yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang di tuju , yakni meciptakan generasi dan berilmu yang mampu bersaing dan beiman kepada tuhan. Imtaq atau SQ akan menjadi peneguh karakter penerus bangsa di tengah era globalisasi . Prinsif dasar  yang ada dalam imtaq yaitu unsur-unsur dasar yang dapat di gunakan penyusun target dengan kelompok masyarakat yang ada dalam komunutas kehidupan , dan otonomi dalam makna menyangkutkan keperibadian dengan mengetahui konsenkuensi yang ada.

2.3. KETIDAK SELARASAN ANTARA IMTAQ DENGAN IPTEK
Dewasa ini, seakan akan telinga kita panas mendengarkan kasus remaja yang tiada henti-hentinya menyelimuti kehidupan bersosial. Kasus-kasus yang sering terjadi tidak lain tentang perkelahian, narkotika dan penyelewangan seksual apa penyebab dari semua itu.Apa penyebab dari semua dan Apakah solusinya ? Semua itu terjadi di karena tidak terjadi keseimbangan antara kemajuan imtaq dan iptek . mengapa terjadi ketika seimbangan antar keduanya? Minimnya pendidikan yang mengacu ke dalam materi imtaq adalah salah satu penyebab nya. Pendidiok agama misalnya, kurangnya jam tayang mata pelajaran agama memang sudah terjadi di sebagian besar sistem pendidikan kita. Teknologi yang sering menjadi pemicu kasus  para remaja adalah hp .Siswa yang di manjakan dengan kehadiran teknologi ini sangat rawan terjadi penyelewengan, semakin tinggi teknologi di dalam hp,semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya penyelewengan. Misal, seorang  anak dengan mudahnya mengkoleksi gambar/ video porno. Yang lebih mengejutkan tidak sedikit darimereka yang menjadi pemeran dalam tontonan tersebut .
Apakah yang akan terjadi jika peristiwa diatas terusberlanjut ? keroposan iman dan taqwa seakan-akan tidak lagi di perhatikan kebanyakan sekolah kita, dan kita tidak perlu menyalahkan orang lain atas kejadian ini . Yang jelas ,kita perlu menyadari akan krisisnya iman dan taqwa serta ahlak  yang adaa di dalam jiwaremaja saat ini. Saat ini banyak sekali anak-anak remaja yang menggunakan kemajuan IPTEK tanpa memiliki IMTAQ . Apabila hal ini terjadi yaitu antara imtaq dan iptek tidak seimbang.Bila imtaq dan iptek maka tujuandari imtaq itu tidak akan terwujud . Sehinggah para pengguna iptek akan menggunakan iptek sesuka hati tanpa memikirkan dampak negatifnya atau tidak memperdulikan kerugian dan kepentingan orang banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu keterbatasan ipa adalah IPA tidak menjangkau masalah etika  (tata krama ) yang mempermasalahkan tingkah laku yang baik atau buruk , tidak menjangkau masalah estetika yang berhubungan dengan keindahan , dan tentangsistem nilai. Hal itu karena tolok ukur IPA adalah objektipitas bukan subjektipitas . Karena keterbatasan ipa inilah makanya kita harus memiliki imtaq agar dapat membatasi penggunaan iptek yang bertentangan dengan agama dan masyarakat banyak.

2.4.MENYEIMBANGKAN IMTAQ DAN IPTEK PESERTA DIDIK
       Seperti kita ketahui bahwa tugas seorang gurubukan hanya sebagai pengajar, tapi juga sebagai pendidik. Karena itu alangkah baiknya jika setiap guru mengajar, apapun mata pelajaran hendaknya bisa menyisipkan nilai –nilai agama dan moral sesuai dengan ajarannya masing-masing. Tapi kebanyakan guru mungkin masih beranggapan bahwa hal-hal demikian adalah tanggung jawab guru agama dan guru pkn saja. Padahal jika hal ini dilakukan oleh setip guru maka pelajar indonesia tidak hanya pandaidalam iptek tapi juga memiliki sikap ahlak , serta imtaq yang baik. Untuk mengurangi msalah ketidakseimbangan antara imtaq dan iptek , kita perlu menyuntinkan iman dan taqwa di sela-selapendidikan sekolah .Pendidikan agama adalah yang paling tepat untuk menanamkan akhalak kepada siswa supaya mudah meningkatkan Imtaq . Akan tetapi menyerahkan epenuhnya masalah imtaq kepada pendidikan agama bukanlah pilihan yang tepat . Untuk itu , sangat penting peran pendidikan yang lain untuk mendukung pendidikan agama. Menanamkan nilai iman dan taqwa dalam mata pelajaran umum , sangat mungkin untuk di lakukan.

BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
1. Imtaq merupakan wahan yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang di tuju ,yakni menciptakan generasi beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada allah swt. Imtaq atAU SQ akan menjadi penengguh karakter penerus bangsa guna menjaga nilai moral di tengah era globalisasi . iptek merupakan segalah sesuatu yang berhubungan dengan teknologi ,baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi.
2. IMTAQ dan IPTEK merupakansuatu kesatuan yang relevan .Imtaq tanpa iptek akan kosong , begitupun iptektanpa imtaq akan buta. Jika seseorang menguasai Iptek maka akan dengan mudah nya melakukan sesuatu . Imtaq di sini berperan untuk membentangi sesorang dari dampak negative yang di timbulkan oleh adanya kemajuan iptek.
3.Hal-hal yang akan terjadi bila imtaq dan iptek tidak selaras maka pemikiran anak bangsa tak akan maju dan berkembang.

3.2. SARAN
Kepada pihak masyarakat di mohon agar  timbul rasa sadar akan kepedulian terhadap lingkungan yang lebih dan adanya rasa cinta alam yang timbul dari rasa setiap individu,

3.3. PENUTUP
Demikianlah makalah yang  saya  buat , mohon maaf apabila dalam makalah ini tidak sesuai yang di harapkan pembaca. Karena sayadalam tahap belajar . Mohon kritik dan saran yang membangun untuk bisa memperbaiki makalah yang saya buat  yang mungkin jauh dari kata sempurna . Dan untuk mencapai keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup ,hal ini tentu sangat bergantung pada manusia itu sendiri. Pendidikan cinta terhadap lingkungan telah di ajarkan oleh agama .
Agama mengajarkan betapa pentingnya bercocok tanam dan menanam pepohonan serta pentingnya usaha mengubah tanah dari tanah tandus menjadi tanah subur yang dapat di tanami tanaman. Untuk mengubah itu semua di perlukan iptek . Jadi , dengan menyenangi iptek dalam pengelolaan lingkungan akan dapat mendapat pahala dari tuhan YME. Kita harus menyenangi iptek dalam pengelolaan lingkungan hidup. Banyak halyang menarik dan membuat kita tercengang betapa agungnya kekuasaan Tuhan dalam menciptakan alam ini. Bayangkan tanaman yang biasa di temukan hanya tumbuh di media tanah tetapi dengan adanya penelitiandalam bidang ilmu pengetahuan ternyata tanaman dapat pula tumbuh dengan media air melalui teknologi yang di nama kan hidroponik. Begitu juga dalam bidang kultur jaringan , tanaman dapat tumbuh bukan hanya dari biji dan batang nya saja, tetapi dari bagian lainnya. Lalu , apabila kita mengadakan penelitian juga tentu kita akan menemukan sesuatu yang menangkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.















DAFTAR PUSTAKA
__________________MENYENANGI  IPTEK DAN IMTAQ DALAM PENGOLAHAN LINGKUNGAN HIDUP________________________:__




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...