KATA PENGANTAR
Dengan
nama allah yang maha esa dan penyayang , segalah puji dan syukur bagi allah swt
yang dengan ridho nya kita dapat menyelesaikanmakalah ini denganbaik dan
lancar. Sholawat dan salam tetap kami hanturkan kepada junjungan kita nabi
besarmuhamad saw dan untuk para keluarganya
sahabat dan pengikut nya yang setia
mengikutinya.Hubungan iptek dengan imtaq dalam pengelolan lingkungan
hidup iptek merupakan segalah sesuatu yang diketahui mengenai pengetahuan suatu
bidang yang disusun sistematis yang dapat di gunakan untuk menerangkan
gejalah-gejalah tertentu di berbagai bidang dengan menggunakan teknologi yang ada.
Sedangkan imtaq merupakan kemampuan manusia yang bersipat spiritual ,yang ada
merupakan hubungan ciptaan tuhan dengan penciptaannya. Lingkungan hidup
menyediakan kebutuhan hidup manusia. Begitupun sebaliknya ,kehidupan manusia
sangat bergantung pada tersedianya sda yang memadai dalam lingkungan hidup.
Persoalan lingkungan hidup mulai menjadi topic dunia ketika manusia mulai
tersentak bahwa bumi sudah tidak rama lagi dan merasakan danpaknya yang semakin meluas akibat berbagai aktivitas
manusia itu sendiri .
Dengan
kondisi seperti ini , lingkungan hidup perlu di atur dan di kelola dengan baik
sehinggah dapat memberikan manfaat yang optimal , mencukupi kebutuhan kehidupan
generasi saat ini tanpa harus mengurangi kemampuan untuk memenuhi
kehidupannya.Seseorang menggunakan teknologi , karena manusia berakal .
Denganakalnya ingin keluar dari masalah ,ingin hidup lebih baik dan lebih-lebih
yang lain .Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan
akalnya menyelesaikan masalah yang di hadapinya ,dalam imtaq khusus nya dalam
al-quran di pelajaridengan apa yang namanya iptek. Dalam makalah ini diharapkan
bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang selama ini kita cari . Kami berharap
bisa di manfaatkan semaksimal dan sebaik mungkin . Tidak gading yang tak retak
, demikian pula makalah ini , oleh karena itu sarandan kritik membangun tetap
kami nantikan dan kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1.LATAR
BELAKANG....................................................................................1
1.2.RUMUSAN
MASALAH................................................................................2
1.3.TUJUAN.........................................................................................................2
BAB
II ISI
2.1.
PENGERTIAN..............................................................................................3
2.2.
HUBUNGAN IMTAQ DENGAN IPTEK ...................................................4
2.3.
KETIDAKSELARASAN ANTARA IPTEK DAN IMTAQ........................4
2.4.
MENYEIMBANGKAN IMTAQ DAN IPTEK PESERTADIDIK...............5
BAB
III PENUTUP
3.1.
KESIMPULAN..............................................................................................6
3.2.SARAN
..........................................................................................................6
3.3.
PENUTUP.....................................................................................................6
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Di
zaman yang serba canggih saat ini, manusia tidak dapat di pisahkan dengan
teknologi. Teknologi saat ini sudah berkembang pesat, kemajuan teknologi sudah
bisa di rasakan oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari tua-muda serta
masyarakat perkotaan hingga pedesaan. Dampak teknologi ini pula sangat terasa,
dari dampak positif hinggah negatifnya. Seperti yang kita ketahui dampak
positif dari kemajuanteknologi ini memudahkan kehidupan para penggunaannya,
praktis dan efisiensi. Namun,di balik itu semua bisa kita tidak bisa
menghindari dampak negatifnya pula. Saat ini teknologi banyak di gunakan oleh
anak-anak remaja hingga dewasa. Yang perlu kita perhatikan saat ini adalah
bagaimana anak-anak remaja dapat menggunakan teknologi dengan baik. Setiap anak
tidaklah canggung lagi menggunakan teknologi,IPTEK menjadi salah satu pemicu
untuk terus menggunakan teknologi. Perkembangan iptek yang sangat pesat di
kalangan anak-anak dan remaja perlu kita perhatikan untuk meminimalisir dampak
negatif bagi pengguna .
Anak-anak
dan remaja belum pandai untukmenggunakn iptek dengan benar, karena mereka
cenderung ababil atau masih rentan sekali dengan hal-hal yang baru. Oleh sebab
itu, anak-anak selain harus memiliki iptek yang baik, anak-anak dan remaja
harus memiliki imtaq (Iman dan Taqwa) sehinggah mereka dapat menggunakan
teknologi untuk hal yangbaik dan benar. Oleh karena itu, sebagai tenaga
pendidik harus membantu para peserta didik untuk menyeimbangkan antara iptek
dan imtaq, sehinggah mereka dapat menjadi manusia yang bergunabagi masyarakat.
1.2. RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang
dimaksud dengan Imtaq dan Iptek ?
2. Apa hubungan
antara Imtaq dan Iptek ?
3.Apa yang
terjadi apabila Imtaq dan Iptek tidak selaras ?
4. Bagaimana
cara menyeimbangkan Imtaqdengan Iptek ?
1.3. TUJUAN
1. Dapat
memahami pengertian imtaq dan iptek
2. Memahami
hubungan antara Imtaq dan Iptek
3. Mengetahui
hal-hal yang terjadi bila Imtaq dengan Iptek tidak selaras
4. Dapat
menyeimbangkan antara Imtaq dan Iptek
BAB II
ISI
2.1. PENGERTIAN
Prinsif
dasar yang ada dalam imtaq yaitu unsur-unsur dasar yang dapat di gunakan
sebagai pedoman penyusunan target sasaran hasil bentukan perilaku yang di
miliki oleh dunia pendidikan. Unsur-unsur dasar tersebut menurut Durkheim terdiri dari : disiplin,
kebutuhan untuk mampu mengontrol,mengendalikan, mengengkang diri terhadap
keinginan/ keinginan yang melampaui batas, keterikatan dengan kelompok
masyarakat yang ada dalam suatu kumunitas kehidupan, dan otonomi dalam makna
menyangkut keputusan pribadi dengan mengetahui dan memahami sepenuhnya
konsekuensi dari tindakan atau perilaku yang di perbuat. Imtaq merupakan wahana
yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang di tuju , yakni menciptakan genersi
beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada allah swt. Imtaq
(SQ) akan menjadi penengguh karakter penerus bangsa guna menjaga nillai moral
bangsa di tengah era globalisasi. Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suara pengetahuan,
yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu
jugamerupakan suatu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya .
Misalnya,
pengetahuan tentang sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk sosial, kemudian
pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode
tertentu,dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusia itu
mahluk sosial,maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu
ilmu sosial. Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau di sadari seseorang
yang di dapat dari pengalamannya pengetahuan tidak bisa di katakan sebagai ilmu
karena kebenarannya belum teruji .Pengetahuan muncul di karenakan seseorang
menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah di lihatnya. Teknologi merupakan
suatu penemuan melalalui prosesmetode ilmiah untuk mencapai tujuan yang
maksimal.Teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk
menyediakan kebutuhan. Menurut pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa
IPTEK ialah sebuah sumber informasi yang dapat menyingkatkan pengetahuan dan
wawasan seseorang di bidang teknologi. Dengan kata lain,IPTEK merupakan segala
seseutu yang berhubungan dengan teknologi , baik itu penemuanterbaru tentang
teknologi ataupun perkembangan di bidang tenologi.
2.2. HUBUNGAN IMTAQ DENGAN IPTEK
Imtaq
dan Iptek merupakan suatu kesatuan yang relevan. Imtaq tanpa iptek akan kosong
,begitu pun iptek tanpa imtaq juga akan buta .Jika seseorang megusai maka ia
akan dengan mudahnya melakukan sesuatu . Imtaq disini berperan untuk
membentengi seseorang dari dampak negatif yang di timbulkan oleh adanya
kemajuan iptek. Seperti yang kita ketahui bahwa Imtaq adalah singkatan
dari Iman dan taqwa yang mengandung
pengertian sebagai bentuk integritas seseorang tehadap tuhannya . Sedangkan iptek merupakan hasil dari usaha
pemikiran manusia dalam memahami dan mengelolah ilmu yang dimilikinya. Imtaq
merupakan wahana yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang di
tuju , yakni meciptakan generasi dan berilmu yang mampu bersaing dan beiman
kepada tuhan. Imtaq atau SQ akan menjadi peneguh karakter penerus bangsa di
tengah era globalisasi . Prinsif dasar
yang ada dalam imtaq yaitu unsur-unsur dasar yang dapat di gunakan
penyusun target dengan kelompok masyarakat yang ada dalam komunutas kehidupan ,
dan otonomi dalam makna menyangkutkan keperibadian dengan mengetahui
konsenkuensi yang ada.
2.3. KETIDAK SELARASAN ANTARA IMTAQ DENGAN IPTEK
Dewasa
ini, seakan akan telinga kita panas mendengarkan kasus remaja yang tiada
henti-hentinya menyelimuti kehidupan bersosial. Kasus-kasus yang sering terjadi
tidak lain tentang perkelahian, narkotika dan penyelewangan seksual apa
penyebab dari semua itu.Apa penyebab dari semua dan Apakah solusinya ? Semua
itu terjadi di karena tidak terjadi keseimbangan antara kemajuan imtaq dan
iptek . mengapa terjadi ketika seimbangan antar keduanya? Minimnya pendidikan
yang mengacu ke dalam materi imtaq adalah salah satu penyebab nya. Pendidiok
agama misalnya, kurangnya jam tayang mata pelajaran agama memang sudah terjadi
di sebagian besar sistem pendidikan kita. Teknologi yang sering menjadi pemicu
kasus para remaja adalah hp .Siswa yang
di manjakan dengan kehadiran teknologi ini sangat rawan terjadi penyelewengan, semakin
tinggi teknologi di dalam hp,semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya
penyelewengan. Misal, seorang anak
dengan mudahnya mengkoleksi gambar/ video porno. Yang lebih mengejutkan tidak
sedikit darimereka yang menjadi pemeran dalam tontonan tersebut .
Apakah
yang akan terjadi jika peristiwa diatas terusberlanjut ? keroposan iman dan
taqwa seakan-akan tidak lagi di perhatikan kebanyakan sekolah kita, dan kita tidak
perlu menyalahkan orang lain atas kejadian ini . Yang jelas ,kita perlu
menyadari akan krisisnya iman dan taqwa serta ahlak yang adaa di dalam jiwaremaja saat ini. Saat
ini banyak sekali anak-anak remaja yang menggunakan kemajuan IPTEK tanpa
memiliki IMTAQ . Apabila hal ini terjadi yaitu antara imtaq dan iptek tidak
seimbang.Bila imtaq dan iptek maka tujuandari imtaq itu tidak akan terwujud .
Sehinggah para pengguna iptek akan menggunakan iptek sesuka hati tanpa
memikirkan dampak negatifnya atau tidak memperdulikan kerugian dan kepentingan
orang banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu keterbatasan ipa
adalah IPA tidak menjangkau masalah etika
(tata krama ) yang mempermasalahkan tingkah laku yang baik atau buruk ,
tidak menjangkau masalah estetika yang berhubungan dengan keindahan , dan
tentangsistem nilai. Hal itu karena tolok ukur IPA adalah objektipitas bukan
subjektipitas . Karena keterbatasan ipa inilah makanya kita harus memiliki
imtaq agar dapat membatasi penggunaan iptek yang bertentangan dengan agama dan
masyarakat banyak.
2.4.MENYEIMBANGKAN IMTAQ DAN IPTEK PESERTA DIDIK
Seperti kita ketahui bahwa tugas seorang
gurubukan hanya sebagai pengajar, tapi juga sebagai pendidik. Karena itu
alangkah baiknya jika setiap guru mengajar, apapun mata pelajaran hendaknya
bisa menyisipkan nilai –nilai agama dan moral sesuai dengan ajarannya
masing-masing. Tapi kebanyakan guru mungkin masih beranggapan bahwa hal-hal
demikian adalah tanggung jawab guru agama dan guru pkn saja. Padahal jika hal
ini dilakukan oleh setip guru maka pelajar indonesia tidak hanya pandaidalam
iptek tapi juga memiliki sikap ahlak , serta imtaq yang baik. Untuk mengurangi
msalah ketidakseimbangan antara imtaq dan iptek , kita perlu menyuntinkan iman
dan taqwa di sela-selapendidikan sekolah .Pendidikan agama adalah yang paling
tepat untuk menanamkan akhalak kepada siswa supaya mudah meningkatkan Imtaq .
Akan tetapi menyerahkan epenuhnya masalah imtaq kepada pendidikan agama
bukanlah pilihan yang tepat . Untuk itu , sangat penting peran pendidikan yang
lain untuk mendukung pendidikan agama. Menanamkan nilai iman dan taqwa dalam
mata pelajaran umum , sangat mungkin untuk di lakukan.
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
1. Imtaq merupakan
wahan yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang di tuju ,yakni
menciptakan generasi beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada
allah swt. Imtaq atAU SQ akan menjadi penengguh karakter penerus bangsa guna
menjaga nilai moral di tengah era globalisasi . iptek merupakan segalah sesuatu
yang berhubungan dengan teknologi ,baik itu penemuan terbaru tentang teknologi
ataupun perkembangan dibidang teknologi.
2. IMTAQ dan
IPTEK merupakansuatu kesatuan yang relevan .Imtaq tanpa iptek akan kosong ,
begitupun iptektanpa imtaq akan buta. Jika seseorang menguasai Iptek maka akan
dengan mudah nya melakukan sesuatu . Imtaq di sini berperan untuk membentangi
sesorang dari dampak negative yang di timbulkan oleh adanya kemajuan iptek.
3.Hal-hal yang
akan terjadi bila imtaq dan iptek tidak selaras maka pemikiran anak bangsa tak
akan maju dan berkembang.
3.2. SARAN
Kepada pihak
masyarakat di mohon agar timbul rasa
sadar akan kepedulian terhadap lingkungan yang lebih dan adanya rasa cinta alam
yang timbul dari rasa setiap individu,
3.3. PENUTUP
Demikianlah
makalah yang saya buat , mohon maaf apabila dalam makalah ini
tidak sesuai yang di harapkan pembaca. Karena sayadalam tahap belajar . Mohon
kritik dan saran yang membangun untuk bisa memperbaiki makalah yang saya
buat yang mungkin jauh dari kata
sempurna . Dan untuk mencapai keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup
,hal ini tentu sangat bergantung pada manusia itu sendiri. Pendidikan cinta
terhadap lingkungan telah di ajarkan oleh agama .
Agama
mengajarkan betapa pentingnya bercocok tanam dan menanam pepohonan serta
pentingnya usaha mengubah tanah dari tanah tandus menjadi tanah subur yang
dapat di tanami tanaman. Untuk mengubah itu semua di perlukan iptek . Jadi ,
dengan menyenangi iptek dalam pengelolaan lingkungan akan dapat mendapat pahala
dari tuhan YME. Kita harus menyenangi iptek dalam pengelolaan lingkungan hidup.
Banyak halyang menarik dan membuat kita tercengang betapa agungnya kekuasaan
Tuhan dalam menciptakan alam ini. Bayangkan tanaman yang biasa di temukan hanya
tumbuh di media tanah tetapi dengan adanya penelitiandalam bidang ilmu
pengetahuan ternyata tanaman dapat pula tumbuh dengan media air melalui
teknologi yang di nama kan hidroponik. Begitu juga dalam bidang kultur jaringan
, tanaman dapat tumbuh bukan hanya dari biji dan batang nya saja, tetapi dari
bagian lainnya. Lalu , apabila kita mengadakan penelitian juga tentu kita akan
menemukan sesuatu yang menangkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
DAFTAR PUSTAKA
__________________MENYENANGI IPTEK DAN IMTAQ DALAM PENGOLAHAN LINGKUNGAN
HIDUP________________________:__
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya