animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Rabu, 14 Agustus 2019

Kliping Penyakit Pada Sistem Alat Gerak


KLIPING
PENYAKIT PADA SISTEM ALAT GERAK






DISUSUN OLEH
DELI YANA ANISA

KELAS
VIII A






MTS NEGERI 02 BENGKULU TENGAH
Retak atau Patah Tulang (Fraktura)
Description: https://www.pelajaran.co.id/wp-content/uploads/2017/04/Fraktura.jpg
Retak atau patah tulang dibedakan menjadi 4 yaitu:
  • Fraktura sederhana, jika tulang yang retak tidak sampai melukai otot.
  • Greenstick, jika tulang hanya retak dan sebagian tidak sampai memisah.
  • Fraktura tertutup, jika tulang patah menyebabkan otot terluka namun tidak keluar dari kulit.
  • Fraktura terbuka, jika tulang patah hingga keluar dari kulit.

Rakhitis

Description: https://www.pelajaran.co.id/wp-content/uploads/2017/04/Rakhitis.jpg
Rakhitis adalah penyakit tulang rapuh yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Penderita penyakit ini memiliki tulang kaki berbentuk X atau O.

Osteoporosis

Description: https://www.pelajaran.co.id/wp-content/uploads/2017/04/Osteoporosis.jpg
Osteoporosis adalah penyakit pada tulang dimana kondisi tulang menjadi lunak karena disebabkan kekurangan hormon-hormon tertentu yang membantu pelekatan kalsium atau bisa juga karena kekukurangan kalsium.

Kelainan Tulang Belakang

Kebiasaan duduk dengan posisi yang salah dapat mengakibatkan kelainan pada tulang belakang. Ada 3 macam kelainan pada tulang belakang yaitu:
Description: https://www.pelajaran.co.id/wp-content/uploads/2017/04/Kelainan-Tulang-Belakang.jpg
Lordosis, kelainan pada tulang belakang atau tulang punggung yang menyebabkan penderita memiliki punggung yang terlalu melengkung masuk pada bagian pinggang.
Kifosis, kelainan pada tulang belakang atau tulang punggung yang menyebabkan tulang punggung penderita melengkung ke bagian depan melebihi batas normal atau disebut juga bungkuk.
Skoliosis, kelainan pada tulang punggung atau tulang belakang melengkung seperti huruf S.

 Mikrosefalus

Mikrosefalus adalah pertumbuhan tulang tengkorak yang terhambat sebab abnormalitas tirosin sehingga ukuran kepala menjadi kecil. Mikrosefalus merupakan salah satu penyakit tulang tengkorak yang cukup langka. Ukuran tulang tengkorak bisa saja berhenti berkembang pada usia trtentu. Untuk penyebabnya belum sepenuhnya diketahui. Tetapi para ahli dari kalangan dokter serta spesialis tulang, berpendapat kemungkinan besar kelainan ini disebabkan oleh faktor keturunan.
Description: Hasil gambar untuk mikrosefalus

Hidrosefalus

Hidrosefalus merupaka salah satu kelainan yang ditandai dengan pengumpulan abnormal cairan spinal dan juga terjadi pelebaran rongga otak sehingga kepala membesar. Beberapa penyebab terjadinya hidrosefalus di antaranya ialah buruknya mekanisme penyerapan cairan akibat radang atau cedera pada otak.
Description: Hasil gambar untuk hidrosefalus

 

Akromegali

Merupakan salah satu penyakit pada tulang pipa yang menebal sebab kelebihan somatotropin yang bersifat lokal. Penyebab yang paling sering dari penyakit akromegali ini ialah tumor jinak di kelenjar hipofisis, yang berada di bawah otak. Apabila tidak segera di tangani dengan serius, penyakit ini akan menjadi lebih parah serta berpengaruh pada organ-organ lainnya. Seperti tulang tengkorak yang melindungi otak.
Description: Hasil gambar untuk akromegali

Fraktura

Fraktura merupakan tulang retak yang tidak sampai menyebabkan organ lain terluka atau bisa menyebabkan otot serta kulit terluka. Fraktura adalah suatu keadaan terputusnya tulang yang utuh beserta jaringan yang terdapat disekitarnya akibat tekanan yang teralu berlebihan pada tulang. Sehingga struktur tulang mengalami perubahan dan juga krusakan yang bisa menimbulkan rasa sakit. Hal ini bisa menyebabkan tulang kehilangan fungsinya.
Description: Hasil gambar untuk FRAKTURA

Greenstick

Grenstick merupakan tulang yang mengalami retak sebagian dan tidak sampai memisah. Hal ini bisa terjadi sebab faktor penyakit. Contohnya seperti penyakit diabetes. Biasanya bagian tulang yang terkena dampak penyakit ini akan mengalami pembengkokan.
Description: Hasil gambar untuk greenstick

Dislokasi

Dislokasi merupakan pergeseran kedudukan sendi sebab perubahan ligamen. Dislokasi adalah cedera pada kaki. Cedera dislokasi ini terjadi pada saat tulang bergeser dan keluar dari posisi normalnya pada sendi. Sebagian besar kasus dislokasi terjadi sebab benturan yang dialami oleh sendi. Contohnya seperti saat bermain basket atau jatuh dari sepeda. Diskolasi pada umumnya terjadi pada jari dan bahu.
Description: Hasil gambar untuk dislokasi

Artritis

Artritis adalah salah satu peradangan pada persendian yang meliputi dengan rasa sakit untuk digerakkan. Arthritis terbagi menjadi tiga macam, yaitu :
(a) Reumatoid, yang merupakan salah satu penyakit kronis pada jaringan penghubung sendi.
(b) Gout arthritis, yakni gangguan persendian sebab metabolisme asam urat yang gagal.
(c) Osteoartritis, yaitu penyakit sendi sebab menipisnya tulang rawan.
Description: Hasil gambar untuk artritis

 

Kejang Otot

Kejang otot atau lebih sering disebut keram bisa terjadi jika otot terus-menerus melakukan aktivitas sampai akhirnya tidak bisa lagi berkontraksi sebab kehabisan energi. Kram otot atau kejang otot, baik yang terjadi pada bagian kaki maupun bagian lainnya.
Description: Hasil gambar untuk kejang otot

Atrofi (Otot Mengecil)

Atrofi merupakan diamana keadaan otot mengecil sehingga menghilangkan kemampuan otot untuk berkontraksi. Hal ini mengakibatkan otot mengalami kelumpuhan. Atrofi bisa terjadi karena disebabkan oleh mutasi gen (yang bisa merusak gen untuk membangun organ).
Description: Hasil gambar untuk atrofi

 

Stiff atau kaku leher

Stif atau kaku leher merupaka keadaan dimana otot leher yang mengalami peradangan akibat gerakan atau hentakan yang salah sehingga leher terasa sangat kaku. Sakit leher atau kaku leher bisa terjadi sebab banyak hal.
Description: Hasil gambar untuk stiff


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...