animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Rabu, 14 Agustus 2019

Memainkan Alat Musik Barat


SENI BUDAYA
MEMAINKAN ALAT MUSIK BARAT






DISUSUN OLEH
DIKA PRAYUDA
RENO GUSTIAN

KELAS
XI IPS 3



SMA NEGERI 2 BENGKULU TENGAH
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT dengan berkat, rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini yang membahas tentang“Memainkan Alat Musik Barat”.
Sholawat serta salam semoga senantiasa dihaturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, para sahabat dan para pengikutnya sampai di hari kiamat.
Tentunya dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun dari forum diskusi ini.
Semoga dengan adanya kritik dan saran tersebut dapat bermanfaat dan menjadi pedoman bagi penulis dalam penyusunan makalah ini pada khususnya dan para pembaca pada umumnya, segala kelebihan hanyamilik Allah dan segala kekurangan milik hambanya.



                                                                                                Taba Penanjung, 27 Januari 2019


  Penulis











A.  Memainkan Alat Musik Barat
1.        Dasar-Dasar Bermain Alat Musik Barat
Jenis-Jenis Alat Musik yang memiliki beraneka ragam dalam kehidupan kita sehari-hari, musik menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan penghibur di saat kita tidak bisa melakukan kegiatan lain untuk refreshing. Menurut para pakar sains, mereka telah membuktikan bahwa beberapa jenis musik bisa membantu jiwa manusia menjadi lebih tenang dan seimbang. Bahkan saat mendengarkan musik yang dihasilkan dari alat musik tertentu bisa menghapus rasa tertekan dan stress. Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Karena musik juga memiliki Unsur-Unsur Seni Musik yang beraneka ragam pula.
a.        Memainkan Alat Musik Ritmis
Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Menurut fungsinya, alat musik sendiri terbagi atas tiga. Ketika tiga macam alat musik tersebut dimainkan secara bersama-sama dengan racikan dan komposisi yang pas dapat menghasilkan musik yang merdu dan enak didengar. Tiga alat musik tersebut yaitu ; alat musik ritmis, harmonis dan melodis. Namun kali ini kita akan lebih membahas alat musik ritmis secara lebih spesifik.
Pengertian alat musik ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik sebagai pengiring lagu yang ketika dimainkan akan menciptakan irama atau ritme yang tidak bernada. Biasanya Fungsi Musik ini yaitu sebagai pengatur tempo. Adanya tempo pada musik yang dimainkan akan membuat musik tersebut lebih enak untuk dinikmati saat didengar oleh telinga kita. Alat musik ritmis biasanya dimainkan dengan cara dikocok (digoyangkan), digesek, dipukul baik menggunakan tangan maupun alat bantuan. Alat musik ini memang tidak bernada namun memiliki variasi bunyi sesuai dengan keras lembutnya pukulan dan variasi permainan yang digunakan saat mengoyang, menggesek, dan memukul alat musik.
Dr. Ali Zadeh Muhammadi, seorang psikolog klinis yang sudah hampir 20 tahun melakukan penelitian dan praktek terapi musik. Menurutnya, selain jenis musik, alat musik juga punya peranan penting. Untuk langkah awal, sebaiknya menggunakan jenis alat musik ritmik seperti jenis instrument musik pukul. Dr Ali Zadeh berpendapat, anak-anak cacat mental tidak bisa diajari dengan alat-alat musik yang rumit semacam gitar.
Tapi mesti dengan instrumen yang sederhana dan mudah dimainkan serta cepat menjalin hubungan. Ditambahkannya, musik di kalangan orang-orang tuna netra memiliki pengaruh yang sangat ajaib, khususnya terhadap daya pendengaran mereka, sehingga banyak berpengaruh positif terhadap kualitas hidupnnya. Seruling merupakan instrumen penting dalam terapi musik. Alat musik ritmis sendiri terdiri dari 2 kelompok besar, yatitu alat musik ritmis tradisional dan alat musik ritmis modern dimana masing-masing memiliki contoh-ontoh alat musik yang berbeda.
Konga
Konga hampir mirip seperti gendang namun bentuknya memanjang dan ditaruh di atas penyangga besi agar tetap berdiri seimbang saat dimainkan. Konga ataupun kongo ini juga menggunakan bahan kayu dan kulit hewan sebagai alas untuk dipukul. Alat musik kongo ini dimainkan harus dipukul menggunakan dua tangan dan tidak diperkenankan dengan menggunakan alat bantuan pemukul. Alat musik ritmis kongo ini digunakan pertama kali pada wilayah bagian timur Kuba yang dikenal sebagai Oriente, pada sekitar abad ke-19, dimana ia tengah bekerja di musik populer seperti anak Kuba, Nungai dan Changui. Kemudian sebagian besar sumber sejarah budaya, Afro Cuban menyatakan bahwa kongo berasal di Afrika Tengah (Kongo/Bantu). Sejenis drum yang dibagian bawahnya terbuka.

Marakas
Alat musik ritmis ini dimainkan dengan cara digoyangkan dan akan menghasilkan suara seperti suara gemericik seperti suasana dilaut. Suara ini dihasilkan dari butiran-butiran kecil seperti biji-bijian yang biasanya diisi dalam labu yang dikeringkan dan telah dijahit. Biasanya terbuat dari plastik ataupun kelapa dan memiliki pegangan agar mudah untuk dimainkan. Alat musik ritmis Marakas atau yang didalam bahasa asing dikenal sebagai Maraca ini dikategorikan sebagai alat musik perkusi. Di zaman dahulu, alat musik ritmis marakas ini dimainkan secara tunggal sebagai media penyembuhan. Marakas juga digunakan sebagai pengiring segala macam prosesi ritual yang hampir ada diseluruh Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan. Marakas sendiri termasuk salah satu bagian yang begitu penting di musik Salsa, Rumba, Charanga, Trova Ensemble dan Cuba. Jenis alat musik ritmis seperti ini hampir dapat kita temukan diseluruh dunia.

Timpani
Timpani merupakan alat musik ritmis yang cara memainkannya dipukul dengan mallet timpani atau stik timpani. Mallet timpani terbuat dari kayu berdiameter sekitar 2 cm. Ujungnya dibalut bola kapas yang terbuat dari bulu biri-biri dari Eropa yang sangat lembut. Tabung timpani terbuat dari kuningan atau fiber dan berbentuk seperti mangkuk. Timpani merupakan salah satu alat perkusi yang sudah ada sejak abad ke-15 dan digunakan sebagai salah satu pengiring upacara keagamaan.

Kastanyet
Kastanyet merupakan alat musik ritmis tradisional yang biasanya mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Alat musik ritmis ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung atau dari gading gajah. Cara memainkan alat musik ritmis ini yaitu dengan cara menepuk kastanyet yang dipegang oleh tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan.

Drum
Drum adalah salah satu alat musik ritmis modern yang seakan-akan menjadi jantung dalam musik. Hampir semua aliran musik apapun sudah menggunakan drum sebagai pengiringnya. Terbukti hampir 99% tayangan musik di televisi, radio, panggung-panggung pertunjukkan musik, Alat musik ritmis ini dipastikan sudah tertata rapi di atas panggung. Drum awalnya adalah kulit yang direnggangkan di atas penyangga. Namun di era modern sekarang ini, drum sudah menggunakan plastik dan besi sebagai penyangganya. Drum merupakan gabungan alat musik tunggal lainnya seperti kick bass, tom-tom, hi-hat, cymbal, snare drum. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul memakai alat bantuan seperti pemukul kayu panjang yang ramping yang biasa disebut stik drum. Saat ini drum sudah diproduksi oleh pabrik dengan berbagai macam merek dan kualitas.






Triangle
Alat musik ritmis ini menggambarkan sebutannya yaitu alat musik yang berbentuk segitiga. Alat musik ini trbuat dari logam besi dimainkan dengan cara dipukul dengan bantuan alat seperti tobgkat pemukul tipis yang terbuat dari besi. Bunyi yang tinggi dan nyaring bergema yang dihasilkan berasal dari getaran tubuhnya saat dipukul. Triangle ini dimainkan dalam musik slow seperti dangdut, jazz, pop dan lain sebagainya.

Simbal tangan
Simbal adalah salah satu alat musik yang dimainkan sejak zaman dahulu. Namun simbal saat-saat ini sudah menjadi bagian utama dari alat musik ritmis modern drum yang digunakan sebagai pemanis iringan musik. Namun simbal yang digunakan dalam drum hanya single dan dipukul dengn bantuan stik. Simbal tangan terdiri dari dua buah lempengan logam yang berbentuk lingkaran. Menonjol di bagian tengahnya. Cara memainkan simbal yaitu dengan membenturkan atau menggesekkan kedua lempengan tersebut. Contoh simbal tangan yaitu yang digunakan pada marching band.

b.        Memainkan Alat Musik Melodis
Adapun masing-masing dari jenis alat musik tersebut dibedakan berdasarkan fungsinya. Berikut paparan lebih lengkapnya terkait pengertian alat musik melodis, jenis jenis alat musik melodis beserta contoh alat musik melodis.
Alat yang dapat membunyikan melodi pada irama lagu disebut dengan alat musik melodis. Pada dasarnya alat musik melodis tidak dapat menghasilkan suara cord dengan sendirinya. Mungkin Anda semua penasaran, mengapa demikian? Nada suara yang dapat dikeluarkan alat music melodis adalah do, re, mi, fa, sol, la, dan si nada tinggi maupun nada rendah saja.
Jadi untuk menambah indahnya irama yang dikeluarkan dari alat musik melodis supaya lebih indah perlu dilengkapi dengan alat musik ritmis dan harmonis. Karena alat musik ritmis dan alat musik harmonis juga dapat atau mempunyai nada serta irama yang dapat menambah keindahan alat musik melodis. Kegunaan alat musik melodis secara umum adalah sebagai penentu dalam sebuah musik atau lagu.
Terdapat beberapa macam alat musik melodis, misalnya alat musik melodis yang berkesan tradisional, alat musik melodis yang berkesan modern, dan lain sebagainya. Dari berbagai macam alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis, semua itu memiliki cara memainkan dengan berbagai macam cara.
Memainkan alat musik melodis sama saja seperti membawakan lagu, karena fungsinya memainkan melodi utama lagu. Dalam ansambel modern, alat musik melodi diantaranya trompet, trombon, saksofon, biola, flute, klarinet, oboe, pianika, dan lain-lain.
Dua teknik memainkan alat musik melodis:
1.        Teknik Legato. Legato yang berarti dimainkan panjang panjang sesuai harga atau ketukan not.
2.        Teknik Stacatto. Stacatto yang berarti memainkan dengan putus-putus. Maksudnya disini dimainkan dengan pendek atau memberikan kesan tegas, semangat, gairah, dan meledak-ledak. Pada partitur ditandai dengan titik di atas atau di bawah not. Biasanya teknik stacatto ini digunakan pada lagu-lagu mars, lagu gembira, dan lainnya.

c.         Memainkan Alat Musik Harmonis
Secara garis besar, alat musik harmonis adalah suatu alat musik yang biasanya digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alat musik tersebut biasanya memainkan harmoni, dengan begitu dapat juga memainkan untuk tiga nada bahkan bisa lebih secara bersama-sama.
Jenis alat musik harmonis yaitu alat musik yang bernada, akan tetapi tidak dapat dibentuk. Pada umumnya juga berfungsi sebagai melodi pada suatu nada atau lagu. Selain itu alat musik ini tidak dapat memainkan chord secara sendirian dan harus dibantu dengan alat yang lain.
Seperti yang sudah telah disinggung diatas bahwa alat musik harmonis tersebut, selain berperan sebagai melodi dalam lagu ternyata juga dapat dijadikan sebagai pengiring pada suatu musik. Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa alat musik harmonis yakni merupakan alat musik yang sering digunakan sebagai melodis atau pengiring dalam suatu lagu dan juga dapat untuk memainkan tiga atau lebih nada secara bersama-sama.



2.    Memainkan Alat Musik Dalam Grup
Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara  menghindari stress saat belajar
Musik Ansambel terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :
1. Musik Ansambel Sejenis
Musik ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel  rekorder.

2. Musik Ansambel Campuran
Musik ansambel campuran adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. Apabila anda belum mempunyai keahlian dalam memainkan gitar,tentu anda bisa belajar dengan  membaca cara cepat belajar gitar dengan mudah.
Musik Ansambel juga dapat digolongkan menjadi 3 kelompok apabila dilihat dari fungsi dan alat musik yang digunakan, yaitu : 
1. Musik Ansambel Melodis
Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel melodis adalah alat musik yang dimainkan dengan tujuan menghasilkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi sebuah lagu. Contoh : piano, harmonika, rekorder, terompet

2. Musik Ansambel Ritmis
Musik ansambel ritmis dalam penyajiannya menggunakan alat musik yang gunanya agar mengatur irama sebuah lagu. Contoh : Drum set, triangle, gong, gendang, dan tamborin.

3. Musik Ansambel Harmonis
Musik ansambel harmonis memakai alat musik yang dapat berperan ganda yaitu sebagai memainkan rangkaian nada-nada dan mengatur irama dari sebuah lagu.
Golongan Musik Ansambel
Golongan alat musik ansambel dapat dibagi menjadi 3 yaitu dilihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan, dan peranannya dalam musik ansambel.
Sumber bunyi
1.        Akrofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contohnya, seruling dan terompet.
2.        Membranofon adalah alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik, seperti gendang, rebana, dan drum.
3.        Kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya didapatkan dari dawai atau tali seperti gitar, kecapi, dan biola.
4.        Idiofon yaitu alat musik yang sumber bunyinya terletak pada bunyi alat itu sendiri apabila dimainkan. Contohnya, angklung dan gong.
5.        Elektrofon adalah alat musik yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contohnya, organ listrik dan gitar listrik.

Ansambel Perkusi
Instrumen musik perkusi dalam kelompok ini merupakan jenis instrumen bergerak yang dibawa oleh pemain dan dimainkan dalam barisan seperti halnya instrumen musik tiup. Seksi yang memainkan instrumen musik perkusi sambil berjalan disebut juga sebagai drumline atau battery. Ragam instrumen musik perkusi yang digunakan alat marching umumnya lebih sedikit dari yang digunakan pada permainan alat marching band. Contoh instrumen ini antara lain snare drum, drum tenor / quint, drum bass, simbal.

Drumband/Marching Band
Instrumen yang digunakan dalam penampilan marching band umumnya dapat dikelompokkan pada beberapa kategori menurut jenis dan cara memainkan alat marching band. Pengelompokkan alat marching ini secara tidak langsung pula mempengaruhi struktur organisasional kepelatihan yang umumnya dispesifikasikan menurut kategori-kategori alat drum band tersebut, masing-masing kategori alat band memiliki pelatih tersendiri. Selain kepelatihan, pengelompokkan alat drum ini umumnya berpengaruh pula pada perilaku sosial para pemain marching drum band yang terlibat dengan menciptakan kelas-kelas social drum band non-formal yang membentuk kebanggaan kelompok.

Ansambel Tiup
Pada mulanya ragam instrumen musik tiup yang digunakan dalam marching band identik dengan yang digunakan drum band. Namun pada perkembangannya, beberapa jenis instrumen musik tiup seperti cornet, clarinet, flugelhorn, saksofon (termasuk di dalamnya sofrano, alto, dan tenor), trombone, sousaphone, dan flute yang jamak digunakan alat drum band sudah ditinggalkan.
Umumnya instrumen musik tiup yang digunakan dalam permainan marching drum band menggunakan nada dasar B atau F. Jenis instrumen itu antara lain terompet, french horn, mellophone, tenor horn, baritone, euphonium, contra bass / tuba.
Alat music tiup merupakan salah satu alat music yang memiliki suatu jenis penalun atau resonator yang umumnya terdapat suatu tabung, dimana kolom udara yang ada di dalamnya digetarkan dengan cara meniup sehingga tiupan angina bisa melalui tempat yang ada di ujung penalun.
Titinada atau pitch getaran akan di tentukan dengan seberapa panjang tabung serta modifikasi manual yang panjang akan jauh lebih efektif pada kolom getar udaranya.
Untuk alat musik tiup yang pertama adalah klarinet, dimana alat musik tiup yang satu ini merupakan alat musik yang berasal mula dari keluarga Woodwind. Sedangkan untuk nama klarinet sendiri memang di ambil dari bahasa Itali yakni “Clarino” yang memiliki arti terompet dengan adanya penambahan pada akhir kalimat yakni “-et” yang memiliki makna kecil.
Klarinet ini memang alat musik yang tidak jauh dengan saksofon, karena untuk memainkannya dengan memakai satu reed saja.
Selanjutnya adalah alat musik tiup oboe yang mana merupakan salah satu alat musik yang termasuk tradisional. Alat musik oboe ini merupakan alat musik double ress dengan jenis woodwind, dimana obae ini adalah keturunan dari shawm.
Nama dari alat musik tiup yang satu ini di ambil dari bahasa Perancis hautbois yakni kata “obo” yang memiliki arti “high wood”. Alat musik tiup ini juga sering kali disebut dengan nama hautboy jika menggunakan bahasa Inggris. untuk orang yang memainkan oboe maka disebut dengan obois.
Apabila di bandingkan dengan instrumen dari woodwind yang lain, maka oboe ini memiliki sebuah suara yang jauh lebih jernih dan cukup melengking. Suara dari oboe sendiri juga dapat terdengar dengan jelas dalam ansambal yang cukup besar, sehingga suaranya ini dapat dengan mudah di dengan pada saat tuning.
Umumnya pada sebuah acara orchestra akan melakukan tuning untuk dapat mendengarkan suara oboe dengan memainkan A concert.
Alat musik tiup yang selanjutnya ialah saksofon yang mana music dari instrumen nya ini masih masuk kedalam golongan keluarga brasswind. Alat musik tiup saksofon ini umumnya dibuat dari sebuah logam serta di mainkan dengan memakai single- reed yang mana sama halnya dengan Klarinet. Saksofon ini adalah salah musik tiup yang di ciptakan oleh Adolphesax ditahun 1846.
Pada umumnya, hal ini akan berhubungan dengan populernya musik, big band serta musik jazz. Akan tetapi, awalnya hanya akan di tunjukkan menjadi instrument sebuah orkestra dalam band militer. Sampai saat ini ada beberapa macam dari merek saksofon yang tengah beredar di pasaran. misalnya saja seperti Selmer, Lincoln, Lrak, L.A.Sax, Weril, Subaru, Conn, Jupiter, Yamaha, Lafleur dan juga Yanagisawa.
Untuk orang yang memainkan saksofon itu memiliki sebutan yakni saksofonis. Di Indonesia juga banyak pemain saksofon terkenal yakni seperti Kenny joe, Paulus dan lainnya. sedangkan pemain saksofon yang legendaris internasional ialah Charlie Parker, Colemen Hawkins, Zoot Sims dan masih banyak lagi.
lalu untuk pemain saksofon internasional masa kini yang masih sangat terkenal adalah Dave Koz, Kenny Garrett, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan lain sebagainya.
Selanjutnya ada alat musik tiup fluter yang mana merupakan instrument musik yang memang masih memiliki hubungan keluarga dari woodwind. Suara yang di keluarkan oleh alat music flute memiliki karakter yang lembut dan dapat di kombinasi dengan beberapa alat musik yang lainnya dengan menghasilkan musik yang bagus.
Alat music flute modern ini memang cukup professional yang pada umumnya terbuat dari bahan perak maupun emas, dimana nantinya kedua bahan ini akan di kombinasi. Sedangkan untuk fluer untuk seorang murid, biasanya dibuat dari bahan nike- perak, maupun logam yang nantinya akan di lapisi oleh perak.
Alat musik flute concert yang standar dimana di- pitch C maka mempunyai jangkauan dana hingga 3 oktaf dari middle C. Akan tetapi, dengan adanya beberapa flute untuk professional ada sebagian kunci yang bisa mencapai nada B yang ada di bawah middle C.
Hal ini memberikan arti jika alat music flute ini adalah salah satu dari instrument orchestra yang cukup tinggi, bukan hanya piccolo yang melebihi tinggi dari alat musik tiup flute tersebut. Piccolo ialah salah satu jenis fluet namun dalam ukuran kecil dengan menggunakan di- pitch satu oktaf jauh lebih tinggi dari pada flute concert yang standart. Dan piccolo ini umumnya juga digunakan di dalam sebuah orkestra.
Untuk alat musik flute concert yang modern memang memiliki beberapa varian. Misalnya seperti thumb key B-flat standar yang mana di ciptakan dan juga di rintis oleh Briccialdi. Akan tetapi, B foot joint ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk model menengah ke atas dan juga sangat professional.
Kemudian ada open-holed flute, yang mana memang sangat umum di sebut sebagai French flute yang pada umumnya di sebut dengan nama French flute yang mana beberapa kuncinya terdapat lubang yang berada di tengah sehingga hal ini dapat menjadikan pemain harus menutupnya dengan menggunakan jari. Penggunaanya sendiri biasanya akan di lakukan pada tingkat konser.
Namun, ada pula sebagian dari pemain flute adalah merupakan pemain yang sudah ahli dan professional yang mana akan memilih closed-hole “plateau” key. Umumnya student akan memakai penutup sementara agar dapat menutup lubang hingga mereka semua dapat menguasai dalam penempatan jari.
Sebagian orang memang lebih percaya bahwa jika open- hole key akan dapat menghasilkan sebuah proyeksi suara yang jauh lebih keras dan juga jelas walaupun pada nada- nada yang rendah sekalipun.
Alat musik tiup yang selanjutnya ialah terompet yang terbuat dari bahan logam. Alat musik terompet sendiri memiliki tempat yang paling tinggi dari alat musik tiup yang lainnya. Mulai dari alat musik tiup saksofon, tuba, french horn, eufonium, baritone dan juga trombon.
Alat musik tiup terompet berada di-pitch di Bb. Alat musik yang satu ini hanya mempunyai tiga tombol, dan semua pemain terompet pun wajib untuk menyesuaikan embouchure hanya untuk memperoleh nada yang bagus dan juga berbeda.
Terompet memiliki beberapa jenis dan jenis terompet yang paling umum digunakan dan dijumpai adalah terompet Bb. Akan tetapi, untuk terompet jenis C, D, E, Eb, A, F dan juga G juga bisa dengan mudah di temukan. Terompet jenis C adalah yang sering di pakai pada sebuah orchestra yang ada di Amerika.
Terompet ini memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan bisa memberikan suara yang jauh lebih cerah dan juga hidup jika di bandingkan dengan terompet Bb.
Alat musik tiup yang berikutnya ialah trombon yang terbuat dari logam. Sama seperti halnya dengan alat musik tiup lainnya yang terbuat dari logam, suara yang hasilkan dari trombon ini dapat menggetarkan bibir. Nama trombon ini sendiri di ambil dari bahasa Itali yakni tromba yang memiliki arti terompet dan juga kata –one untuk akhiran kata yang memiliki arti besar.
Maka jika digabung menjadi kata trombon yang memiliki arti terompet besar. Hal ini di karenakan memang apabila di lihat dari keseluruhan dari ukuran dari pada alat musik terompet. Untuk pemain trombon ini disebut dengan trombonis.
Untuk yang selanjutnya ada alat musik tiup harmonika yang menjadi alat musik yang sangat mudah untuk di mainkan. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan menghisap dan meniupnya, dengan cara ini maka harmonika akan mengeluarkan suara yang lumayan bagus.
harmonika sendiri adalah salah satu alat musik tiup tradisional yang berasal dari Negara China yang awal mulanya memiliki nama “Sheng”. Dan alat musik harmonika ini sudah digunakan kurang lebih sekitar 500 tahun yang lalu sejak kekaisaran di pimpin oleh Nyu-kwa.
Untuk harmonika modern sendiri sudah ada pada tahun 1821 yang ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann. Harmonika modern ini adalah sebuah instrument yang mana cukup sederhana yang terdiri dari plat- plat getar pada logam yang sudah di susun dengan rapi secara horizontal.
Harmonika ini memang masih memiliki desain yang kurang sempurna dengan hanya menyediakan nada pada tiup kromatis. Desain awal yang dibuat oleh Bushmann ini pada akhirnya di modifikasi oleh beberapa orang sehingga lebih bagus. Contohnya saja ialah harmonika yang dibuat oleh Richter.
Tahun 1826 Richter adalah orang yang mengembangkan harmonika dengan 10 lubang tetap dan juga 20 pelat getar dengan adanya sebuah pemisah dari fungsi pelat yang dihisap dan yang ditiup. Nada yang di buat oleh Richter ini bernama nada diatoni yang menjadi nada standart dari harmonika. Sedangkan tahun 1857 bisnis dari alat musik tiup harmonika dimulai dimana pengrajinnya bernama Matthias Hohner.
Sedangkan pada tahun 1862 harmonika mulai di kenalkan pada daerah Amerika Utara oleh Hohner yang menjadi sebuah langkah pertama menjadikan Hohner menjadi produsen nomor satu dari alat musik harmonika tersebut. Bahan sejak saat itu hohner sudah memproduksi kurang lebih 1 juta harmonika pertahunnya.
Dan untuk saat ini, hohner telah memproduksi harmonika sekitar 90 model lebih yang berbeda jenis, nada dan juga modelnya. Dengan hal ini bisa menjadi pilihan bagi pemain karena terdapat banyak genre harmonika dari pop, blues, ska, country hingga rock.

Ansambel Gesek
Alat musik gesek adalah instrumen musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini akan menghasilkan suatu bunyi melodis jika terjadi gesekan antara dawai dan busurnya. Beberapa contoh alat musik ini misalnya biola, contre bass, viola, cello, dan alat musik tradisional rebab. Berikut pemaparan dan gambar dari beberapa alat musik tersebut.
1.        Biola. Alat musik gesek pertama yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita adalah biola. Biola merupakan alat musik modern yang lazim dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, jazz, pop, dan musik melayu. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika digesek. Para pemain biola umumnya adalah wanita. Mereka dikenal dengan sebutan violinist.
2.        Contre Bass atau Double Bass. Contre bass atau double bass adalah biola berukuran besar yang pada umumnya dimainkan pada pertunjukan musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly. Sesuai dengan namanya, alat musik gesek satu ini juga menghasilkan nada-nada rendah saat dimainkan. Selain digesek, ia kadang kali juga dibunyikan dengan cara dipetik. Di Indonesia, alat musik satu ini memang tidak begitu dikenal, namun di negara-negara Latin dan Eropa, ia selalu dimainkan mengiringi setiap pertunjukan musik.
3.        Viola adalah alat musik yang termasuk dalam keluarga biola. Banyak orang yang menganggap viola sama dengan biola. Namun keduanya sebetulnya berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dan nada yang dihasilkan. Viola umumnya berukuran lebih kecil dan menghasilkan nada yang lebih berat (rendah) dibandingkan dengan alat musik biola.
4.        Cello atau Violoncello juga merupakan alat musik yang masuk dalam keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa. Sedangkan di Indonesia, ia kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimainkan dalam pagelaran musik tanah air.

Ansambel Petik (Gitar)
Bahan pembuatan Alat musik yaitu dengan menggunakan kayu. Gitar mempunyai bentuk leher dan badan sebagaimana gambar di atas. Tidak hanya dipetik saja, kita juga dapat memakai cara bermain gitar dengan menggenjrengkan memakai jari kita. Di dunia ini dua tipe gitar yang terkenal yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.
Pada gitar terdapat kord yang jumlahnya 144 yang dapat dipakai berdasarkan dengan keperluan supaya menghasilkan nada serta bunyi yang cocok.
Kemunculan alat musik Bando yaitu dari Amerika ketika ada kehidupan budak Afrika  di sana. Para budak Afrika kemudian membuat instrumen dan mengembangkannya menjadi alat musik yang bisa menghasilkan bunyi yang khas.
Sekilas alat musik tradisional ini terdapat kesamaan dengan alat musik Shasemen, namun perbedaannya yaitu pada jumlah dawainya, yakni antara 4 sampai 6 buah senar.
Penggunaan alat musik ini sering kita jumpai pada musik bluegrass, folk, country dan irish tradisional.Untuk jenis musik blue grass dan country, banjo sudah termasuk komponen utama yang wajib dimainkan. Banjo termasuk juga alat musik paling tua di Amerika.
Gayageum yaitu alat musik kecapi dari negara Korea dan dawainya terdiri dari 12 buah senar. Untuk jenis bunyinya sendiri, gayageum terbagi jadi dua yakni jeongak dan sanjo.
Perbedaannya yaitu untuk fungsinya. Sanjo dipakai buat pagelaran solo sementara jeongak buat orkestra. Tidak cuma gayageum, ada banyak sekali alat musik petik korea yang satu jenis yaitu geum seul. geomungo, dan yanggeum.
Sanxian yaitu alat musik petik yang asalnya dari daratan China da terdapat 3 buah senar dawai. Keunikan pada alat musik ini yaitu pada bahan untuk bagian badannya berasal dari kulit ular sanca dan ada leher layaknya alat musik gitar.
Kegunaan alat musik ini yaitu untuk mengiringi pertunjukan solo dan orkes. Di abad yang ke 20, dilakukan modifikasi pada sanxian yang kemudian tinggal 4 senar saja. Hasil nada yang dikeluarkan adalah perkusi sementara alat musik ini persis dengan banjo.
Asal alat musik ini yaitu dari negara Vietnam. Cara memainkan alat musik dan Bau yaitu dipetik. Salah satu keunikan dari dan bau ini yaitu cuma mempunyai satu kunci nada saja atau cord. Tampilan Dan bau dapat dikatakan simpel, cuma terdiri dari tongkat senar, bamboo, senar sutra, dan tempurung kelapa.
Seiring dengan waktu yang berjalan, alat musik ini kemudian dikembangkan sehingga Dan Bau seolah tidak begitu termasuk alat musik tradisional.
Pipa termasuk alat musik petik murni yang asalnya dari Tionghoa dan sudah ada semenjak era dinasti Qin kira kira antara tahun 221-206 SM. Diantara keunikan alat musik pipa yaitu pada bentuknya yang mirip dengan buah pir dan dawainya berjumlah 4-5 senawr.
Alat musik ini dimainkan semenjak ada dinasti Tang. dan digunakan sebagai pengiring acara acara kerajaan. Seiring dengan berjalannnya waktu, alat musi ini terus dimodifikasi dan dikembangkan mulai dari jumlah fret, bentuk, dan cara memainkan.
Sitar adalah alat musik yang asalnya dari Asia Selatan. Seringnya kegunaan alat musik ini yaitu sebagai iringan tarian India dan instrumen dari musik klasik Hindustan.
Jumlah senar pada dawai Sitar berjumlah 7 buah.
Dawai sitar sendiri terdiri dari dua jenis yaitu dawai simpatetik dan dawai biasa. Salah satu yang membuat nada yang dihasilkan dari musik ini terbilang uniuk yaitu adanya ruang resonansi gourd.

B.  Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik
Membuat Perencanaan Pergelaran
Perencanaan adalah suatu proses untuk menetapkan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Perencanaan merupakan suatu tahapan yang sangat penting di dalam menyelenggarakan suatu kegiatan seperti pergelaran musik yang diselenggarakan di lingkungan sekolah. Perencanaan merupakan langkah awal sebelum melakukan langkah – langkah berikutnya. Semua hal yang berkaitan dengan pergelaran dibahas dalam bentuk tertulis.
Perencanaan yang dibuat secara tertulis disebut proposal. Pada tahap perencanaan mempunyai kegiatan antara lain menentukan tema, menentukan rencana kegiatan, menyusun program, dan menentukan tempat pergelaran.
1.        Menentukan Tema Pergelaran. Tema adalah pokok pikiran atau suatu yang menjadi target yang akan dicapai. Tema sangatlah penting untuk menjadi patokan atau arah kegiatan pergelaran. Tema inilah yang menjadi misi atau target idealis yang akan dicapai. Dengan kata lain, bahwa tema adalah nafas suatu kegiatan. Penentuan tema biasanya dihubungkan dengan sutu jenis peristiwa monumental yang relevan dengan waktu pelaksaan kegiatan. Tema akan tampak lewat kegiatan yang dilakukan dalam pergelaran. Dalam pergelaran sendratari dan musik tema dapat dimunculkan dalam kisah yang dipertunjukkan.
Sebaiknya penyelenggaraan pergelaran dilaksanakan oleh siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk berkreasi, sehingga siswa mempunyai pengalaman yang kelak akan bermanfaat untuk kehidupan. Guru sifatnya hanya memberikan bimbingan dan pengarahan tentang langkah kerja siswa.
2.        Menentukan Rencana Kegiatan. Rencana kegiatan adalah tindakan yang akan kita lakukan yang dinyatakan secara tertulis. Rencana kegiatan – kegiatan menjadi unsur yang penting dalam membuat perencanaan pergelaran, sebab rencana kegiatan menentukan kegiatan yang akan dibuat. Adapun rencana kegiatan pergelaran dapat disusun sebagai berikut :
1)        Pergelaran menampilkan seluruh karya siswa.
2)        Bentuk pergelaran dapat secara in door ( di dalam ruangan ) maupun open air ( luar ruangan ).
3)        Tempat pergelaran adalah lingkungan sekolah. Misalnya menggunakan aula, ruang kelas, halaman sekolah, ataupun teras kelas.
4)        Karya yang dipergelarkan bebas dalam penggunaan media ekspresinya.
5)        Dana operasionalnya dibebankan kepada seluruh siswa dengan dikoordinasikan oleh OSIS di bawah bimbingan dan pengawasan guru.
6)        Pergelaran dilaksanakan diakhir tahun ajaran.
7)        Kepanitiaan melibatkan beberapa kelas satu sampai kelas tiga yang terpilih secara musyawarah berdasarkan kemampuannya.
3.        Menyusun Program Kegiatan. Program kegiatan merupakan rencana kegiatan yang lebih terperinci atau detail. Misalnya apakah diadakan pada hari yang sama, macam acara apa saja yang akan dipertunjukkan pada kegiatan, dan apa saja yang dilakukan pada saat pembukaan atau penutupan kegiatan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam penyusunan program kegiatan pergelaran :
a)         Waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk menyusun program kerja suatu pergelaran adalah pada awal dimulainya kegiatan.
b)        Bahan penyusunan program kerja pergelaran harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan para anggotan penyelenggara. Langkah- langkah yang harus ditempuh dalam penyusunan bahan program kerja sebagai berikut :
a.         Kumpulkan keinginan dan kebutuhan yang diusulkan aleh anggota panitia penyelenggara.
b.        Adakan rapat pengurus dan panitia penyelenggara untuk membicarakan bahan – bahan yang telah dikumpulkan.
c.         Sekretaris bidang menyusun rencana program kerja untuk angka waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama.
d.        Setiap sekretaris bidang menjelaskan rancangan program kerja yang telah disusunnya dalam forum rapat.
e.         Memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk menanggapi program kerja tersebut, agar memperoleh kesamaan pendapat.
f.         Apabila rancangan program kerja masing- masing sekretaris bidang sudah dapat disetujui, maka program kerja pergelaran tersebut sudah merupakan program yang menampung aspirasi dan kebutuhan anggota panitia penyelenggara.
c)         Sifat program kerja haruslah fleksibel, dalam arti dapat diterima oleh semua pihak sehingga pelaksaannya memperoleh dukungan penuh dari anggota panitia dan Pembina.
4. Tempat Pergelaran. Tempat pergelaran merupakan komponen yang sangta penting dalam kegiatan pergelaran. Lokasi kegiatan, letaknya ( di dalam ruang atau di luar ruangan), dan kapasitas orang yang dapat ditampung menentukan banyak sedikitnya, besar kecil, dan macam kegiatan yang dapat dilakukan serta waktu pelaksanaannya.
Tempat yang dapat dipergunakan untuk pergelaran antara lain :
1)        Ruang kelas
2)        Teras kelas
3)        Ruang keterampilan
4)        Halaman sekolah

Syarat Tempat Pergelaran
1.         Aman, maksudnya adalah terhindar dari sengatan matahari dan air hujan.
Aman untuk pengunjung berarti kondisi bangunan atau lingkunan tempat pergelaran tidak membahayakan.
2.         Nyaman, maksudnya dapat memberikan keleluasaaan bagi pengunjung untuk mengapresiasikan karya seni.























DAFTAR PUSTAKA

https://senturi09.wordpress.com/2010/07/05/membuat-perencanaan-pergelaran-2/
https://hidupsimpel.com/alat-musik-petik/
http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/12/alat-musik-gesek-pengertian-dan-5.html
https://moondoggiesmusic.com/alat-musik-tiup/
https://www.carabermainalatmusik.com/cara-bermain-terompet/
http://marchingnapaamad.blogspot.com/2014/07/cara-memainkan-alat-musik.html
http://musicforabetterlife.blogspot.com/2014/09/musik-ansambel-musik-ansambel-adalah.html
https://balubu.com/alat-musik-harmonis/
http://emazuhrohkhulaidah.blogspot.com/2018/01/dua-teknik-memainkan-alat-musik-melodis.html

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...