A.
Pengertian
Unik
Pengertian Unik - Menurut kamus
bahasa indonesia, Unik adalah
tersendiri bentuk atau jenisnya; lain daripada yang
lain dan tidak ada persamaan dengan yang lain. Jadi
unik dapat dikatan sebagai sesuatu yang sangat spesial
dan jarang dijumpai.
Generasi muda di suguhi aneka jenis
seni,khusus nya tari di
media elektronik Yang
lebih berkiblat ke barat. Ada juga pertunjukan tari daerah(etnis) Nusantara Di tayangkan secara sepintas saja dan
dalam kemasan acara lain.
Dengan kata lain Tradisional
Nusantara di media televisi hanyalah sebagai “pelengkap”. Tradisional Nusantara , misalnya
mengamati jenis, peranan,
dan fungsi tari itu dalam masyarakat pemilik nya
1.
Jenis,Peran,
dan Perkembangan Tari Tunggal Nusantara
Mengupas tari
tunggal nusantara tidak terlepas dari
jenis, peran dan perkembangannya. Peran tari tunggal
nusantara sangatlah beragam. Menyangkut tentang
riwayat terbentuk sampai wujud yang ada sekarang
dan sejarah panjang tari sampai tari itu berperan
bagi masyarakat pemiliknya.
1.
Jenis tari tunggal nusantara
Jenis tari
tunggal nusantara yang begitu banyak
pada hakikat nya dapat diringkas menjadi empat
kelompok, yaitu sebagai berikut.
1. tari
ritual(kesuburan)
2. tari keprajuritan (kewiraan)
3. tari perang
4. tari pergaulan
Jenis tari
tunggal nusantara terdapat dalam berbagai
bentuk tarian yang terkadang sulit . Dengan kata
lain, bisa terjadi satu tari berperan dalam berbagai
keperluan,baik sosial, politik, agama, kepercayaan,
maupun hiburan.
Jenis tari
tunggal nusantara yang dikenal masyarakat
jawa, misalnya: tari eko prawiro, gambiranom,
merak , dan gambayong , Jenis tari tunggal
nusantara yang di kenal masyarakat bali , misalnya:
tari pendet, margapati,panji semirang, kebyar
duduk, baris,keris barong. Jenis tari tunggal Nusantara
yang dikenal masyarakat sunda misalnya : tari
kandangan sulintang, dan dewi .
2.
peran
tari tunggal nusantara
peran tari
nusantara sedikit banyak dipengaruhi oleh
geografis dan karakteristik masyarakat pemiliknya.
Karakteristik di bentuk oleh tempat tinggal
atau letak geografis masyarakatnya.orang yang
tinggal digunung tentu berbeda dengan orang yang
tinggal di tepi pantai. Demikian mereka yang tinggal
di kota besar tentu berbeda karakter dengan yang
tinggal di pedesaan. Berbeda pula karakter masyarakat
yang berdomisili di lingkungan keratin dengan
masyarakat yang berdomisili di luar keraton.
Oleh karena itu
jika latar belakang tempat tinggal sangat
mempergaruhi karakter ciptaan seni atau lebih sepesifik
lagi tari tunggal.
Hubungan tari
dan peran juga dipengaruhi oleh penciptannya.bagi
seorang koreo grafer kejadian dan fenomena
adalah sumber gerak yang sangat kaya. Jika ide itu telah menjadi bentuk maka
tidak lepas dari hasil
pengamatan langsung di sekitarnya.
Peran dalam
pengertian yang lebih luas berarti fungsi
dan gunanya. Hampir semua orang mengetahui betapa besarnya peranan tari bagi masyarakat pemiliknya. Peran tari tunggal dapat digolongkan
sebagai beriku:
1. pemberian
motivasi, dikatakan memberi
motivasi karena selalu membangkitkan
semangat untuk bangkit dan
melawan penjajah
2. pemujaan, pemujaan
yang sering menggunakan tari untuk mendukun kepentingan ritual, antara
lain : nazar, panen padi, minta hujan. Sementara
itu tari tunggal nusantara yang biasa di gunakan untuk mendukung upacara ritual antara lain
srimpi,tayub, sintreen. Biasanya tari ini di
gunakan untuk ritual
permohonan hujan dan keselamatan.
3. Pergaulan, pada
umum nya peran tari tunggal nusantara di kaitkan dengan perhelatan
tertentu atau untuk upacara magi-simpatreis, misalnya upacara minta
hujan, perkawinan, dan mengusir wabah penyakit.
3.
perkembangan
tari tunggal nusantara
di mulai dari
proses panjang sejak manusia mengenal
fungsi tubuh mereka. Setiap manusia normal
pasti dapat menggerakan anggota tubuh mereka
dengan bebas,luwes, dan enak. Proses terbentuknya
sebuah tarian diduga di mulai dari keinginan
manusia untuk mengapresiasi kan kebutuhan
estetis melalui gerak tubuh mereka. Berangkat
dari gerak sederhana, melalui proses panjang
akhirnya terbentuklah aneka jenis tarian dengan
berbagai fungsi dan gunanya .
setiap peristiwa
alam dan hal-hal yang menyangkut suasana hati selalu mempengaruhi penciptaan seni, demikian juga setiap etnis akan merasakan,menangkap,
dan mempengaruhi suatu peristiwa besar
dengan perasaan dan pikiran yang kurang lebih
sama.
Bagi seniman
pencipta tari koreografer, suatu peristiwa
menjadi materi dasar yang menarik dan bermakna
untuk dijadikan karya seni.
Tari tradisional
nusantara sendiri dibangun dalam rentang
waktu yang sangat panjang, bisa mencapai hitungan
abad. Beberapa tari tunggal yang mengalami
perubahan bentuk dan fungsi, antara lain: tari seblang, sintren,
tayub,ronggeng, sang hyang, dan
pakarena.
Dengan uraian di
atas ,tari tradisional nusantara sangat
berguna bagi kepentingan sosial atau ritual masyarakat
pemiliknya. Upacara yang sering menggunakan tari untuk mendukung kepentingan sosial, antara lain:
peresmian gedung, perayaan
pernikahaan, HUT RI, menyambut tamu agung
negara sahabat , kedatangan pejabat penting, dan
kampanye. Sementara itu, tari yang digunakan untuk
mendukung keperluan sosial , misalnya : tari gambyong,pendet,
ngremo, tayub, dan lilin.
B.
Unsur Estetis Tari Tunggal Nusantara
Tari juga mengenal pembagian jenis
karya , jika seni lukis
mengenal lukis natural (alami),abstrak, dada,kubis
surrealist, dan superralist,maka demikian pula
halnya seni tari.
Di dalam istilah seni, semua
kebutuhan seni itu mencakup
dalam perbincangan ekspresi estetis, bagaimana
pun juga kepuasan batin seniman dan penghayatan
harus diletakan pada posisi tertinggi di bidang
seni.
Setiap seni pasti mempunyai unsur estetis di dalamnya.. misalnya ,medium di tangan seniman
handal mampu menghasilkan karya spektakuler
dan mengagumkan. Sebalik nya tidak berguna
apa bila berada di tangan yang awam. Bukan
berarti orang awam tidak boleh berkarya seni .
Khususnya unsur estetis tari
tunggal adalah gerak
detail,rias,busana, dan kebebasan ekspresi. Gerak
detail meliputi gerak tangan ,kepala,mimik dan rias
meliputi wajah, rambut badan, tangan, kaki.
Di dalam seni tari terdapat jenis
tari tunggal, kelompok /
berpasangan, dan massal. Unsur estetis terpenting
tari tunggal adalah menyangkut tentang hal
detail
Perlu juga diketahui bahwa unsur
estetis suatu seni masih harus
di kaitkan pada ”siapa” orang yang berbicara atau memanfaatkannya. Dengan
kata lain , suatu bentuk
tari tunggal etnis bali tidak dapat dengan
mudah di pahami oleh entnis jawa sunda minang
dayak asmat separua dan makasar . begitu pula
yang terjadi sebaliknya.
C.
Keunikan
Tari Tunggal Nusantara
setiap tari pasti mempunyai daya
tarik tersendiri yang
membuat seseorang atau suatu kelompok bersedia
meluang kan waktu untuk melihat atau mempelajari
nya. Keunikan tari tunggal nusantara tentu
saja berbeda, baik secara fisik,bentuk, jenis tari
, maupun teknik penyajiannya dengan jenis tari lainnya.
Daya tarik tari tunggal terutama
terletak pada keunikan suatu
bentuk jenis tari atau pun ekspresi. Alasannya
mereka bergerak, bentuk gerakan, dan fungsi
tarian itu sendiri yang membuat perbedaan menjadian
begitu kelihatan.
1.
Tari Jaipong
Jaipong merupakan jenis tari
tunggal yang berasal dari daerah
jawa barat.Ciri khas gerak tari Jaipong adalah keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas
dan kesederhanaan (alami/apa adanya). Tari jaipong dibawakan dengan iringan musik yang khas
yaitu music degung,yaitu
musik sejenis gamelan sunga yang terdiri dari
alat musik gendang,gong,saron,kecapi dan lain.Diantara
alat alat musik tersebut suara kendanglah yang
paling dominan.
2.
Tari Gambyong
Tari gambyong merupakan jenis tari
tunggal yang berasal dari
daerah jawa tengah.Jenis tarian ini memiliki cirri paling menonjol yaitu ruh
kerakyatannya.Ciri khas pertunjukan
tari Gambyong sebelum dimulai selalu dibuka
dengan pangkur.Tari Gambyong merupakan tari tunggal
putri yang memiliki teknik gerak dan irama iringan
tari dan pola kendagan yang rumit serta menampilkan
karakter tari yang luwes,kenes,kewes dan tregel.
3.
Tari Kancet Papatay/Tari Perang
Tari ini menceritakan tentang
seorang pahlawan Dayak Kenyah
berperang melawan musuhnya.Gerakan tarian ini sangat
lincah,gesit,penuh semangat dan kadang-kadang diikuti
oleh pekikan si penari.Dalam tari kancet papatay,penari
mempergunakan pakaian tradisional suku Dayak
Kenyah dilengkapi dengan peralatan perang seperti mandau,perisai
dan baju perang.Tari ini diiringi dengan lagu
Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik Sampe
4.
Tari Kancet Lasan
Tari ini menggambarkan kehidupan sehari-hari
burung Enggang,burung yang dimuliakan oleh suku
Dayak Kenyah karena dianggap sebagai tanda
keagungan dan kepahlawanan.Tari
Kancet Lasan merupakan tarian tunggal
wanita suku dayak kenyah,dan dalam membawakannya
si penari banyak mempergunakan
posisi merendah dan berjongkok atau duduk dengan lutut menyentuh lantai.Tarian ini lebih
ditekankan pada gerak-gerak
Enggang ketika terbang melayang dan hinggap
bertengger di dahan pohon.
5.
Tari Tor-Tor
Tari Tor-Tor merupakan jenis tarian
yang berasal dari daerah
Batak yang merupakan tarian khas dengan gerakan
tangan dan badan.Pada awalnya Tari Tor-Tor berfungsi
sebagai pengisi acara adat dan keagamaan.Namun
karena pengaruh perkembangan zaman
tari tersebut sekarang ini berfungsi untuk mengisi acara pesta siriaon (Sukaria) dan
sebagai hiburan atau menyambut
tamu.Musik pengiring nya khas dam lembut yang
sangat enak didengar.Dalam tarian ini beragam gerak
di suguhkan,menegaskan kostum etnis yang mereka
pakai dan irama lagu yang diperdengarkan.Dari situ
tergambar bahwa mereka hendak berkisah tentang keberagaman
sekaligus keindahan sebuah negeri yang bernama
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya