animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Kamis, 20 Juli 2017

Menjelaskan Secara Lisan Uraian Topik Tertentu Dari Hasil Membaca Artikel Atau Buku



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga makalah  ini dapat terselesaikan. Penyusunan makalah  ini di dasari pada tinjauan pustaka  mengenai menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca artikel atau buku. Makalah  ini disusun dalam rangka untuk menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia . Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Kami sangat menyadari bahwa makalah ini masih memerlukan penyempurnaan. Oleh Karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan khususnya bagi para siswa sebagai sarana pembelajaran.












                                                          Taba Penanjung,             2016




Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Berbicara merupakan kepandaian manusia untuk mengeluarkan suara dan menyampaikan pendapat dari pikirannya. Berbicara dapat merujuk ke:
a.            Pidato
b.            Pembicaraan umum, proses berbicara pada sekelompok orang
c.             Gaya pengucapan, bagaimana bagian tubuh yang terlibat dalam menghasilkan suara berjalan
d.            Peniruan berbicara, peniruan pembicaraan manusia oleh hewan berbicara terlatih
e.             Bahasa hewan, suara seperti nyanyian burung yang kadang-kadang disebut "berbicara"
f.              Perpaduan berbicara, produksi buatan atas pembicaraan manusia
1.2   Rumusan Masalah
aPengertian berbicara
b. Tujuan menyampaikan topik
c. Langkah-langkah menguraikan topik
d. Menyusun daftar topik
e. Topik uraian
f.  Petunjuk proses menguraikan topik
g. Penulisan laporan hasil penguraian topik (Pokok-pokok isi topik) menggunaan ejaan dan tanda baca











BAB II
PEMBAHASAN

Menjelaskan secara Lisan Uraian Topik Tertentu dari Hasil Membaca (Artikel atau Buku)
2.1   Pahami artikel berikut. Catatlah pokok-pokok isi artikel yang berjudul ” Rimba Gambut Menanti Ajal”!
Rimba Gambut Menanti Ajal
Hutan gambut Sumatra terkikis hutan tanaman industri. Ini bisa menjadi awal datangnya petaka banjir asap dan kekurangan air. Kecemasan itu pelan-pelan
merasuki perkampungan Suku Akit di pedalaman hutan Semenanjung Kampar, Riau. Aroma kekhawatiran seperti meletup dari gubuk-gubuk buruk di tengah hutan. Lelaki-lelaki perkasa dari suku itu kini sering pulang berburu dengan wajah getir. Tangan mereka kosong. Tak ada tangkapan, tiada pula madu hutan.
Hutan yang didiami Ajib dan tetangga-tetangganya beberapa tahun ini telah berubah. Ajib bercerita, sudah beberapa tahun ini, ”kampungnya” alias hutan gambut itu digangsir. Banyak yang datang dengan membawa mesin-mesin gergaji. Lalu pelan-pelan kicau burung pun tergantikan deru gergaji mesin. Raungan gergaji itu juga mengganggu lebah-lebah madu sialang. Itulah yang membuat kehidupan 380 keluarga suku Akit kian pahit.
Itu baru sebagian ancaman. Ancaman lainnya adalah ”kampung” Ajib itu mulai dikeruk tanahnya dan dibangun parit-parit besar agar air di tanah gambut mengering. Gambut memang tanah yang penuh tumpukan ranting yang tak terurai sempurna selama puluhan tahun sehingga strukturnya seperti spons atau busa yang mengandung banyak air.
Dengan parit, air di tanah gambut akan mongering dan bisa disulap menjadi hutan akasia yang menjadi bahan baku pabrik kertas dan bubur kertas. Pohon ditebang, tanah dipapras, membuat ”kampung” suku Akit kian sempit. Akibatnya, sudah banyak yang mengungsi ke pedalaman Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Indragiri Hilir. Kampung Akit dan hutan gambut di Semenanjung Kampar adalah hutan yang kalah.
Menurut data Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), di hutan itu kini sedikitnya ada tujuh perusahaan besar yang tiap hari mengerahkan mesinmesin penebang. Sebagian perusahaan itu menebang pohon untuk diolah menjadi bubur kertas.
Untuk memenuhi pasokan bahan bakunya, ada perusahaan yang mengubah hutan gambut alam menjadi hutan dengan tanaman yang seragam atau dikenal sebagai hutan tanaman industri (HTI).
Kerusakan itu belum termasuk kerusakan yang ditimbulkan 52 persen penduduk sekitar hutan yang ikut-ikutan menebangi hutan. 3 Teks Mendengarkan (halaman 242) 28 Pelajaran II Frasa dan Klausa Tergerusnya hutan gambut ini membuat waswas para pencinta lingkungan. Menurut data World Wild Fund (WWF) Indonesia, luas hutan dan lahan gambut di Indonesia mencapai 20 juta hektare. Empat juta hektare di antaranya ada di Riau. Salah satu hutan gambut Riau yang terkenal adalah Semenanjung Kampar, kampung Suku Akit. Pada 1990-an hutan ini tercatat sebagai salah satu yang terluas di Sumatra. Membujur di pesisir timur Riau, hutan ini pada 1997 luasnya masih sejuta hektare. Kini hutan gambut itu tinggal secuil.

2.2   Langkah-Langkah Menyampaikan Topik
Kata artikel tidak asing lagi bagi Anda. Anda dapat menemukan artikel di koran atau majalah. Artikel merupakan bentuk karangan yang membahas berbagai masalah. Masalah yang dibahas dalam artikel masalah yang aktual. Artikel menyajikan informasi bagi pembaca. Artikel berbentuk karangan deskripsi atau eksposisi.
Dengan membaca artikel, Anda diharapkan mengerti masalah yang dibahas. Untuk menemukan topik artikel diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Membaca dan memahami artikel secara utuh.
2. Mencatat pokok-pokok isi artikel. Pokok-pokok isi artikel merupakan sesuatu hal yang dibahas.
3. Mencatat topik dan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.
4. Memberikan pendapat atau uraian beserta alas an terhadap topik yang ditemukan.
5. Menyampaikan secara lisan topik artikel yang dibaca dengan alas an perlunya membaca artikel tersebut.






KESIMPULAN

Untuk menemukan topik artikel diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Membaca dan memahami artikel secara utuh.
2. Mencatat pokok-pokok isi artikel. Pokok-pokok isi artikel merupakan sesuatu hal yang dibahas.
3. Mencatat topik dan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.
4. Memberikan pendapat atau uraian beserta alas an terhadap topik yang ditemukan.
5. Menyampaikan secara lisan topik artikel yang dibaca dengan alas an perlunya membaca artikel tersebut.

























DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Cerita-rakyat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...