animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Minggu, 16 Juli 2017

Makalah Menemukan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Sastra Melayu Klasik



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga makalah  ini dapat terselesaikan. Penyusunan makalah  ini di dasari pada tinjauan pustaka  mengenai menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra melayu klasik. Makalah  ini disusun dalam rangka untuk menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia . Pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Kami sangat menyadari bahwa makalah ini masih memerlukan penyempurnaan. Oleh Karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan khususnya bagi para siswa sebagai sarana pembelajaran.












                                                          Taba Penanjung,    Januari 2016




Penyusun





DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………....…………………………………1

DaftarIsi………………………………………………………………………..2

Bab I ………………….....………………………………………………………3

Bab II………....……………………………………………………………….4-5

Bab III………………………………………………………………….………..6

Daftar Pustaka.......................................................................................................7

























BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
          Karya sastra melayu klasik adalah suatu karya sastra lama yang dikembangkan kembali. Didalam karya sastra melayu klasik banyak terdapat nilai-nilai norma yang baik yang dapat kita petik dan kita jadikan acuan kita untuk menjadi lebih baik lagi, dan nilai-nilai itu merupakan inti dari karya sastra melayu klasik dan juga merupakan tujuan dari dari pembuatan karya sastra melayu klasik. Nilai-nilai tersebut antara lain adalah nilai budaya, nilai moral, nilai agama, nilai pendidikan, nilai psikologis, nilai sosial, serta nilai religiulitas.
          Dalam hal ini kita harus dapat mengebangkan karya sastra yang mulai tenggelam oleh zaman, dengan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra melayu klasik tersebut dapat kita ambil elajaran yang harus kita tanamkan dalam hati dan sanubari kita. Sehingga kita bisa mendalami dan mencerna apa isi-isi dan tujuan dari karya sastra melayu klasik tersebut, dan kita dapat juga menceritakan kepada orang yang membutuhkan nilai-nilai tersebut..

Tujuan
1.     Memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra melayu klasik.
2.     Dapat mengetahui apa itu karya sastra melayu klasik
3.     Menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra melyu klasik
4.     Mengetahui macam-macam nilai-nilai karya sastra melayu klasik












BAB II
PEMBAHASAN

          Nilai-nilai dalam sastra melayu klasik adalah suatu tujuan dari karya sastra melayu klasik supaya pembaca atau pun pendegarnya dapat menanamkan rasa untuk kehidupannya kedepan. Nilai-nilai ini juga digunakan oleh pembaca atau pun pendengar dalam menasehati orang-orang supaya orang tersebut bersikap lebih baik.
Nilai-nilai karya sastra Melayu klasik :
1.       Nilai budaya
Nilai yang berhubungan dengan budaya melayu. Karena karya ini merupakan karya sastra melayu, maka nilai budaya juga berhubungan dengan budaya melayu. Budaya ini juga merupakan budaya orang-orang yang baik dan berahlakul karim.
2.    Nilai moral
Nilai yang berhubungan dengan masalah moral. Dengan nilai ini moral suatu pembaca atau pun pendengar dapat teratasi, sehingga pembaca atau pun pendegar dapat mengambil sisi baik dalam karya sastra melayu klasik.
3.   Nilai agama
Nilai yang berhubungan dengan masalah keagamaan. Nilai ini yang paling disematkan dalam karya sastra melayu klasik karena dalam hal nilai kegamaan, karya sastra melayu klasik tidak menganggap sepele, dan nilai ini adalah nilai inti dari karya sastra melayu klasik.
4.   Nilai pendidikan
Nilai yang berhubungan dengan proses pengubahan sikap dan tata laku  seseorang atau kelompak orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan
5.   Nilai psikologis
Nilai yang berhubungan dengan sifat kejiwaan manusia. Sebagaimana yang kita ketahui nilai ini menyangkut dengan diri pembaca maupun pendengar itu sendiri, dengan mengenai bagaimana perilaku seseorang.
6.   Nilai sosial
Nilai yang berhubungan dengan kehidupan di dalam masyarakat. Nilai mengenai bagaimana hubungan atau interaksi seseorang dengan dengan masyarakat luas.
7. Nilai religiusitas yaitu nilai yang bersifat keagamaan dan kepercayaan .

          Nilai adalah sesuatu yang berharga atau berguna. Dalam cerita Melayu klasik, sering terkandung suatu nilai. Ada bermacam-macam nilai dalam suatu cerita. Salah satunya adalah nilai moral, yakni nilai yang berkenaan dengan perbuatan baik dan buruk.
Cara menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra melayu klasik:
1.     Membaca dengan teliti karya sastra melayu klasik tersebut
2.     Menyimak dengan seksama alur dari karya sastra melayu klasik tersebut
3.     Temukan kata-kata kunci yang terdapat dalam karya sastra melayu klasik tersebut
4.     Tulis atau ceritakan kembali karya sastra melayu klasik tersebut
5.     Renungkan, dengan membaca kembali karya sastra melayu klasik tersebut
6.     Tuliskan nilai-nilai karya sastra melayu klasik tersebut yang kamu pecahkan



















BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

·        Kesimpulan
Dengan ini kami menyimpulkan bahwa menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra melayu klasik sangatlah mudah, asalkan kita dapat menanamkan rasa percaya diri kita pada diri kita sendiri. Sehingga kita dapat dengan mudahnya menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra melayu klasik tersebut dan bisa langsung kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
·        Saran
Pada saat teman-teman menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra melayu klasik ada baiknya teman-teman semua menyimak lebih lanjut dan mengikuti metode-metode yang telah kami jelas.























DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/sastramelayuklasik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...