animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Biografi Salvador Dalí



Salvador Dalí
Salvador Dalí pada 29 November 1939
Lahir
Salvador Domingo Felipe Jacinto Dalí i Domènech
11 Mei 1904
FigueresSpanyol
Meninggal
23 Januari 1989 (umur 84)
Figueres, Spanyol
Kebangsaan
Spanyol
Pendidikan
Real Academia de Bellas Artes de San Fernando, Madrid
Dikenal atas
Karya terkenal
The Persistence of Memory (1931)
Face of Mae West Which May Be Used as an Apartment, (1935)
Soft Construction with Boiled Beans (Premonition of Civil War) (1936)
Swans Reflecting Elephants (1937)
Ballerina in a Death's Head (1939)
Dream Caused by the Flight of a Bee Around a Pomegranate a Second Before Awakening (1944)
The Temptation of St. Anthony (1946)
Galatea of the Spheres (1952)
Crucifixion (Corpus Hypercubus) (1954)
Gerakan politik

BIOGRAFI
Salvador Dalí adalah seorang pelukis surealis terkemuka yang lahir di Figueres, Spanyol. Dalí mengakui bahwa nenek moyangnya adalah keturunan dari Moors, sehingga ia menjadi keturunan Arab. Dalí juga adalah juru terampil dan paling dikenal akan gambar mencolok dan aneh dalam pekerjaan surealisnya. Keterampilan painterly-nya sering dikaitkan sebagai pengaruh master-master Renaissance. Karya-karya opera artistik Dalí termasuk film, patung dan fotografi, adalah hasil kolaborasi dengan berbagai seniman di berbagai media.
Dalí sangat imajinatif, ia menikmati terlibat dalam perilaku yang tidak biasa dan megah. Gaya eksentrik yang menarik perhatian publik kadang-kadang mendapat perhatian lebih daripada karya seninya, terutama bagi mereka yang mengagumi karyanya dengan harga tinggi dan pengkritiknya.
Pada tahun 1980, kesehatan Dali seperti mengalami suatu bencana, istriny yang pikun, Gala, diduga telah memberinya obat dengan obat berbahaya yang merusak sistem saraf nya, mempengaruhi daya cipta seni Dalí.’
Pada tahun 1982, Raja Juan Carlos memberikan Dalí gelar Marqués de Dalí de Púbol (Marquis of Dalí de Púbol) sebagai bangsawan Spanyol. Untuk menunjukkan rasa terima kasihnya, Dalí kemudian memberi raja sebuah gambar (Head of Europa, yang ternyata menjadi gambar terakhir Dalí) setelah raja mengunjunginya di ranjang kematiannya.
Dali merupakan anak tunggal dari notaris kaya, telah menunjukkan minat pada seni sejak usia dini. Setelah menerima pelajaran seni oleh guru privat di Figueres, Dali belajar di Akademi Seni Rupa di Madrid dan mengadakan pameran solo pertamanya pada tahun 1925 pada usia 21 tahun. Di akademi itulah Dali mulai mengenal berbagai kalangan seniman seperti pembuat film Luis Bunuel dan Penyair Federico Lorca. Meskipun menjadi siswa brilian, Dali menolak untuk mengambil ujian gelar dari akademi, mengklaim para penguji tidak cukup berkualifikasi untuk menilai karyanya.
Akibat insiden tersebut, dia diusir dari akademi. Dali pindah ke Paris pada tahun 1926, dan dua tahun kemudian bekerja sama dengan Luis Bunuel sebagai penulis skenario untuk Un Chien Andalou (Anjing Andalusia), sebuah film yang membuat dia masuk dalam lingkaran surealis Paris yang dipimpin oleh Andre Breton. Gaya hidupnya yang bohemian dan kecenderungannya pada skandal membuat Dali segera diterima dalam kelompok.
Selama periode ini dia berkonsentrasi pada pengembangan gaya unik yang disebutnya “Paranoia Kritis”. Salah satu contoh paling terkenal dari lukisan Paranoia Kritis adalah “The Persistence Memory (1931)” – sebuah karya unik yang mengekspresikan sifat fana waktu melalui jam yang tampak mencair.
Pada tahun 1929, Dali bertemu Gala Elouard, seorang imigran Rusia dan istri Paul Elouard, penyair Perancis. Meskipun Gala berusia sepuluh tahun lebih tua dari Dali, hubungan mereka segera berubah menjadi romantis, dengan Gala menjadi model dan manajer bisnisnya. Gala akhirnya bercerai dari suaminya pada tahun 1929, dan menikah dengan Dali di Paris pada tahun 1934. Pada pertengahan tahun 1930, hubungan Dali dengan gerakan surealis mulai retak. Kekaguman Dali pada Hitler dianggap melawan etika surealis. Ketika dia juga menyatakan dukungan kepada Jenderal Franco dari Spanyol, hubungan dengan kaum surealis menjadi terputus sama sekali.
Dali meninggalkan Paris pada tahun 1940 dan pindah ke Amerika Serikat. Dengan gaya flamboyan dan bakat untuk promosi diri, dia segera masuk dalam pergaulan sosial kelas atas. Selama periode ini Dali dijuluki “Avida Dollars (serakah untuk dolar)” oleh Andre Breton. Dali kemudian menjawab “Satu-satunya perbedaan antara saya dan surealis adalah bahwa saya seorang surealis”.
Ketertarikan Dali bergeser dari lukisan ke sastra. Pada tahun 1940-an, dia menerbitkan novel “Hidden Faces” pada tahun 1944. Dia juga menulis beberapa volume otobiografi flamboyan selama periode tersebut, termasuk “The Secret Life of Salvador Dali”.
Pada tahun 1948, Dali dan Gala kembali ke Spanyol, menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah mereka di Lligat. Saat itu, lukisan Dali mengambil pendekatan yang lebih klasik, berfokus pada tema religius dan sejarah, bukan lagi surealistik. Karya berkisar sejarah yang terkenal diantaranya “The Discovery of America by Christopher Columbus” yang dipamerkan di Museum Dali di St.Petersburg, Florida. Sementara karya-karyanya selama periode ini menerima penghargaan, terdapat suara miring yang menyatakan bahwa dia tidak menghasilkan lukisan bernilai artistik setelah tahun 1930-an. Sementara tidak ada yang bisa menyangkal kecemerlangan teknis karya-karyanya, lukisan Dali hanya merupakan pengulangan tema yang sudah ada sebelumnya, seperti “Christ of Saint John of the Cross”.
Pada tahun 1965, Dali beralih membuat patung dari perunggu dan kristal. Tapi disini terlihat betapa dia mulai kehilangan orisinalitas. Banyak tema patungnya mengambil tema dari subjek yang pernah dilukisnya. Pada periode ini, Dali lebih dikenal karena pesta-pesta mewah dan perilaku eksentrik dibandingkan dengan fokusnya pada seni yang telah membesarkan namanya.
Pada tahun 1980, Dali didiagnosa menderita cerebral. Karena tidak lagi mampu memegang kuas, dia pensiun dari dunia melukis.
Pada tahun 1982, Gala meninggal. Peristiwa ini sangat mempengaruhinya dan mulai membuat Dali semakin menyepi. Akhirnya, Salvador Dali -sang pelukis besar surealis- meninggal pada tanggal 23 Januari 1989 akibat gagal jantung.

PENGHARGAAN
1.             1910 Landscape Near Figueras
2.             1913 Vilabertin
3.             1916 Fiesta in Figueras (begun 1914)
4.             1917 View of Cadaqués with Shadow of Mount Pani
5.             1918 Crepuscular Old Man (begun 1917)
6.             1919 Port of Cadaqués (Night) (begun 1918) and Self-portrait in the Studio
7.             1920 The Artist's Father at Llane Beach and View of Portdogué (Port Aluger)
8.             1921 The Garden of Llaner (Cadaqués) (begun 1920) and Self-portrait
9.             1922 Cabaret Scene and Night Walking Dreams
10.         1923 Self Portrait with L'Humanite and Cubist Self Portrait with La Publicitat
11.         1924 Still Life (Syphon and Bottle of Rum) (for García Lorca) and Portrait of Luis Buñuel
12.         1925 Large Harlequin and Small Bottle of Rum and a series of fine portraits of his sister Anna Maria, most notably Figure at a Window
13.         1926 The Basket of Bread and Girl from Figueres
14.         1927 Composition with Three Figures (Neo-Cubist Academy) and Honey is Sweeter than Blood (his first important surrealist work)
15.         1929 Un Chien Andalou (An Andalusian Dog) film in collaboration with Luis Buñuel, The Lugubrious Game, The Great Masturbator, The First Days of Spring, and The Profanation of the Host
16.         1930 L'Age d'Or (The Golden Age) film in collaboration with Luis Buñuel
17.         1931 The Persistence of Memory (his most famous work, featuring the "melting clocks"), The Old Age of William Tell, and William Tell and Gradiva
18.         1932 The Spectre of Sex Appeal, The Birth of Liquid Desires, Anthropomorphic Bread, and Fried Eggs on the Plate without the Plate. The Invisible Man (begun 1929) completed (although not to Dalí's own satisfaction)
19.         1933 Retrospective Bust of a Woman (mixed media sculpture collage) and Portrait of Gala With Two Lamb Chops Balanced on Her Shoulder, Gala in the Window
20.         1934 The Ghost of Vermeer of Delft Which Can Be Used As a Table and A Sense of Speed
21.         1935 Archaeological Reminiscence of Millet's Angelus and The Face of Mae West
22.         1936 Autumn Cannibalism, Lobster Telephone, Soft Construction with Boiled Beans (Premonition of Civil War) and two works titled Morphological Echo (the first of which began in 1934)
23.         1937 Metamorphosis of Narcissus, Swans Reflecting Elephants, The Burning Giraffe, Sleep, The Enigma of Hitler, Mae West Lips Sofa and Cannibalism in Autumn
24.         1938 The Sublime Moment and Apparition of Face and Fruit Dish on a Beach
25.         1939 Shirley Temple, The Youngest, Most Sacred Monster of the Cinema in Her Time
26.         1940 Slave Market with the Disappearing Bust of Voltaire, The Face of War
27.         1941 Honey is Sweeter than Blood
28.         1943 The Poetry of America and Geopoliticus Child Watching the Birth of the New Man
29.         1944 Galarina and Dream Caused by the Flight of a Bee around a Pomegranate a Second Before Awakening
30.         1944–48 Hidden Faces, a novel
31.         1945, Basket of Bread—Rather Death than Shame and Fountain of Milk Flowing Uselessly on Three Shoes; also this year, Dalí collaborated with Alfred Hitchcock on a dream sequence to the film Spellbound, to mutual dissatisfaction
32.         1946 The Temptation of St. Anthony
33.         1948 Les Elephants
34.         1949 Leda Atomica and The Madonna of Port Lligat. Dalí returned to Catalonia this year
35.         1951 Christ of Saint John of the Cross and Exploding Raphaelesque Head
36.         1951 Katharine Cornell, a portrait of the famed actress
37.         1952 Galatea of the Spheres
38.         1954 The Disintegration of the Persistence of Memory (begun in 1952), Crucifixion (Corpus Hypercubus) and Young Virgin Auto-Sodomized by the Horns of Her Own Chastity
39.         1955 The Sacrament of the Last Supper, Lonesome Echo, record album cover for Jackie Gleason
40.         1956 Still Life Moving Fast, Rinoceronte vestido con puntillas
41.         1957 Santiago el Grande oil on canvas on permanent display at Beaverbrook Art Gallery in Fredericton, NB, Canada
42.         1958 The Meditative Rose
43.         1959 The Discovery of America by Christopher Columbus
44.         1960 Composición Numérica (de fond préparatoire inachevé)]
45.         1960 Dalí began work on the Teatro-Museo Gala Salvador Dalí and Portrait of Juan de Pareja, the Assistant to Velázquez
46.         1963–1964 They Will All Come from Saba a work in water color depicting the Magi at St. Petersbur's Dali Museum
47.         1965 Dalí donates a gouache, ink and pencil drawing of the Crucifixion to the Rikers Island jail in New York City. The drawing hung in the inmate dining room from 1965 to 1981[98]
48.         1965 Dalí in New York
49.         1967 Tuna Fishing
50.         1969 Chupa Chups logo
51.         1969 Improvisation on a Sunday Afternoon, television collaboration with the rock group Nirvana
52.         1970 The Hallucinogenic Toreador, acquired in 1969 by A. Reynolds Morse & Eleanor R. Morse before it was completed
53.         1972 La Toile Daligram, Helena Devulina Diakanoff – dit., GALA
54.         1973 "Le Diners De Gala", an ornately illustrated cook book
55.         1976 Gala Contemplating the Mediterranean Sea
56.         1977 Dalí's Hand Drawing Back the Golden Fleece in the Form of a Cloud to Show Gala Completely Nude, Very Far Away Behind the Sun (stereoscopical pair of paintings)
57.         1983 Dalí completes his final painting, The Swallow's Tail
58.         2003 Destino, an animated short film originally a collaboration between Dalí and Walt Disney, is released. Production on Destino began in 1945

LUKISAN
Salvador Dali, Ballerina in a Death's Head, 24.5 x 19.5 cm, oil on canvas, 1939



Salvador Dali, Honey is Sweeter than Blood, oil on canvas, 1927
Salvador Dali, The Persistence of Memory, 24.1 x 33 cm, oil on canvas, 1931, at Museum of Modern Art, New York, USA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...