animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Budaya Non Benda Provinsi Jawa Timur


BUDAYA NON BENDA PROVINSI JAWA TIMUR
1.             Seni Pertunjukan Reog Ponorogo. Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok Warok dan Gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat Reog dipertunjukkan.
2.             Tradisi dan Ekspresi Lisan Keraben Sape (Karapan Sapi). Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau MaduraJawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit. Beberapa kota di Madura menyelenggarakan karapan sapi pada bulan Agustus dan September setiap tahun, dengan pertandingan final pada akhir September atau Oktober di eks Kota Karesidenan, Pamekasan untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden.
3.             Seni Pertunjukan Sapi Sonok. Sapi Sonok ialah sepasang sapi Madura betina yang mengikuti kontes kecantikan, yang mana sapi dirangkai atau diapit menggunakan pangonong serta terampil mengikuti instruksi pawang, lalu pasangan sapi berjalan-jalan dengan langkah jalan neter kolenang (mengikuti irama musik) untuk menuju atau memasuki sebuah gapura.
4.             Seni Pertunjukan Gandrung Banyuwangi. Tari Gandrung, atau biasa disebut saja dengan Gandrung Banyuwangi adalah salah satu tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Oleh karena tarian ini pulalah, Banyuwangi juga di juluki sebagai Kota Gandrung, dan terdapat beberapa patung penari gandrung di setiap sudut kota. Menurut asal muasalnya, tarian ini berkisah tentang terpesonanya masyarakan Blambangan kepada Dewi padi, Dewi Sri yang membawa kesejahteraan bagi rakyat. Tarian ini di bawakan sebagai ucapan syukur masyarakan pasca panen dan dibawakan dengan iringan instrumen tradisional khas Jawa dan Bali. Tarian ini di bawakan oleh sepasang penari, yaitu penari perempuan sebagai penari utama atau penari gandrung, dan laki-laki yang biasa langsung di ajak menari, biasa disebut sebagai paju.
5.             Seni Pertunjukan Kentrung. Kentrung adalah kesenian asli Indonesia yang berasal dari pantai utara Pulau Jawa. Kesenian ini menyebar dari wilayah Semarang, Pati, Jepara, Blora hingga Tuban –tempat kesenian ini dinamai Kentrung Bate karena berasal dari desa Bate, Bangilan, Tuban.
6.             Seni Pertunjukan Tari Seblang. Seblang adalah sebuat ritual tradisional khas suku Osing. Untuk lebih mudahnya biasa di sebut saja sebagai tarian Seblang, karena di beberapa aspek nya memperlihatkan tari-tarian untuk mengucap syukur dan tolak bala agar desa tetap aman dan tentram.
7.             Tradisi dan Ekspresi Lisan Wayang Topeng Malang. Wayang Topeng adalah wayang yang dimainkan oleh orang dengan menggunakan topeng yang menutupi wajah. Wayang Topeng ini dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian.
8.             Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan Tumpeng Sewu. Tumpeng sewu adalah salah satu tradisi budaya Osing. Sebelum makan tumpeng sewu warga akan di ajak berdoa agar desanya dijauhkan dari segala bencana, dan sumber penyakit karena ritual tumpeng sewu diyakini merupakan selamatan tolak bala.
9.             Tradisi dan Ekspresi Lisan Syiir Madura. Syiir adalah suatu tradisi dalam bentuk lisan yang terdapat di Pulau Madura, Jawa Timur. Tradisi syiir ini mengandung ajaran sufisme yang dikembangkan oleh Tarekat Sammaniyah. Tujuan syiir adalah sebagai sarana kontemplasi dan zikir dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.
10.         Seni Pertunjukan Ludruk. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.
11.         Seni Pertunjukan Jaran Bodhag. Jaran Bodhag adalah kesenian tradisional dari wilayah Kabupaten Probolinggi, Provinsi Jawa Timur. Jaran Bodhag merupakan kuda mainan sebagai bentuk tiruan dari kuda aslinya. Tiruan kuda ini dibuat dari batang kayu yang dibentuk menyerupai kepala kuda hingga leher.
12.         Seni Pertunjukan Dongkrek. Dongkrek adalah kesenian daerah asli dari Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kawedanan Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. ... Kronologis upaya Raden Ngabei Lo Prawirodipuro dalam mengusir pageblug mayangkoro inilah yang menjadi inti cerita dari kesenian dongkrek ini
13.         Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan Larung Sembonyo. Larung Sembonyo adalah budaya sedekah laut yang telah dilakukan secara turun-temurun oleh nenek moyang dari masyarakat lokal nelayan Prigi terwujud dalam upacara adat. Hal ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat nelayan Prigi akan hasil laut yang telah diperoleh.
14.         Seni Pertunjukan Singo Ulung. Singo Ulung adalah kesenian tari menggunakan barongan yang merupakan seni tradisional dari Kabupaten Bondowoso yang tahunan dilakukan pada ulang tahun ke Bondowoso.
15.         Seni Pertunjukan Wayang Beber. Wayang Beber adalah seni wayang yang muncul dan berkembang di Jawa pada masa pra Islam dan masih berkembang di daerah daerah tertentu di Pulau Jawa. Dinamakan wayang beber karena berupa lembaran lembaran (beberan) yang dibentuk menjadi tokoh tokoh dalam cerita wayang baik Mahabharata maupun Ramayana.
16.         Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-perayaan Entas-Entas Tengger. Entas-Entas, Tradisi Upacara Kematian di Tengger. Saat pelaksanaan yang meninggal didatangkan kembali dengan bentuk boneka. Boneka yang diberi nama boneka petra tersebut terbuat dari dedaunan dan bunga
17.         Seni Pertunjukan Jaran Kecak. Jaran Kencak adalah sebuah kesenian dari Lumajang, jawa Timur dengan menggunakan kelincahan seekor kuda yang di hias pakaian zirah perang khas jawa yang tersebar di Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Tengger. Kesenian serupa adalah Jaran Jenggo di Pantura dan Kuda Renggong di sunda.
18.         Seni Pertunjukan Wayang Krucil Malangan. Wayang krucil adalah kesenian khas Kabupaten Blora, Jawa Tengah dari bahan kulit dan berukuran kecil sehingga lebih sering disebut dengan Wayang KrucilWayang ini dalam perkembangannya menggunakan bahan kayu pipih (dua dimensi) yang kemudian dikenal sebagai Wayang Klithik.
19.         Seni Pertunjukan Sandhur Manduro. Sandur Manduro atau Sandhur Manduro adalah salah satu jenis kesenian rakyat yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kesenian ini dibawa oleh orang Madura yang pergi ke Jawa dan tinggal di bukit kapur yang kini dikenal dengan nama Desa Manduro. Kehidupan masyarakat Manduro cukup sederhana.
20.         Adat Istiadat Masyarakat, Ritus dan Perayaan-perayaan Ceprotan. Upacara Ceprotan, adalah upacara ritual khas masyarakat Pacitan, khususnya masyarakat Desa Sekar Kecamatan Donorojo yang selalu dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dzulqaidah (Longkang), pada hari Senin Kliwon. Rangkaian seremoni sakral Ceprotan, dimulai dari pengumpulan ayam dari beberapa warga.
21.         Adat Istiadat Masyarakat, Ritus dan Perayaan-perayaan Jamasan Gong Kyai Pradah. Jamasan Gong Kiai Pradah atau Siraman Kiai Pradah merupakan bentuk perayaan tradisional di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jamasan Kiai Pradah berkaitan erat dengan cerita sejarah Kiai Pradah yang sebelumnya mendapat gelar Kiai Bicak. Kisah ini konon terjadi pada sekitar abad ke-17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...