animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Mengidentifikasi dan Menyusun Butir-Butir Penting dari Buku Non Fiksi


Mengidentifikasi dan Menyusun Butir-Butir Penting dari Buku Non Fiksi

Buku non fiksi adalah buku yang berisikan kejadian sebenarnya yang di sampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis. Dengan kata lain, buku non fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. Contoh buku non fiksi yaitu buku pelajaran,buku paket ,esai, jurnal , dokumenter,biografi dan laporan ilmiah (makalah,skripsi,tesis, dll).

Ciri-ciri buku non fiksi
a.         Biasa nya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmia populer, laporan , artikel , feature, skripsi , tesis, disertasi , makalah , dsb.
b.        Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf obyektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
c.         Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
Karangan nonfiksi memiliki ciri sebagai berikut :
a.         Memiliki ide yang ditulis secara jelan dan logis serta sistematis;
b.        Mengandung informasi yang sesuai dengan fakta;
c.         Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan temuan yang sudah ada;
d.        Motivasi, rancangan dan pelaksanaan penelitian yang tertuang jelas;
e.         Penulis memberikan analisis dan  interpretasi intelektual dari data yang diketengahkan dalam tulisanya. Untuk karya nonfiksi diharuskan menggunakan kata baku sesuai dengan kamus umum bahasa indonesia. Karya nonfiksi harus memaka bahasa berciri tepat,singkat , jelas , resmi dan teratur agar efektif.

Mengidentifikasi Butir-Butir  Penting Isi Buku
1.        Kerangka biasa bentuk ini berupa urutan bab dan butiran butiran penting lainya  yang disusun secara vertikal. Cara ini sering j di sebut catatan yang bersifat konvesional karena sifat ntya yang kaku dan kurang menarik
2.        Peta pikiran ide-ide penting dari suatu buku dapat kita gambarkan dengan mengikuti alur berpikir kita sendiri. Peta pikiran juga membantu visualisasi atau gambaran kita terhadap suatu konsep di dalamnya.
Menulis Kesan Pribadi Tentang Buku Non Fiksi
Tujuan dibuatnya kesan pribadi adalah untuk memotivasi penulis dan para pembaca agar mau mampu, memahami , membaca , serta menganalisa isi (makna) dari sebuah buku. Dari contoh diatas , kita dapat mengambil kesimpulan untuk membuat kesan pribadi yang baik dan benar :
1.        Membaca buku dan artikel yang akan dilaporkan secara keseluruhan dengan berhati-hati dan cermat  atau dengan membaca pemahaman.
2.        Setiap memperoleh bagian-bagian yang  penting dan pokok pikiran ditulis terlebih dahulu, agar memudahkan di dalam membuat ringkasan,.
3.        Jika terdapat kata-kata yang tidak jelas atau tidak bisa dipahami, maka segera dilihat dalam kamus agar diperoleh pengertianya.
4.        Penulisan ringkasan bertolak dari pandangan pengarang.
5.        Pada ringkasan , kata-kata yang digunakan adalah kata-kata sendiri , bukan kata-kata pengarang yang di kutip dari buku tersebut.
6.        Hindari sekecil mungkin untuk memberikan penambahan pendapat-pendapat kita dalam bagian ringkasan.
7.        Memberikan penilaian terhadap keunggulan atau kelemahan buku tersebut secara objektif.

Contoh :
Kelebihan dari buku ini banyak sekali tokoh yang bisa kita jadikan teladan . Memberikan pelajaran moral yang baik dan makna dari sebuah kehidupan yang tidak bisa di tebak. selain itu , kelebihan dari buku ini adalah gambar ilustrasi yang membuat pembaca dapat membayangkan kejadian yang diberitahukan oleh buku ini. Namun, kekurangan yang terdapaat dari buku ini adalah kata-katanya yang sulit untuk dipahami karena menggunakan kata-kata daerah yang jarang di gunakan . selain itu harga buku yang mahal membuat peminat ragu untuk membeli buku ini.





Manfaat Membaca Buku Non Fiksi
1.        Mengisi waktu luang
2.        Sarana pengembangan diri dengan membaca buku non fiksi, secara tidak sadar , cara berpikir anda akan berubah menjadi lebih baik . anda akan memulai gaya hidup sehat dan cerdas.
3.        Mencegah kepikunan /alzheimer
4.        Menambah konsentrasi tentu saja , buku nonfiksi biasanya mengajak kita untuk berpikir realistis. Hal ini juga dapat menjadi sarana melatih fokus dan konsentrasi.
5.        Menambah wawasan
6.        Menambah pemahaman terhadap sesuatu.
7.        Melatih kemampuan berpikir buku nonfiksi berisi fakta-fakta dan teori-teori yang membuat pembacanya berpikir. Apabila dijadikan kebiasaan, membaca buku nonfiksi dapat membuat anda lebih cerdas.

Ikhtisar merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional atau dengan kata lain ikhtisar merupakan bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan rekomendasi. Ikhtisar mengandung topik persoalan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tersebut.
Dalam hal ini menurut juhara “2003” ikhtisar ialah penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana. Ikhtisar berfungsi sebagai garis-garis besar masalah dalam sebuah wacana yang berukuran pendek atau sedang.
Untuk hal ini ikhtisar dapat membantu kita dalam pemahaman karangan asli dengan cermat dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan cepat, penulis tidak akan membuat ringkasan dengan baik bila kurang cermat membaca, bila ia tidak sanggup membeda-bedakan gagasan utama dari gagasan-gagasan tambahan. Selain itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, serta menghindari uraian-uraian yang panjang lebar yang mungkin menyelusup masuk dalam karangan tersebut.
Ikhtisar berbeda dengan ringkasan walaupun kedua istilah itu sering disamakan tapi sesungguhnya keduanya berbeda, ringkasan merupakan penyajian singakt dari suatu karangan asli namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Jadi dapat disimpulkan bahwa ringkasan merupakan keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.
Sedangkan ikhtisar tidak perlu mempertahankan urutan isi karangan asli, selain itu ikhtisar juga tidak perlu memberikan isi dari karangan secara profesional. Penulis ikhtisar dapat langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematika pemecahannya. Sebagai ilustrasi, beberapa bagian atau isi dari beberapa bab, dapat diberikan untuk menjelaskan inti atau pokok masalah tersebut. Sementara bagian atau pokok yang kurang penting dapat dihilangkan. Untuk bentuk ikhtisar lebih bebas dari pada ringkasan.




Ciri-Ciri Ikhtisar
Adapun untuk ciri-ciri ikhtisar yang diantaranya yaitu:
1.        Tidak mempertahankan urutan gagasan.
2.        Bebas mengkombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti
3.        Tujuannya untuk mengambil inti.

Kegunaan ikhtisar
`           Sebelum kita mengetahui cara dalam membuat ikhtisar, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui fungsi atau kegunaan dari ikhtisar itu sendiri. Berikut ini merupakan fungsi dari ikhtisar antara lain yaitu:
1.        Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
2.        Memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan.
3.        Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat.

Cara membuat ikhtisar
setelah kita mengetahui fungsi ikhtisar, berikut ini merupakan cara bagaimana dalam membuat sebuah ikhtisar yang baik antara lain yaitu:
1.        membaca naskah asli beberapa kali “setidak-tidaknya dua kali”.
2.        Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah.

Menulis ikhtisar
Contoh ikhtisar:
Sekitar 30.000 hingga 50.000 orang berkumpul di kota hiroshima, jepang untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom atom di kota itu pada tanggal 6 agustus 1945 yang menewaskan sekitar 14.000 jiwa. Mereka bersama-sama mengheningkan cipta selama 60 detik dan melepaskan ratusan burung dara pada upacara peringatan ini. Upacara tersebut akan dilanjutkan pada hari kamis 9 agustus 2001 di kota nagasaki yang 56 tahun yang lalu juga di bom as sehingga menewaskan sekitar 70.000 orang pada peringatan itu perdana menteri jepang junichiro koizumi meminta kepada seluruh dunia untuk menghapus sejata nuklir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...