animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

KEHIDUPAN NELAYAN BENGKULU


KEHIDUPAN NELAYAN BENGKULU

1.    Apa itu Indonesia dalam konteks perairan dan  kehidupan masyarakat pesisirnya?
Indonesia sebuah negara maritim yang luas wilayah perairannya lebih luas dari darat. Layaknya seperti surga bagi nelayan hidup di pesisir pantai, namun apa kenyataannya seperti itu, masih menjanjikan untuk menopang bagi keluarga. Kenyataannya nelayan yang bermukim di pesisir itu kebanyak saat ini kehidupan ekonomi mereka masih menjadi keperhatinan semua, karena sebagian mereka berada dibawah garis kemiskinan. Belum lagi persoalan yang dihadapi para nelayan pada musim cuaca tidak bersahabat. Pada nelayan tradisional yang hanya menggunakan perahu atau sampan untuk menangkap ikan.
“Ketika musim cuaca buruk penghasilan kami tidak menentu, bahkan sering merugi setiap kali melaut”

2.    Dimana letak perairan laut Bengkulu?
Perairan laut Bengkulu berbatas langsung dengan lautan samudra Hindia. Menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Bengkulu, sebenarnya  sumber daya alam yang memiliki potensi menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan.

3.    Bagaimana potensi yang dimiliki perairan Bengkulu dan keadaan masyarakat sekitarnya?
Selama ini, potensi belum menjadi skala prioritas oleh pemerintah untuk membangun kesejahteraan nelayan. Disisi lain, yang diharapkan para nelayan adalah pemberian Jaminan Asuransi Kesesehatan dan Kecelakaan serta biaya pendidikan, karena para nelayan sebagian besar disamping pekerjaan beresiko juga menghadapi kekurangan biaya. Kondisi ini rill nelayan tradisional Bengkulu masih berada di bawah garis kemiskinan.

4.    Bagaimana cara memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat pesisir terutama nelayan?
Pihak legislatif terus mendorong pemerintah daerah agar lebih memperhatikan kehidupan para nelayan, tetapi pertanyaannya apakah salah satu langkah tersebut akan membuahkan hasil? Mudah-mudahan keberpihakan pemerintah kepada nelayan tradisional tidak hanya sebatas slogan atau program saja tetapi yang dibutuhkan aksi dalam bentuknya di lapangan, termasuk mengawasi dan membimbing serta penyuluhan yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia. Karena sebagian besar nelayan belum memiliki keterampilan aktivitas mereka sehari-hari sebagi nelayan.

5.    Dari informasi diatas apa yang dapat kalian simpulkan?
Potensi pesisir yang besar tidak akan membangun masyarakat kecil yang disekitarnya jika belum ada campur tangan pemerintah, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta perekenomian masyarakat sekitar pesisir. Semua masyarat sekitar pesisir perairan laut Bengkulu masih dibawah garis kemiskinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...