animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Resensi Novel Tere Liye


Resensi Novel Tere Liye – Pergi

Judul                           : Pergi
Penulis                         : Tere Liye
Penerbit                       : Republika Penerbit
Kota Penerbit              : Jakarta
Tahun Terbit                : 2018
Catatan                        : VI, Desember 2018
Halaman                      : 455 Halaman

Novel ini menceritakan tentang menemukan tujuan, kemana hendak pergi, melalui kenangan demi kenangan masa lalu. Pertarungan hidup, mati, untuk memutuskan kemana langkah kaki akan dibawa pergi.
Pergi adalah sebuah novel perjalanan mengelilingi beberapa tempat untuk menemukan arti sebuah tujuan setelah semua sudah didapat di depan mata. Perjalanan yang akan membuat seseorang menemukan arti dari kata “pergi”. Novel pergi merupakan novel drama laga sekuel dari novel pulang.

Kelebihan
Bukan Tere Liye namanya jika tidak membawakan alur yang membuat jantung berdebar-debar. Setiap partnya selalu mengundang penasaran pembaca. Bahasa yang digunakan pun sangat ringan dan mudah dipahami. Banyak kalimat-kalimat nasehat terlebih ketika Bujang terlibat percakapan dengan Tuanku Imam. Penggalan ini yang paling saya suka.
“Dalam perkara shalat ini, terlepas dari apakah seseorang itu pendusta, pembunuh, penjahat, dia tetap harus shalat, kewajiban itu tidak luntur. Maka semoga entah di shalat yang ke-berapa, dia akhirnya benar-benar berubah. Shalat itu berhasil mengubahnya.” (halaman 86). 

Dan juga yang tidak kalah menariknya ketika Salonga bercerita perihal dua petani yang juga sarat akan makna yang luar biasa. Adegan yang diusung tidak membosankan. Kekonyolan Yuki dan Kiko, si menyebalkan tua bangka Salonga, dan masih banyak lagi adegan yang bakalan mengocok perut kalian dan mata kalian berasa di oles bawang merah. Novel ini terdapat anjuran bagi pembaca usia diatas 15 tahun. Karena didalamnya terdapat adegan kekerasan dan pengenalan benda-benda tajam yang kurang cocok untuk anak-anak. Mungkin bagi saya itu poin plus nya. Untuk usia dibawah 15 tahun pola pikir anak masih rawan jika disuguhkan bacaan yang tidak sesuai dengan cerita yang sesuai dengan usianya. Dan terakhir, bagi penikmat novel yang menyukai genre action yang berbau romance, tidak mencolok sangat direkomendasikan.

Kekurangan
Tidak ada manusia yang sempurna. Pun tidak ada karya yang lahir tanpa salah setitikpun. Dari awal part saya sudah dijumpai berbagai bahasa asing yang tidak pernah saya tahu sebelumnya. Mungkin karena belum pernah belajar bahasa itu. Meskipun ada beberapa kalimat penerjemah setelahnya, semakin ke belakang tidak ada panduan. Bagi saya pribadi mungkin itu bisa dimaklumi, karena saya lebih cenderung fokus ke alur dari pada bahasa. Mungkin menurut sebagian orang ada yang merasa terganggu dengan kehadirannya. Disisi lain tidak ada panduan cara membacanya, jadi terkesan rentetan kalimat itu menjadi tidak ada manfaatnya ketika orang lain tidak bisa membaca. Selanjutnya, terkait ending cerita. Mungkin, penulis bermaksud memberika ruang bagi pembaca untuk melanjutkan sendiri bagian ceritanya, leluasa berimajinasi atas apa yang akan dilakukan Bujang selanjutnya. Namun, terkadang orang lain juga berpikir bahwa ending cerita ini kurang tuntas dan terkesan menggantung. Meskipun begitu secara keseluruhan cerita yang disajikan tersusun rapi dan apik.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, novel ini sangat bagus. Jika dibuat rating 1-5, maka akan diberi nilai 4 untuk novel ini. Genre lengkap, tema tidak biasa, bahasa yang sederhana namun indah, alur cerita penuh kejutan menjadi satu dan berpadu dengan baik dalam novel ini. Bagi penggemar novel dengan genre aksi, drama penuh strategi dan taktik, romansa manis yang tidak berlebihan, novel ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...