KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan
rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini yang
berjudul Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Siswa. Penulisan
proposal ini disusun sebagai salah satu tugas dari Bahasa Indonesia.
Penulis
menyadari bahwa didalam penyelesaian proposal ini masih terdapat banyak
kekurangan yang disebabkan oleh keterbatasan data dan kemampuan penulis yang
masih dalam tahap belajar. Untuk itu penulis sangat menghargai setiap saran dan
kritik untuk perbaikan dan pengembangan makalah ini.
Akhir
kata, penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna untuk siswa-siswi pada
khususnya dan pihak yang akan menggunakan penulisan proposal ini untuk berbagai
hal pada umumnya, dan sekaligus dapat bermanfaat untuk siswa-siswi.
Bengkulu
Tengah, 4 Maret 2019
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Masalah.........................................................................................................1
1.2
Rumusan Masalah..................................................................................................................2
1.3
Tujuan
Praktikum...................................................................................................................2
1.4
Manfaat
Penelitian..................................................................................................................2
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian
Teori............................................................................................................................3
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Secara
Umum.........................................................................................................................6
3.2 Secara
Khusus........................................................................................................................6
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Manfaat
dan Dampak dari Kemajuan
IPTEK........................................................................7
4.1.1 Dampak Positif Kemajuan
IPTEK...........................................................................8
4.1.2 Dampak Negatif Kemajuan
IPTEK.........................................................................9
4.1.3 Dampak Positif Kemajuan IPTEK bagi Pelajar.....................................................10
4.2 Cara
Memanfaatkan IPTEK dengan
Baik............................................................................13
BAB
V PENUTUP
5.1 Kesimpulan...........................................................................................................................14
5.2 Saran.....................................................................................................................................14
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Berdasarkan
fakta yang berkembang sekarang ini, sebagian banyak siswa lebih suka
menggunakan internet untuk memenuhi tugas mereka dari pada dengan menggunakan
buku sebagai sumber pemenuhnya. Hal ini disebabkan oleh bahwa internet
memberikan suatu fasilitas layanan yang murah dan mudah sehingga siswa tidak
perlu membaca hal-hal yang tidak ia butuhkan, hal ini bisa memberikan suatu
kenyamanan kepada siswa karena melihat kondisi siswa yang disibukan oleh banyak
tugas sekolah yang harus diselesaikan sehingga dengan adanya internet ini siswa
bisa mengerjakan tugas-tugas mereka dengan cepat tanpa harus membuang waktu
lama. Selain dari pada itu, bagi pihak sekolah dengan adanya internet ini maka
segala proses belajar mengajar antara siswa dengan guru bisa dilakukan dengan
mudah dan bisa melakukan perbandingan kualitas sekolah dengan sekolah lainnya.
Bahkan
tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang
didalamnya meliputi dari mulai dunia ekonomi, politik, pendidikan, dan
lain-lain. Khususnya didalam dunia pendidikan internet memberikan suatu akses
data yang dapat memudahkan proses belajar-mengajar. Sejumlah penelitian
membuktikan bahwa dalam penggunaan internet dalam pembelajaran menjadi suplemen
yang bermanfaat dan memiliki pengaruh positif terhadap penyelesaian tugas-tugas
siswa, serta kegiatan internet lebih holistic dibandingkan dengan media lainnya
seperti CD-Rom. Selain itu, penggunaan internet mendorong terjadinya kolaborasi
pembelajaran antara siswa atau kelas antara satu sekolah dengan sekolah lainnya
dengan menembus batas ruang dan waktu (Stepp-Greany, 2002; Graus, 1999; Choi
dan Nesi, 1999, Noni, 2004).
Melihat
uraian diatas, pada kesempatan ini penulis ingin menjabarkan tentang Pengaruh Teknologi
Internet Terhadap Prestasi Siswa , hal ini didasarkan dengan banyaknya
penggunaan internet dikalangan siswa.
1.2 Rumusan Masalah
Dari
latar belakang masalah diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Apa
manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap prestasi siswa ?
2. Bagaimana
permasalahan internet terhadap pendidikan ?
1.3 Tujuan Pennelitian
1. Adapun
tujuan dari penenitian ini adalah sebagai berikut :
2. Untuk
mengetahui manfaat dan dampak dari penggunaan internet terhadap prestasi siswa.
3. Untuk
mengetahui permasalahan internet terhadap dunia pendidikan.
1.4 Manfaat Penelitian
Secara Umum
Bagi
masyarakat : Agar
generasi muda dapat bermanfaat dalam masyarakat.
Bagi
pemerintah : Agar dapat
mencetak generasi meda yang panda, terampil sehigga dapat bekerja dan
mengurangi pengangguran.
Secara Khusus
Bagi
siswa
: Agar siswa sadar mengenai pentingnya belajar dan dapat memperoleh prestasi
maksimal.
Bagi
orang
tua :
Diharapkan orang tua ikut mengerti tentang waktu internet anaknya.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian Teori
Internet
Sebagai Media Belajar, Isa san Mu’adz (2007) dalam penelitiannya merinci proses
belajar melalui media internet adalah akses sumber yang mudah, download
informasi yang mudah dan murah, berinteraksi dengan sumber, berinteraksi dengan
orang lain tentang sumber, membuat analisis tentang sumber dan memiliki saran
atau respon tentang sumber.
Motif
adalah kekuatan yang dapat menggerakan dan mentransferkan energi tersebut oleh
dirinya sendiri oleh keadaan yang mendorong seseorang menuju ke arah keadaan
tertentu. Dalam kegiatan proses belajar akan berhasil dengan baik, apabila
siswa tekun mengerjakan tugas, ulet dalam memecahkan masalah dan hambatan oleh
dirinya sendiri. Seorang siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan
kuat dan peka terhadap berbagai permasalahan umum, dan memikirkan berbagai
pemecahannya.
Diantara
ciri orang yang termotivasi adalah orang yang cepat bosan dengan tugas-tugas
rutin dan tidak cepat puas dengan hasil yang telah didapatkan. (Sadirman,
2000). Sedangkan menurut Fradsen dalam Sadirman (2000) disebutkan bahwa hal
yang mendorong seseorang untuk belajar diantaranya adalah selalu ingin ahu dan
adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan di masa lalu dengan usaha yang
lebih keras.
Manfaat Internet
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa dapat dengan mudah
mencari segala informasi dan data yang mereka butuhkan.
1. Sebagai
lahan informasi yang sangat luas, mudah, dan murah.
2. Bersifat
interaktif
Dampak Negatif Internet
1. Dengan
terdapatnya gambar-gambar pornografi dan kekerasan di internet bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untu bertindak kriminal, tindakan ini
disebut Violence and Gore. Dengan adanya kekejaman dan kekerasan ini bisa
memotivasi pengguna terutama dikalangan siswa untuk berperilaku seperti yang
ada didalam gambar yang mereka lihat. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya
terjadi tawuran dikalangan siswa yang salah satunya adalah sebagai dari akibat
Violence and Gore.
2. Penipuan.
Hal ini merajalela dibidang manapun termasuk internet. Seorang siswa yang
memiliki pengetahuan yang minim akan mudah terpengaruh dengan iklan-iklan yang
terdapat didalam internet yang pada akhirnya akan merugikan mereka sendiri.
3. Ketergantungan.
Dengan adanya internet ini membuat siswa semakin malas untuk membaca buku yang
memiliki kelengkapan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan internet.
Hal ini mengakibatkan ketergantungan siswa didalam menggunakan internet.
Permasalahan Internet di Dunia
Pendidikan
Tidaklah
selamanya internet dapat diperoleh dengan mudah oleh setiap orang termasuk juga
di Dunia Pendidikan. Tidak semua intelektual dapat mengoperasikan internet
dengan baik, bahkan ada juga yang tidak bisa menggunakan internet sama sekali.
Oleh karena itu, dibawah ini merupakan hambatan yang terjadi:
1. Akses
Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia layanan internet, namun untuk
biaya akses Internet saat ini masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan
menjadi lebih murah dimasa yang akan datang. Diharapkan terjadi percepatan
penurunan harga akses internet yang menjadi perhatian pemerintah, misalnya
dengan memberikan subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.
2. Akses
Internet masih susah diperoleh. Mungkin untuk di kota-kota besar internet bisa
dengan mudah diakses, namun pada kenyataannya masih banyak dibeberapa daerah di
Indonesia yang masih berlum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk
menakses internet. Yang akibatnya, siswa atau pelajar yang berada di kota kecil
atau pelosok yang belum tersentuh internet akan ketinggalan informasi, hal ini
juga akan berakibat pada tidak meratanya pembangunan baik itu di bidang
pendidikan maupun yang lainnya antara kota atau daerah yang satu dengan kota
atau daerah yang lainnya.
Kesimpulanya
adalah Internet merupakan suatu teknologi baru yang bias menghubungkan berbagai
data dan informasi secara mendunia, yang dimana setiap orang bias dengan bebas
mengaksesnya. Internet dalam bidang pendidikan memberikan kontribusi yang besar
terhadap kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia. Dengan adanya internet
maka bias meningkatkan mutu kualitas bangsa, Khususnya pelajar, dengan adanya
internet ini maka akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi
siswa. Hal ini disebabkan oleh dengan adanya internet, maka dapat memudahkan
siswa baik itu mengerjakan tugas sekolahnya maupun untuk mencari berbagai
informasi dan pengetahuan yang ada didalam internet. Dengan demikian seorang
siswa yang sering membuka internet terutama membuka situs-situs pendidikan maka
akan membuat dirinya itu memiliki wawasan yang luas, dan tidak akan ketinggalan
dengan kemajuan zaman, yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan nilai
prestasi siswa tersebut. Namun selain dari manfaat, internet juga memiliki
dampak negatif bagi orang yang membukanya. Apakah internet itu memberikan
manfaat untuk kita atau dampak negatif bagi itu semua tergantung pada diri kita
sendiri. Apabila internet digunakan untuk meningkatkan prestasi kita, maka akan
memberikan banyak manfaat untuk kita. Namun apabila digunakan untuk sesuatu
yang negatif maka akan memberikan dampak yang negatif juga untuk diri kita.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Secara Umum
Bagi
masyarakat : Agar
generasi muda dapat bermanfaat dalam masyarakat.
Bagi pemerintah
: Agar dapat mencetak generasi meda yang panda, terampil sehigga dapat bekerja
dan mengurangi pengangguran.
3.2 Secara Khusus
Bagi
siswa
: Agar siswa sadar mengenai pentingnya belajar dan dapat memperoleh prestasi
maksimal.
Bagi
orang
tua :
Diharapkan orang tua ikut mengerti tentang waktu internet anaknya.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Manfaat
dan Dampak dari Kemajuan IPTEK
Kemajuan dunia IPTEK
yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban
umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik
cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin
otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia
dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
Begitupun dengan telah ditemukannya
formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser
posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia.
Ringkas kata, kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah
diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan
umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, IPTEK
sudah merupakan suatu religion. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari
permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator
yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK
diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas.
Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat
dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK
mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern
yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK
terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun IPTEK mampu mengungkap semua tabir
rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti IPTEK sinonim dengan kebenaran. Sebab
IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah
lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur
keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu IPTEK
tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah
kemanusiaan.
4.1.1
Dampak Positif Kemajuan IPTEK
Dampak positif yang dapat di
timbulkan oleh adanya kemajuan IPTEK secara umum adalah sebagai berikut :
1.
Bertambahnya pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis
peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu
membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan IPTEK,
peralatan elektronik seperti computer, internet, dan handphone (Hp) sudah
menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu
menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah
pengaruh positif perkembangan IPTEK di era globalisasi terhadap ilmu
pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.
2. Mempermudah
meluasnya berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat
penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggaln. terlebih
lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa
kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi.
Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, hal ini di
karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara
lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun sekarang kegiatan semacam
ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan
kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita.
3. Memberikan
berbagai kemudahan
Perkembangan IPTEK mampu membantu
manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan
perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga
berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian, yang dulunya membajak
sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan
mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa
memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.
Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu
aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2
Dampak Negatif Kemajuan IPTEK
Sedangkan dampak negatif adanya kemajuan IPTEK
secara umum adalah sebagai berikut :
1. Banyak
menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia di kenal sebagai Negara
yang kaya akan sumber daya alamnya, namun hingga akhir ini, Indonesia lebih di
kenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang entah sampai
kapan. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah Negara berkembang tersebut
berubah menjadi Negara maju. Salah satu contoh kecil yang lebih spesifik adalah
beberapa tahun yang lalu sekitar di bawah tahun 2004, kota pekanbaru yang
terletak di propinsi Riau, lebih di kenal sebagi kota “Seribu Hutan”, namun
dalam waktu yang relative singkat, istilah seribu hutan kini telah berubah
menjadi istilah yang lebih modern, yakni kota “Seribu Ruko” di mana dalam waktu
yang singkat, perkembangan pembangunan di kota ini amat sangat pesat. Mulaialah
berdiri berbagai kegiatan iasesi, Perhotelan, Mal, dan Gedung-gedung bertingkat
serta perumahan berdiri di mana-mana.akibatnya aktifitas tradisional lumpuh,
hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir,
tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana. Inilah dampak yang harus di
terima masyarakat kita hingga ke anak cucu.
2. Mempengaruhi
pola berpikir
Masyarakat Indonesia adalah
masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama
sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik.
Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola
berpikir anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang
tua. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran
yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.
3. Hilangnya
budaya Tradisional
Dengan berdirinya berbagai gedung
mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional
seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar
tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan
anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.
Selain hal-hal yang disebutkan di
atas, berikut adalah dampak IPTEK pada kehidupan generasi muda di bidang
pendidikan dan sosial yang cukup besar.
4.1.3
Dampak Positif Kemajuan IPTEK bagi Pelajar
A.
Dampak Kemajuan IPTEK pada Kehidupan Generasi Muda di Bidang Pendidikan
Perkembangan IPTEK telah memberikan
pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut
Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam
proses pembelajaran yaitu:
1)
dari pelatihan ke penampilan
2)
dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja
3)
dari kertas ke “on line” atau saluran
4)
fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
5)
dari waktu siklus ke waktu nyata
Komunikasi sebagai media pendidikan
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan
melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan
media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan
langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam
lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya
dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah
berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Berdasarkan beberapa hal yang telah
disebutkan diatas, dampak positif IPTEK dapat di ringkas sebagai berikut
:
1.
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu
pengetahuan.
2.
Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3.
Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Selain dampak positif tersebut, IPTEK
bagi dunia pendidikan juga mempunyai dampak negatif sebagai berikut :
1.
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven,
Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari
permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan
pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui
internet tersebut.
2.
Penyalah
gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang
berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu
komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan
lain-lain.
B.
Dampak Kemajuan IPTEK pada Kehidupan Generasi Muda di Bidang Sosial
Proses saling mempengaruhi adalah
gejala yang wajar dalam interaksi antar masyarakat. Melalui interaksi dengan
berbagai masyarakat lain, bangsa Indonesia ataupun kelompok-kelompok masyarakat
yang mendiami nusantara (sebelum Indonesia terbentuk) telah mengalami proses
dipengaruhi dan mempengaruhi. Dengan adanya teknologi proses tersebut dapat
berjalan lebih cepat dan mudah. Akan, tetapi hal itu juga akan menimbulkan
dampak positif dan negatif pada kehidupan generasi muda.
Dampak Positif pada generasi muda
yang timbul dari kemajuan IPTEK :
1.
Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa
kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik
dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku
ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data
yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang
ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa
peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang
memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri,
dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.
Meningkatnya rasa percaya diri
Kemajuan ekonomi di negara-negara
Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
3.
Tekanan
Kompetisi yang tajam di pelbagai
aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras.
Dampak negatif pada generasi
muda yang timbul dari kemajuan IPTEK :
1.
Kemerosotan
moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan
berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat
menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.
Kenakalan
dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya
kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan
tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan
penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama,
kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin
meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,
pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.
Pola
interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah
tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga.
Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja
untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung
internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki
komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain
melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya
sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)
anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
4.2 Cara Memanfaatkan IPTEK
yang Baik
Selain sejarah dan dampak yang dapat
di timbulkan oleh IPTEK, kita juga harus mengerti cara memanfaatkan IPTEK yang
baik agar tidak terjerumus ke dalam hal yang negatif. Berikut adalah cara-cara
memanfaatkan IPTEK yang baik :
1.
Gunakan
IPTEK untuk hal-hal yang positif dan tidak mengganggu kepentingan orang lain,
sehingga akan tercipta kehidupan yang sailng menghormati satu sama lain.
2.
Menggunakan
IPTEK seperlunya dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang kurang penting dan
membuang-buang waktu.
3.
Gunakan
teknologi yang anda kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents
dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia
nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter ,
atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang
hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang
mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
4.
Jika
anda ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas
positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan
istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan
mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali
memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Teknologi memiliki dampak yang
sangat besar terhadap kehidupan manusia, baik itu berupa dampak positif maupun
dampak negatif. Oleh karena itu diperlukan kebijaksanaan dalam menggunakan
teknologi. Adapun
dampak perkembangan teknologi di berbagai bidang kehidupan itu memiliki
pengaruh yang sangat besar, mencakup berbagai bidang kehidupan seperti bidang
informasi dan komunikasi, ekonomi, industri, sosial, budaya, pendidikan, dan
politik.
Teknologi bisa membawa manusia ke
jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia
mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang kedua bisa
membawa manusia ke dalam kesengsaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan
kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif) oleh karena itu
kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif,
tergantung ke arah mana kita menjalankannya.
5.2 Saran
1.
Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan di sekolah menjadi
hal mutlak mengingat kondisi permasalahan yang makin kompleks. Pendidikan
berbasis TIK hanya akan berhasil apabila dikelola dan ditangani dengan
terencana, sistematis, dan terintegrasi.
2.
Perencanaan
dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi kebijakan,
standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan kultur SDM
pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif dan
efisien.
3.
Penyelenggaraan
pendidikan berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh (e-Learning),
membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya, pemerintah, swasta serta
masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi pendidikan yang memadai.
DAFTAR PUSTAKA
Ali Syahbana, Iskandar. 1980. Teknologi
dan perkembangan. Jakarta : Yayasan Idayu Judul : Dampak
Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan
Sistem Pendidikan. Alamat:http://www.edukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=16Penulis
: Amiruddin, Judul : Potensi Teknologi dan Komunikasi:
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
http://lenijuwita.wordpress.com/2007/03/10/ Penulis
: Judul : Usaha Sia-sia Mengurangi Dampak Negatif Kemajuan
Teknologi.
http://www.nano.lipi.go.id
http://www.tekkomdik-sumbar.org/problematika_sptr_guru_24.htmlPenulis
: Kompas, , Senin 28 Mei 2007.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya