animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Ceramah Remaja Era Millenial


Ceramah Remaja Era Millenial

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillahirobbil alamin. Wassholatu wassalamu ala sayyidina Muhammad waala alihi wa shohbihi ajmain. Qola Rosulullahi shollallahu alaihi wasallam. “Syubbanul yaum rijalul ghad”, amma ba’du.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله رب العالمين والصلا ة والسلام على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين. قال رسول الله صل الله عليه وسلم ” شبان اليوم رجال الغد” اما بعد
Yang kami hormati para alim ulama, para kyai, para ustadz dan segenap tokoh masyarakat yang telah hadir memenuhi undangan ini.
Peratama-tama marilah kita ucapkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wataala yang telah menjadikan generasi muda sebagai penerus suatu bangsa tak terkecuali bangsa Indonesia tercinta.
Sholawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Agung Sayyidina Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, dimana Rosulullah sangat cinta pada ummatnya sehingga umat Muhammad menjadi manusia pendamai di dunia dan kelak di hari kiamat, mudah-mudahan kita dapat syafaatnya. Amin.
Para santri milenial yang dimuliakan Allah!
Tak dipungkiri lagi kalau generasi kita sekarang ini adalah generasi milenial. Artinya generasi yang di tangannya ada sebuah handphone pintar, di otaknya ada WA, Facebook, Instagram, twitter dan terakhir, ini yang paling fenomenal yaitu mobile legends.
Ini realita yang dilakukan remaja milenial sekarang. Mereka setiap kali duduk, setiap kali berteduh, setiap kali ngopi, setiap kali nyangkruk hanya dua yang dilakukan yaitu bermedia social dan bermain game.
Ini fakta lho, ini realita, ini bukan cerita dongeng belaka. Kalau kalian tidak percaya tanyakan pada diri kalian sendiri.
Para netizen yang dirahmati Allah.
Buk, Pak! generasi tua, bukan isu lagi kalau pemuda milenial sekarang setiap hari hanya disibukkan update status di facebook, sibuk dengan main game, dan yang tak kalah saing adalah sibuk berselfie di mana-mana. Mau berangkat ke sekolah selfie, mau makan selfie, mau minum selfie, mau mandi selfie, mau buang air besar pun selfie, bahkan ada kecelakaan dijalan bukanya menolong malah selfie, ya Allah, inilah fakta generasi milenial zaman sekarang.
Pak, Buk generasi old, Karenanya tidak salah kalau era milenial ini semuanya serba oline, mau makan online, mau bepergian oline, mau ngundang penceramah online. Semuanya tak lepas dari online, kalau perlu, mau nikah juga sebisa mungkin online, betul…….?!
Gus Dur dulu pernah ditanya oleh seseorang, “Gus, bagaimana hukumnya nikah lewat telpon”, waktu itu belum ada whatsapp seperti sekarang. Gus Dur menjawab, “ia gak apa-apa, tapi ketika mau jima’ juga harus lewat telpon lho” ha ha ha itu aja kok repot.
Para warganet yang dirahmati Allah
Ya, itulah gambaran prilaku generasi milenial zaman sekarang yang tak bisa lepas dari dunia maya. Kaitannya dengan anak muda sekarang ini Rosulullah pernah bersabda dalam salah satu haditsnya yang aritnya begini “ pemuda hari ini adalah penentu masa depan”. Karenanya bila pemuda hari ini kelakuannya bejat, maka tak menutup kemungkinan bangsa ini akan hancur. Nauzubillahi min zalik.
Anak perempuan hari ini adalah ibu dari generasi masa depan. Manakala generasi perempuan hari ini rusak maka akan banyak bayi-bayi lahir tanpa ayah alias anak zina. Akan banyak perempuan yang hanya jadi pelampiasan pemuas hawa nafsu lelaki hidung belang yang tak bertanggung jawab, nauzubillahi min zalik.
Coba sekarang kita cek sama-sama ya, di handphone kalian masing-masing, ketik di halaman pencarian google “data pemuda pecandu narkoba tahun 2018”. Bagaimana sudah dicek?. Di situ terdapat angka yang begitu menakutkan dimana 5,9 juta anak Indonesia jadi pecandu narkoba.
Sekarang mari cek lagi, ketik “data keperawanan anak 2018”, berapa yang muncul? Ya Allah, ternyata 62,7 persen remaja tidak perawan lagi.
Mari cek lagi, ketik, “data anak yang lahir di luar nikah 2018”. Berapa yang muncul? Tertera disitu 24,9 persen. Maksudnya, dari 1000 kelahiran, sebanyak 24,9 persen di antaranya hasil hubungan di luar nikah. Ya itulah fakta yang terjadi hari ini.
Para hadirin yang dirahmati Allah
Terus bagaimana nasib bangsa Indonesia ke depan kalau pemudanya sudah seperti ini. Pening rasanya memikirkan persoalan yang tak berkesudahan itu. Apa yang kita bisa harapkan dari pemuda hari ini.
Karenanya marilah kita sesema anak muda, sesama generasi milenial untuk saling mengingatkan, saling menjaga, jangan sampai generasi kita menjadi sebab kehancuran bangsa kita Indonesia tercinta.
Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua. Apa bila ada kesalahan dalam tutur maupun sikap, saya sebagai manusia milenial biasa minta maaf yang sebesar-besarnya!
Akhir kata
اهدنالصراط المستقيم، والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...