animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Budaya Non Benda Provinsi Kalimatan Timurrr


BUDAYA NON BENDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
1.             Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan Belian Bawo. Wadian adalah upacara pengobatan pada suku Dayak Bawo, Dusun, Maanyan, Lawangan, Benuaq dan Bukit. Wadian adalah salah satu upacara adat suku Dayak (Dusun, Maanyan, Lawangan, Bawo) yang menganut Kaharingan diantaranya dalam rangka pengobatan terhadap orang sakit.
2.             Seni Pertunjukan Hudoq. Hudoq adalah sejenis festival yang berupa tarian ungkapan syukur yang digelar oleh sub-etnis Dayak di provinsi Kalimantan Timur. Hudoq adalah kesenian tarian yang menggunakan topeng dan kostum, oleh sebab itu Hudoq termasuk golongan kesenian barongan.
3.             Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan Upacara Adat Kwangkay. Kwangkey atau Kuangkay adalah salah satu upacara adat yang dilakukan oleh suku Dayak Benuaq yang tinggal di pedalaman Kalimantan Timur. ... Tujuan utama dari upacara Kwangkay adalah untuk menghormati dan memuliakan roh para leluhur yang sudah meninggal.
4.             Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan Lom Plai. Lom Plai adalah sebuah pesta adat pasca panen untuk bersyukur atas panenan mereka yang berlimpah dalam satu tahun. Dengan upacara adat ini, diharapkan seluruh warga suku Dayak Wehea akan memperoleh keselamatan sepanjang satu tahun ke depan, dan hasil panen tahun depan juga akan berlimpah seperti tahun sebelumnya.
5.             Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-perayaan Erau Kartanegara. Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...