animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Skenario Job Interview


SKENARIO JOB INTERVIEW

            Suatu hari Anggi Kusumah sedang mencari lowongan kerja, karena pekerjaannya di perusahaan yang lama sudah mulai bangkrut. Ia bingung mau kerja apa yang paling bagus untuk tamatan S1 Agribisnis. Kemudian Anggi Kusumah mencoba melamar di sebuah Bank.
            Dengan hati-hati Anggi Kusumah mempersiapkan apa saja yang harus di persiapkan saat interview nanti.

HRD (Erma Hanita) :
“Selamat pagi Bapak Anggi Kusumah. Bagaimana kabar Anda hari ini?”

Pelamar kerja (Anggi Kusumah) :
“Selamat pagi Bu. Alhamdulillah hari ini saya merasa luar biasa semangat.”

HRD (Erma Hanita) :
“Tolong ceritakan sedikit tentang Anda?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya adalah lulusan sarjana S1 jurusan Agribisnis dari salah satu universitas terkemuka di propinsi ini. Saya suka mempelajari hal-hal baru, membaca buku, dan bertemu dengan orang-orang baru. Saya merupakan orang yang memiliki manajemen waktu yang baik dan professional. Saya juga mampu bekerja dalam tekanan baik individual maupun dalam kelompok. Motto hidup saya adalah Perjuangan yang Keras Akan Menggiring Kita Menuju Kesuksesan.”

HRD (Erma Hanita) :
“Anda memiliki motto yang bagus, lalu mengapa Anda tertarik untuk bekerja bersama kami?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya ingin mengembangkan karier saya di perusahaan ini. Saya juga ingin memberikan kontribusi yang baik demi kesuksesan perusahaan ini karena saya memiliki pandangan yang sama dengan moto perusahaan ini, yaitu Nasabah Adalah Raja karena sesungguhnya semua konsumen haruslah diperlakukan dengan baik.”

HRD (Erma Hanita) : 
“Mengapa Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan Anda sebelumnya bukankah jabatan Anda sebelumnya sudah nyaman?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya ingin mencoba mencari tantangan baru di dunia yang baru bagi saya. Saya masih sangat muda untuk hanya berdiam diri di tempat yang sama setelah 3 tahun. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencari pengalaman baru dengan bergabung di perusahaan ini.”

HRD (Erma Hanita) :
“Apa pendapat Anda mengenai Bos Anda yang lalu?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Bapak Sumurung Syarif Rikardo adalah seorang yang memiliki kepribadian yang baik. Dia sangat ramah tetapi juga tegas. Saya kagum dengan dirinya dan berkat beliau saya bisa menjadi seperti saat ini. Sampai sekarang saya masih memiliki hubungan yang baik dengan beliau.”

HRD (Erma Hanita) :
“Apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya adalah orang yang membutuhkan waktu yang lama untuk mengingat sesuatu. Namun, saya adalah orang yang tekun dan rajin, sehingga saya bisa mengingat hal tersebut dengan cara membiasakan diri melakukannya sehingga menjadi terbiasa dan hafal daripada menghafal. Saya juga orang yang mudah bergaul, tetapi saya mengetahui batasan-batasan tertentu dalam pergaulan.”

HRD (Erma Hanita) :
“Apa yang Anda maksud batasan dalam pergaulan?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Batasan tersebut adalah hal yang membatasi sejauh mana saya harus masuk ke dalam dunia orang tersebut.”

HRD (Erma Hanita) :
“Selain komputer dan dapat berbicara bahasa Inggris, kemampuan apa lagi yang Anda punya?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya bisa menyanyi dan memainkan alat musik. Bahkan saya pernah memenangkan lomba solo song yang diadakan oleh kampus ketika saya masih berstatus sebagai mahasiswa.

HRD (Erma Hanita) :
“Pengalaman apa yang Anda punya dalam bidang yang Anda inginkan ini?”

Pelamar Kerja (Anggi Kusumah) :
“Sejujurnya saya belum pernah bekerja di perbankan manapun, tetapi pengalaman saya sebagai akuntan yang selalu berurusan dengan hitung menghitung cocok untuk posisi itu.”

HRD (Erma Hanita) :
“Apa yang Anda ketahui tentang Bank?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Bank adalah sebuah perusahan simpan pinjam uang yang membantu para nasabahnya untuk bisa menyimpan tabungan mereka dengan sangat aman, nyaman, dan mudah.” 

HRD (Erma Hanita) :
“Lalu, apa yang Anda ketahui tentang Bank Masyarakat Indonesia ini?”



Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Bank ini adalah Bank yang memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk melayani konsumen mereka sejak berdiri pada tahun 1978. Bank ini juga sangat besar dan memiliki banyak kantor cabang di seluruh Indonesia.”

HRD (Erma Hanita) :
“Saya ingin mengetahui pengetahuan Anda tentang perbankan. Apa saja produk perbankan yang Anda ketahui?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya mengetahui tentang simpan pinjam, kredit usaha rakyat, deposito, giro, kartu kredit, dan ATM.”

HRD (Erma Hanita) :
“Bagaimanakah tugas-tugas teller dan customer service?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Teller membantu nasabahnya yang ingin menyimpan uang mereka. Tak hanya itu, mereka juga yang membantu dalam proses transaksi seperti pembayaran, dan transfer uang. Sementara, customer service, membantu dan melayani calon nasabah yang ingin membuka rekening atau membuat ATM dengan cara memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada calon nasabah.”

HRD (Erma Hanita) : 
“Jika Anda mendapatkan kesempatan bekerja di sini, bagaimana cara Anda melayani nasabah atau calon nasabah yang rewel?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Saya akan tetap memperlakukan mereka sebagai konsumen dengan cara melayani mereka dengan sangat ramah dan memberikan penjelasan-penjelasan yang sangat detail agar mereka mengerti.”

HRD (Erma Hanita) :
“Apakah Anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan?”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Untuk saat ini saya rasa saya belum memiliki pertanyaan, tetapi mungkin saya akan menghubungi Ibu kembali jika ada pertanyaan yang ingin saya ketahui.

HRD (Erma Hanita) :
“Baiklah Bapak Anggi Kusumah, Saya akan mempertimbangkannya lebih lanjut dan saya akan menghubungi Anda lagi. Sepertinya cukup sampai di sini. Semoga kita bisa bertemu lagi secepatnya.”

Pelamar kerja (Anggi kusumah) :
“Terimakasih Bu atas kesempatan yang telah diberikan, saya harap Anda bisa mempertimbangkannya.”

            Setelah keluar dari ruangan interview hati Anggi Kusumah sangat lega. Ia berharap semoga lamaran kerjanya diterima.
GROUP NAME: ANGGI KUSUMAH (E1D017102)
      ERMA HANITA (E1D017039)

JOB INTERVIEW SCENARIO

One day Anggi Kusumah was looking for a job, because his job at an old company had begun to go bankrupt. He is confused about what work is best for graduates of Agribusiness S1. Then Anggi Kusumah tried to apply at a bank.
Anggi Kusumah carefully prepared whatever he had to prepare for the interview later.

HRD (Erma Hanita):
"Good morning, Mr. Anggi Kusumah. How are you today?"

Job applicants (Anggi Kusumah):
"Good morning, Miss. Alhamdulillah, today I feel extraordinary enthusiasm.

HRD (Erma Hanita):
"Can you tell us a little about you?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I am an undergraduate graduate majoring in Agribusiness from one of the leading universities in the province. I like to learn new things, read books, and meet new people. I am a person who has a good and professional time management. I am also able to work under pressure both individually and in groups. My life motto is A Hard Struggle That Will Lead Us to Success. "

HRD (Erma Hanita):
"You have a good motto, so why are you interested in working with us?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I want to develop my career in this company. I also want to make a good contribution to the success of this company because I have the same view as the company's motto, which is the Customer is the King because actually all consumers must be treated well. "

HRD (Erma Hanita):
"Why did you decide to quit your previous job isn't your previous position comfortable?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I want to try to find new challenges in a new world for me. I am still very young to just stay in the same place after 3 years. Therefore, I decided to look for new experiences by joining this company. "

HRD (Erma Hanita):
"What do you think of your past boss?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"Mr. Sumurung Syarif Rikardo is a person who has a good personality. He is very friendly but also strict. I was amazed by him and thanks to him I was able to be like now. Until now I still have a good relationship with him. "

HRD (Erma Hanita):
"What are your strengths and weaknesses?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I am a person who needs a long time to remember something. However, I am a diligent and diligent person, so I can remember this by getting used to doing it so that I become accustomed and memorized rather than memorizing. I am also a sociable person, but I know certain limitations in relationships. "

HRD (Erma Hanita):
"What do you mean by limitation in association?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"These limits are things that limit the extent to which I must enter into the world of that person."

HRD (Erma Hanita):
"Besides computers and being able to speak English, what other abilities do you have?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I can sing and play an instrument. In fact, I once won a solo song competition held by the campus when I was a student.

HRD (Erma Hanita):
"What experience do you have in your desired field?"

Job Applicants (Anggi Kusumah):
"To be honest I have never worked in any banking, but my experience as an accountant who always deals with counting is suitable for that position."

HRD (Erma Hanita):
"What do you know about banks?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"Banks are a savings and loan company that helps their customers to save their savings very safely, comfortably, and easily."

HRD (Erma Hanita):
"Then, what do you know about the Indonesian Community Bank?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"This bank is a bank that has a very high commitment to serve their customers since it was founded in 1978. This bank is also very large and has many branch offices throughout Indonesia."

HRD (Erma Hanita):
"I want to know your knowledge about banking. What banking products do you know? "



Job applicants (Anggi kusumah):
"I know about savings and loans, people's business credit, deposits, current accounts, credit cards and ATMs."

HRD (Erma Hanita):
"What are the tasks of tellers and customer service?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"Tellers help their customers who want to save their money. Not only that, they also help in the transaction process such as payments and money transfers. Meanwhile, customer service, helps and serves prospective customers who want to open an account or make an ATM by providing information as clearly as possible to prospective customers. "

HRD (Erma Hanita):
"If you get the chance to work here, how do you serve fussy customers or potential customers?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"I will continue to treat them as consumers by serving them very friendly and giving very detailed explanations so that they understand."

HRD (Erma Hanita):
"Do you have a question that you want to ask?"

Job applicants (Anggi kusumah):
"For the time being, I don't think I have any questions, but maybe I will call you back if I have questions that I want to know.”

HRD (Erma Hanita):
"Well, Mr. Anggi Kusumah, I will consider it further and I will contact you again. It seems like it's up to here. Hopefully we can meet again soon. "

Job applicants (Anggi kusumah):
"Thank you, Miss, for the opportunity you have given, I hope you can consider it."

After leaving the interview room Anggi Kusumah's heart was very relieved. He hopes that his job application will be accepted.


1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...