animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Junk Food dan Fast Food


FAST FOOD DAN JUNK FOOD

Asal kata fast food yang berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari 2 kata yaitu fast: cepat, dan food: makanan. Jika digabungkan artinya makanan cepat atau makanan cepat saji. makanan siap saji merupakan istilah untuk makanan yang di siapkan/disajikan dengan cepat dan siap disantap.sebenarnya fast food bukan dikategorikan makanan, tetapi merupakan teknik penyajian makan. Sedangkan junk food, juga terdiri dari 2 kata yaitu junk: sampah, food: makanan. Jadi arti junk food adalah makanan sampah.keduanya memang memiliki kesamaan dalam penyajiannya dan juga penampilan makanannya, yang berbeda adalah kandungan yang terdapat di masing-masing makanan tersebut. Biasanya makanan ini banyak dijual di restoran-restoran cepat saji atau tokoh yang dengan persiapan yang berkualitas rendah, kita juga dapat memasak sendiri di rumah, jenis makanan-makanan seperti ini juga bisa kita temui di kios-kios yang mungkin tidak memiliki tempat duduk.
fast food dan junk food sekarang ini menjadi tren makanan di kalangan konsumen, karena selain penyajiannya cepat dan mudah, makanan-makanan ini juga sangat enak walaupun harganya relatif mahal. Lihat saja, anak muda di perkotaan sekarang ini jika nongkrong atau ngerjain tugas makanannya burger, kentang goreng, spageti, hotdog, pizza atau donat. Tanpa kita sadari, fast food dan junk food memiliki dampak negatif bagi kesehatan misalnya, bertambahnya kadar lemak dalam tubuh yang dapat menyebabkan obesitas dan kegemukan. Beberapa fast food atau junk food mengandung banyak gula terutama gula buatan, yang sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit diabetes. Ada letak perbedaan antara fast food and junk food, jika junk food sudah pasti fast food. Akan tetapi tidak semua fast food dikategorikan junk food, jadi makanan cepat saji tersebut masih ada yang memiliki gizi yang terkandung didalamnya. Memang fast food adalah makanan yang bahan-bahannya bergizi tinggi akan tetapi proses pengolahannya dan cara penyajiannya yang membuat makanan tersebut kehilangan nilai gizi. Hal itu pula yang merubahnya sebagai junk food.
Pada umumnya, makanan cepat saji (fast food) atau junk food didalamnya mengandung kalori, garam dan lemak termasuk kolestrol dalam jumlah yang besar. Selain itu juga menu ala barat umumnya mengandung sedikit serat (dietary fiber) dibandingkan dengan makanan di rumah tangga, kalori merupakan satuan ukuran untuk energi yang didapat tubuh dari makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak. Oleh karena itu menu makanan fast food and junk food mengandung kalori yang lebih tinggi dibanding dengan makanan rumahan dan juga tidak mengandung beberapa unsur-unsur yang diperlukan tubuh seperti serat, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda, diantaranya dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas seseorang. Kekurangan kalori merupakan salah satu penyebab menurunnya produktivitas kerja, pun sebaliknya kelebihan kalori akan menyebabkan kegemukan atau menambah berat badan. Banayk sekali penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi lemak akan menyebabkan peningkatan kolestrol dalam darah dan juga merupakan salah satu faktor resiko pemicu penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Dalam hidupnya seseorang juga membutuhkan asupan garam dari makanan untuk mengganti sejumlah zat gizi yang dikeluarkan tubuh sehari-hari. Pada orang tertentu diet tinggi garam mempunyai resiko terjadinya penyakit daranh tinggi.

Jenis-Jenis Fast Food And Junk Food
1. Kentang goreng
Kentang goreng merupakan salah satu makanan ringan sejak ratusan tahun yang yang lalu. Tetapi makanan yang satu ini dianggap buruk jika terlalu sering dikonsumsi, karena apapun makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur, akan berdampak buruk bagi kesehatan.kentang goreng juga cenderung mengandung bahan kimia penyebab kanker yang disebut dengan akrilamida (senyawa organik sederhana dengan rumus kimia C3H5NO yang berpotensi bahaya bagi kesehatan).

2. Hot Dog
Makanan satu ini juga salah satu makanan yang tidak menyehatkan untuk tubuh. Hot dog secara langsung berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung,kanker dan diabetes. Masalahnya bukan pada dagingnya melainkan tingginya garam dan pengawet yang digunakan.

3. Donat
Didalam donat tidak terdapat nutrisi sama sekali yang pasti akan membuat pengkonsumsinya akan terus merasa lapar. Donat memiliki banyak varian rasa dan mengandung banyak gula hal ini lah yang tidak baik bagi kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan.

4. Es Krim
Es krim salah satu makanan yang sangat disukai orang-orang baik dewasa maupun anak-anak. Es krim memang sangat nikmat jika dikonsumsi ketika cuaca panas. Tapi di dalam es krim mengandung banyak kalori dan gula yang tidak kalah banyaknya dari sebotol minuman soda.Es krim sangat berbahaya jika dicampurkan dengan susu dan dijadikan milshake, karena bila dijadikan milshake maka anda telah mengkonsumsi sekitar 1.000 kalori

5. Burger
Burger adalah salah satu makanan cepat saji dengan nilai gizi yang sangat sedkit dan sangat buruk bagi kesehatan jika sering mengkonsumsinya. Burger yang tersedia di restoran cepat saji pun telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

6. Pizza
Pizza mengandung 600 kalori per slice-nya, karena pizza mengandung lemak jenuh, sodium dan karbohidrat yang tinggi.

Ada juga makanan cepat saji asli dari Indonesia diantaranya adalah :
1) Gorengan
Makanan ini hampir ada di sepanjang jalan indonesia dijual. Bahkan mungkin dipedalaman juga menjual yang namanya gorengan ini. Makanan ini banyakn sekali macamnya seperti, pempek, goreng pisang, tempe, pisang molen, bala-bala(bakwan), gehu dll.

2) Ketoprak
Makanan ini merupakan makanan tradisional yang cukup simple. Hanya terdiri dari beberapa sayur sayuran + bihun + lontong + kacang + tahu + kerupuk.

3) Gado-Gado
Makanan ini sama dengan ketoprak hanya saja gado-gado ini lebih sehat.



4) Nasi Goreng
Nasi goreng adalah sebuah makanan yang berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin. Biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, telur, ayam, dan bumbu-bumbu lainnya.

5) Roti Bakar
Makanan ini merupakan roti yang dibakar agar garing. Roti bakar biasanya dimakan sebagai sarapan dan sering dihidangkan bersama mentega,keju, marmalad, cokelat dll.

Dampak Negatif Fast Food Dan Junk Food
1.        Meningkatkan risiko serangan jantung kandungan kolestrol yang tinggi pada makanan fast food dan junk food dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah hal ini akan membuat aliran darah tidak lancar yang dapat menakibatkan serangan jantung koroner.
2.        Membuat anda ketagihan makanan fast food dan junk food memang sangat enak sehingga dapat membuat anda ketagihan, tetapi bukan hanya itu fast food dan junk food mengandung zat aditif yang dapat membuat anda ketagihan dan merangsang anda untuk ingin terus memakannya.
3.        Meningkatkan berat badan jika anda mengkonsumsi fast food atau junk food dan jarang berolahraga, maka dalam beberapa minggu anda akan mengalami peningkatan berat badan yang tidak sehat.
4.        Meningkatkan risiko kankerkandunganlemak yang tinggi dapat meningkatkan resiko kanker,terutama kanker payudara dan usus besar.
5.        Diabetes kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi dapat memicu terjadinya resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes.

Untuk membuat makanan lebih awet atau untuk menambah cita rasa makanannya, sering menggunakan zat aditif. Penambahan zat aditif non alami dirasa para produsen lebih efisien, cepat dan murah dibanding yang alami. Sehinnga dimasa sekarang sudah jarang jarang ditemukan makanan yang 100% alami tanpa zat pengawet.
Junk food atau fast food jika dikonsumsi seminimal mungkin tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan sebaliknya jika di konsumsi berlebihan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti, kanker, serangan jantung, obesitas dan diabetes karena didalam fast food atau junk food mengandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.
Bukan hanya penyakit yang dapat ditimbulkan tetapi juga gangguan pernafas yang dapat menyebabkan kita lambat berfikir ataupun bertindak. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi yang baik buat tubuh agar sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...