animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 04 April 2020

Proposal Usaha Makanan


Nama Perusahaan: PT Singkong Jaya

Visi: Menjadikan singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di kalangan masyarakat

Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia

Latar Belakang
Konsumen singkong 'sepi peminat' (Menteri LH, 2014). Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa singkong sangat baik dijadikan sebagaimakanan pokok pengganti beras. Banyak petani singkong yang belum maksimal memasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)

Survey Pasar
Analisis calon pembeli: Kedai Cassava Castle dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai kedai bagi keluarga
Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.

Peluang Bisnis
Peluang Produk Cassava Castle: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi Kedai Cassava Castle: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung cinta kuliner yang unik.
Tren masyarakat hari ini:
1.        Berfoto diri 'Selfie'
2.        Tren untuk mengunggah foto di media sosial
3.        Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
4.        Tren untuk menginformasikan 'lokasi saat ini' di media sosial

Perubahan Gaya hidup
1.        Masyarakat cenderung makan di luar rumah
2.        Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
3.        Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat

Rumusan Masalah
1.        Mencari sumber lahanproduksi singkong
2.        Distribusi bahan bakuke tempat pembuatanCassavagar danCassavalt
3.        Sistem produksi bahanbaku singkong padalahan mandiri
4.        Lokasi kedai di tengahkota sehingga jarakdistribusi bahan bakudari lahan produksiterbilang jauh

Solusi Permasalahan
1.        Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi bahan baku singkong
2.        Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
3.        Menyiapkan distributor yang optimal

Deskripsi Bisnis
Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Cassava dibuat bermacam-macam.
Cita rasa manis diwakilkan oleh Cassavagar (Cassava-sugar) Yaitu singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Cassavalt (Cassava-Salt), yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.

Produk
Cassavagar: Vanilla, Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju
Cassavasalt: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang, Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto

Keunikan Cassava Castle
Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja. Tujuannya: mengurangi waktu menunggu hanya dihabiskan dengan gadget. Permainan-permainan di atas dapat menjalin silaturahmi antarpembeli dalam satu meja.
Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping-topping/ pilihan-pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih Cassavalt (asin) atau Cassagar (manis). Visualisasinya seperti pada tempat jual kue di kios-kios pada umumnya.
Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa 'all cassava', cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon singkong, pintu masuk dihias dengan desain arsitek interior dan bernuansa coklat-hijau sesuai dengan cassava.
Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke kedai, mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan fotocopy KTP.

Kesimpulan
1.        Bisnis makanan dari bahan baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
2.        Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat
3.        Cassava castle dapat menjawab julukan 'Harga kaki lima, fasilitas bintang lima' melalui rancangan produksi produk dan desain kedai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...