Nama
Perusahaan: PT Singkong Jaya
Visi:
Menjadikan singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di
kalangan masyarakat
Tujuan
utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar
singkong kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu
para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia
Latar
Belakang
Konsumen
singkong 'sepi peminat' (Menteri LH, 2014). Banyak masyarakat tidak mengetahui
bahwa singkong sangat baik dijadikan sebagaimakanan pokok pengganti beras. Banyak
petani singkong yang belum maksimal memasarkan singkong hasil panennya
(Kompasiana,2013)
Survey
Pasar
Analisis
calon pembeli: Kedai Cassava Castle dibuat dengan segmentasi seluruh
lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok
sebagai kedai bagi keluarga
Kebutuhan
masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat
(makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat
disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain
itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai
dessert.
Peluang
Bisnis
Peluang
Produk Cassava Castle: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk
yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi
Kedai Cassava Castle: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung
cinta kuliner yang unik.
Tren
masyarakat hari ini:
1.
Berfoto diri 'Selfie'
2.
Tren untuk mengunggah foto di media
sosial
3.
Tren untuk menginformasikan aktivitas
pribadi di media sosial
4.
Tren untuk menginformasikan 'lokasi saat
ini' di media sosial
Perubahan
Gaya hidup
1.
Masyarakat cenderung makan di luar rumah
2.
Masyarakat cenderung mencari hal
praktis/cepat saji
3.
Masyarakat semakin memerhatikan gizi
setiap makanan:pola hidup sehat
Rumusan Masalah
1.
Mencari sumber lahanproduksi singkong
2.
Distribusi bahan bakuke tempat
pembuatanCassavagar danCassavalt
3.
Sistem produksi bahanbaku singkong
padalahan mandiri
4.
Lokasi kedai di tengahkota sehingga
jarakdistribusi bahan bakudari lahan produksiterbilang jauh
Solusi Permasalahan
1.
Bekerja sama dengan petani singkong untuk
produksi bahan baku singkong
2.
Pengembangan dilakukan dengan menambah
lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan
pekerjaan)
3.
Menyiapkan distributor yang optimal
Deskripsi
Bisnis
Cassava
castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti
istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang
bermacam-macam. Produk Cassava dibuat bermacam-macam.
Cita
rasa manis diwakilkan oleh Cassavagar (Cassava-sugar) Yaitu singkong yang
diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro,
dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Cassavalt (Cassava-Salt),
yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti
bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan
adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat,
seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Cassavagar: Vanilla,
Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa
buah, Es krim, Yogurt, Keju
Cassavasalt: Saus
padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang,
Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto
Keunikan
Cassava Castle
Menunggu
hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya
masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja.
Tujuannya: mengurangi waktu menunggu hanya dihabiskan dengan gadget. Permainan-permainan
di atas dapat menjalin silaturahmi antarpembeli dalam satu meja.
Sistem
penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping-topping/
pilihan-pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih Cassavalt (asin) atau
Cassagar (manis). Visualisasinya seperti pada tempat jual kue di kios-kios pada
umumnya.
Desain
Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa 'all cassava', cat tembok dihiasi dengan
gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon
singkong, pintu masuk dihias dengan desain arsitek interior dan bernuansa
coklat-hijau sesuai dengan cassava.
Jasa
Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke kedai, mendapat
hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan
fotocopy KTP.
Kesimpulan
1.
Bisnis makanan dari bahan baku singkong
diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
2.
Masyarakat semakin termotivasi untuk
mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat
3.
Cassava castle dapat menjawab julukan
'Harga kaki lima, fasilitas bintang lima' melalui rancangan produksi produk dan
desain kedai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya