PENGARUH PERTEMANAN
TERHADAP PRESTASI BELAJAR
DIKALANGAN PELAJAR
KARYA
TULIS ILMIAH
Diajukan
Sebagai Salah Syarat Menyelesaikan Tugas Akhir Semester
Tahun
Ajaran 2015-2016
Disusun Oleh
Nama : Karnadi
Kelas : XI IPA 1
Guru
Pembimbing : Lika Citra Dewi, S.Pd
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan
Bengkulu Tengah
SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah
Tahun Ajaran 2015/2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Pertemanan terhadap Prestasi
Belajar dikalangan Pelajar” ini dengan sebaik-baiknya.
Karya ilmiah ini berisi pembahasan
dan solusi mengenai pengaruh pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar.
Tak lupa kami mengucapkan terima
kasih kepada Ibu Puji Lestari selaku guru bahasa Indonesia yang telah
membimbing kami dalam menyelesaikan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan
terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberi kontribusi baik langsung
maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah.
Kami berharap dengan pembuatan
karya ilmiah ini, dapat memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman bagi
penulis. Selain itu, kami berharap karya ilmiah ini dapat memberi manfaat bagi
para pembaca pada khususnya serta dunia pengetahuan pada umumnya.
Kami selaku penulis menyadari bahwa
karya ilmiah kami belum sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan
saran yang membangun, sehingga dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik.
Kami menyadari dalam membuat karya
ilmiah ini, tak lepas dari kesalahan. Maka dari itu kami mohon maaf yang
setulus-tulusnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Taba Penanjung, 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
...................................................................... 1
B.
Identifikasi Masalah
............................................................................ 1
C. Batasan
Masalah
..................................................................................
2
D. Rumusan
Masalah
................................................................................
2
E. Tujuan
Penelitian .................................................................................
2
F.
Manfaat
............................................................................................... 2
BAB II KAJIAN TEORI
A.
Pengertian Pertemanan dan Prestasi ....................................................
3
B. Teori
dan Fungsi
Pertemanan............................................................... 3
C. Faktor
Negatif Pertemanan yang berdampak pada Prestasi ................
D. Faktor
Positif Pertemanan yang berdampak pada Prestasi ..................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat
dan Waktu Penelitian
.............................................................
B. Subjek
Penelitian .................................................................................
C. Objek
Penelitian
..................................................................................
D. Teknik
Pengumpulan Data
..................................................................
E. Teknik
Analisis Data ...........................................................................
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan
..........................................................................................
B.
Saran.....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
.....................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Setiap orang tentunya membutuhkan
orang lain untuk saling berinteraksi, salah satunya adalah teman. Kehadiran
teman sangat berharga untuk kehidupan
setiap orang. Seperti : membantu dalam menghadapi masalah, menemani melakukan
aktivitas, dll. Tak terkecuali bagi pelajar. Pelajar tentunya lebih membutuhkan
teman dalam berbagai hal, seperti dalam hal pendidikan, komunikasi, rekreasi,
dll.
Dalam suatu hubungan pasti akan
memberikan pengaruh yang berbeda-beda, baik itu berdampak positif ataupun
negatif, banyak hal yang mempengaruhinya. Sama seperti hubungan pertemanan
dikalangan pelajar, salah satunya dalam hal prestasi belajar.
Pada makalah ini, penulis akan
membahas mengenai pengaruh pertemanan pada prestasi belajar dikalangan pelajar.
Karena seperti yang sudah disampaikan di atas. Banyak hal yang mempengaruhi dampak
pertemanan bagi prestasi belajar, ada yang mengarah ke positif ataupun negatif.
Sehingga diperlukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak yang negatif.
Untuk itu, penulis ingin mengetahui
apa saja pengaruh pertemanan dalam prestasi belajar dan apa upaya yang harus
dilakukan untuk mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar
dikalangan pelajar.
B.
Identifikasi
Masalah
Dari latarbelakang di atas, penulis
dapat mengidentifikasikan beberapa masalah yang meliputi :
1. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi
dampak pertemanan dikalangan pelajar.
2. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dalam
suatu pertemanan dikalangan pelajar.
3. Solusi
untuk mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar.
C. Batasan
Masalah
Dari identifikasi masalah tersebut,
penulis hanya akan membahas pengaruh pertemanan terhadap prestasi belajar
dikalangan pelajar dan solusi untuk mengatasi dampak negatif pertemanan
terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar.
D. Rumusan
Masalah
1. Apa saja pengaruh
pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar?
2. Bagaimana solusi untuk
mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar?
E. Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui apa saja pengaruh
pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar dan solusi untuk
mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar .
F. Manfaat
Agar pelajar dapat mengetahui
berbagai pengaruh pertemanan dikalangan pelajar dan upaya untuk mengatasi
pertemanan yang berdampak negatif terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar.
BAB II
KAJIAN
ATAU PERCOBAAN
A. Tempat
dan Waktu Penelitian
1. Tempat
penelitian
Setting penelitian di masyarakat
2. Waktu
penelitian
17 Februari – 3 Maret 2016
B. Subjek
Penelitian
Subjek penelitian ini adalah pelajar
dikalangan masyarakat.
Objek penelitian ini adalah pengaruh
pertemanan dalam prestasi belajar dikalangan pelajar
C. Teknik
Pengumpulan Data
Dari beberapa teknik pengumpulan data, kami
menggunakan teknik wawancara.
D. Teknik Analisis Data
Analisis data yang kami lakukan menggunakan
deskripsi kualitatif.
BAB
III
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Pertemanan dan Prestasi
Menurut Rubin (2004:236-256)
persahabatan adalah multidimensi dalam sifat dan melayani manusia dalam
berbagai cara ( seperti kesenangan , harapan, ketakutan, menyediakan afeksi,
dukungan ,dan keamanan emosi ).
Definisi lain mengenai persahabatan
dikemukakan oleh Argyle dan Henderson dalam Kartono ( 1996 : 56 ) menurut
mereka persahabatan meliputi orang-orang yang saling menyukai , menyenangi
kehadiran satu sama lain, memiliki kesamaan minat dan kegiatan saling membantu
dan memahami, saling mempercayai , menimbulkan rasa nyaman dan saling
menyediakan dukungan emosional.
Menurut Sardiman A.M (2001:46)
“Prestasi adalah kemampuan nyata yang merupakan hasil interaksi antara berbagai
faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar individu dalam
belajar”. Sedangkan pengertian prestasi menurut A. Tabrani (1991:22) “Prestasi
adalah kemampuan nyata (actual ability) yang dicapai individu dari satu
kegiatan atau usaha”.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia
(1996:186) “Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan
sebagainya)”. Sedangkan menurut W.S Winkel (1996:165) “Prestasi adalah bukti
usaha yang telah dicapai.
B.
Teori dan Fungsi Pertemanan
1. Teori
Pertemanan
Teori pertemanan
menurut Hartup dalam Hertherington dan parke (1999:64) adalah saling timbal
balik dan komitmen antara orang-orang yang memiliki kedudukan yang kurang lebih
setara. Berk (2000:54) menyatakan persahabatan sebagai hunungan timbal balik yang meliputi pertemanan. Argyle dan
Henderson dalam Kartono (1996:54) menurut mereka persahabatan meliputi
orang-orang yang saling menyukai , menyayangi kehadirannya satu sama lain,
memiliki kesamaan, saling membantu ,saling memahami dan saling percaya, serta
menimbulkan rasa nyaman dan saling menyediakan dukungan emosional. Menurut
Rubin (2004:326-356) persahabatan
Santrock
(1998) menyebutkan enam fungsi penting persahabatan, yaitu:
1. Sebagai kawan (companionship)
2. Sebagai pendorong (stimulation)
3. Sebagai dukungan fisik (physical support)
4. Sebagai dukungan ego (ego support)
5. Sebagai perbandingan sosial (social
comparison)
6. Sebagai memberi keakraban dan perhatian
(intimacy/affection)
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah kami melakukan wawancara dari beberapa narasumber yang
berprofesi sebagai pelajar SD, SMP, dan SMA dibeberapa wilayah mengenai
pengaruh pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar dapat
menimbulkan pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh positif dan
pengaruh negatif dapat terjadi kapan dan dimana saja, tergantung diri sendiri
yang dapat menyeleksi pengaruh positif dan pengaruh negatif.
B.
Saran
Pertemanan adalah hubungan manusia
yang bersifat timbal balik, saling membantu, saling menyayangi, saling
mempercayai, dan saling melengkapi sehingga menimbulkan rasa nyaman. Pertemanan
terjadi karena adanya sifat manusia yang tidak bisa hidup sendiri dan adanya
toleransi antar sesama.
Pertemanan adalah sesuatu yang
bernilai positif, tetapi ada juga pertemanan yang menyimpang dari yang seharusnya,
sehingga menimbulkan nilai negatif. Maka dari itu penulis memberikan saran
bahwa sebaiknya pertemanan dijadikan sebagai suatu hal yang positif, misalnya
dengan adanya pertemanan bisa menjadikan orang yang satu dengan yang lain lebih
mengenal sehingga akan terjadi kerja sama yang bernilai positif ( membahas
materi pelajaran yang sulit dan mengerjakan tugas bersama ) dan bukan dijadikan
sebagai suatu hal yang negatif, misalnya pertemanan menyebabkan orang yang satu
dengan yang lain saling mengenal, tetapi pertemanan itu disalahgunakan menjadi
perselisihan, tawuran, dan persaingan yang mengandung nilai negatif .
DAFTAR PUSTAKA
http://tentangkomputerkita.blogspot.com.11:50.Sabtu,5
Januari 2013.
http://www.mungkinblog.com.11:56.Sabtu,5 Januari
2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya