animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 19 Mei 2018

Biografi Srikandi


Srikandi
Srikandi
शिखंडी
Description: Dewi Srikandi, Sosok Wanita Pejuang dan Pemimpin
Srikandi sebagai tokoh pewayangan Jawa.
Tokoh Mahabharata
Nama
Srikandi
Ejaan Dewanagari
शिखंडी
Ejaan IAST
Śikhaṇḍī
Nama lain
Bismahanta
Kitab referensi
Asal
Kediaman
Kasta
kesatria
Ayah
Ibu
Gandawati
Anak
Kesatradewa[1]
Srikandi (Dewanagari: शिकण्ढीIASTŚikhaṇḍī) adalah salah satu putri Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala yang muncul dalam kisah wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Ia merupakan penitisan Putri Amba yang tewas karena panah Bisma. Dalam kitab Mahabharata diceritakan bahwa ia lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan Jawa dikisahkan bahwa ia menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata versi India.
Etimologi
Srikandi merupakan nama Indonesia dari nama Śikhaṇḍin dalam bahasa Sanskerta, bentuk femininnya adalah Śikhaṇḍinī. Secara harfiah, kata Śikhandin atau Śikhandini berarti "memiliki rumbai-rumbai" atau "yang memiliki jambul".
Riwayat
Di kehidupan sebelumnya, Srikandi terlahir sebagai wanita bernama Amba. Kisah mengenai Amba dimuat dalam Mahabharata jilid pertama, yaitu Adiparwa. Bisma—pangeran dari Kerajaan Kuru—memboyong Amba dari suatu sayembara di Kerajaan Kasi, tanpa mengetahui bahwa Amba sudah memilih Salwa sebagai calon suaminya. Karena Bisma tidak ingin Amba menikah secara terpaksa, maka ia memulangkan Amba agar dapat menikah dengan Salwa. Salwa yang merasa harga dirinya terinjak tidak mau menikahi Amba. Amba pun kembali ke kediaman Bisma agar dinikahi, namun Bisma menolaknya karena bersumpah untuk hidup membujang selamanya. Karena merasa terhina, Amba memutuskan untuk berdoa kepada para dewa agar memperoleh cara untuk membunuh Bisma.
Menurut Mahabharata yang ditulis ulang C. Rajagopalachari, Dewa Subramanya memberikannya puspamala dan bersabda bahwa orang yang bersedia memakainya akan menjadi pembunuh Bisma. Amba pun mencari orang yang bersedia memakainya, namun tidak ada yang berani meskipun ada jaminan keberhasilan dari sang dewa. Setelah ditolak berbagai kesatria, akhirnya Amba tiba di istana Raja Drupada, dan mendapatkan hasil yang sama. Dengan putus asa, Amba melemparkan puspamala tersebut ke atas gerbang istana dan tidak ada yang berani menyentuhnya. Setelah itu Amba pergi dan berdoa dengan keinginan untuk menjadi penyebab kematian Bisma. Keinginannya terpenuhi sehingga akhirnya Amba bereinkarnasi menjadi Srikandi.
Saat Srikandi masih muda, ia mendapati sebuah puspamala tergantung di atas gerbang istananya. Ia pun mengalungkan puspamala tersebut di lehernya. Drupada takut bahwa Srikandi akan menjadi musuh Bisma sehingga ia mengusir Srikandi agar kemarahan Bisma tidak berdampak pada kerajaannya. Di tengah hutan, Srikandi berdoa dan berganti jenis kelamin menjadi laki-laki.[2] Menurut versi lain, ia kabur dari Panchala, lalu bertemu seorang yaksa yang kemudian menukar jenis kelaminnya kepada Srikandi. Setelah kematiannya, kejantanannya dikembalikan kembali kepada yaksa.[3]
Perang di Kurukshetra
Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4c/Bhishma_refuses_to_fight_with_Shikandi.jpg/300px-Bhishma_refuses_to_fight_with_Shikandi.jpg
Ilustrasi dari kitab Mahabharata terbitan Gorakhpur Geeta Press—ditulis ulang oleh Ramanarayanadatta Astri—menggambarkan Bisma (kiri) menolak untuk bertarung melawan Srikandi, sementara Kresna dan Arjuna menyaksikan dari dekat.
Saat perang di Kurukshetra, Bisma sadar bahwa Srikandi adalah reinkarnasi Amba, dan terlahir sebagai seorang wanita. Oleh karena Bisma tidak ingin menyerang "seorang wanita", maka ia menjatuhkan senjatanya.[2] Setelah tahu bahwa Bisma akan bersikap demikian terhadap Srikandi, Arjuna bersembunyi di belakang Srikandi dan menyerang Bisma dengan tembakan panah penghancur. Maka dari itu, hanya dengan bantuan Srikandi, Arjuna dapat memberikan pukulan mematikan kepada Bisma, yang sebenarnya tak terkalahkan sampai akhir.[3][2] Akhirnya Srikandi dibunuh oleh Aswatama pada hari ke-18 Bharatayuddha.




Srikandi dalam pewayangan Jawa
Dalam pewayangan Jawa, dikisahkan bahwa Srikandi lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati, menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna, dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.
Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan dan mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh seorang putra.
Dewi Srikandi menjadi suri teladan prajurit wanita. Ia bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuddha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur untuk menghadapi Bisma, senapati agung balatentara Korawa. Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi dapat menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang dendam kepada Bisma. Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi diceriterakan bahwa ia tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Hastinapura setelah berakhirnya perang Bharatayuddha.
Description: http://yogyakarta.panduanwisata.id/files/2012/11/wayang-dewi-srikandi-219x300.jpg
Srikandi, nama yang sangat sering dipakai dalam istilah istilah bagi perempuan yang membuat jasa bagi kaumnya ataupun bagi bangsa dan Negara. Semisal menjadi atlet yang berlaga bagi olimpiade atau kejuaraan suatu cabang olah raga ataupun hal hal lain yang mengharumkan nama bangsa dan Negara.
Description: http://yogyakarta.panduanwisata.id/files/2012/11/dewi-srikandi-207x300.jpg
Julukan tersebut juga lekat pada para wanita yang dengan perjuangannnya bagi  kehormatan diri dan keluarga terutama kegiatan yang biasa dilakukan oleh kaum lelaki. Sosok Srikandi dalam cerita poewangan merupakan putri kedua dari Prabu Drupada yang merupakan raja dinegeri Pancawala dengan permaisurinya adalah Dewi Gandawati. Walaupun sebagai seorang wanita namun Dewi Srikandi sangat menyukai olah kanuragan berupa kegiatan keprajuritan dan Dewi Srikandi tersebut mempunyai keahlian  memanah, maka tidak heran jika dalam beberapa visualisasi sering ditampilkan pose srikandi dengan membawa senjata panah. Namun untuk gaya yogyakarta justeru sering divisualisaikan dengan memegang senjata keris.
Keahlian memanah tersebut diperoleh Srikandi saat berguru dengan Arjuna, yang akhirnya menjadi suaminya. Namun perkawinan dengan Arjuna tidak menghasilkan keturunan. Kemampuan memanah srikandi sangat sulit ditandingi oleh siapapun, karena kemampuannya memang sangat luar biasa dalam hal memanah.
Dewi Srikandi menjadi ksatria wanita yang disegani dan menjadi suri tauladan prajurit wanita, ia berttindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kerajaan madukara dan seisinya. Saat perang Bharatayudha dewi Srikandi menjadi salah satu panglima perang Pandawa menggantikan Resi Seta, Description: http://yogyakarta.panduanwisata.id/files/2012/11/wayang-srikandi.jpgseorang satria yang telah gugur ketika berhadapan dengan Bisma, senopati atau panglima tentara Kurawa. Dengan panah Hrusangkali akhirnya dewi Srikandi dapat mengalahkan Resi Bisma, hal ini sesuai kutukan Dewi Amba puteri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura yang dendam kepada Bisma karena ditolak untuk menikah. Akhir riwayat Dewi Srikandi sendiri tewas oleh Aswatama yang masuk menyelinap masuk ke keraton  hastinapura setelah berakhirnya perang Bharatayudha.
Sosok Dewi Srikandi menjadi satu gambaran seorang wanita yang tidak hanya mempunyai sifat yang lemah lembut, keibuan, cantik dan emosional, serta sebatas sebagai ibu rumah tangga saja yang bertanggung jawab mengasuh, mendidik dan melayani suami. Namun sosok wanita dari Srikandi menjadi satu contoh bahwa keberadaan wanita juga sanggup untuk menjadi pemimpin yang cukup disegani dan memiliki ketangguhan dan kemampuan yang hebat. Dan seorang wanita ditakdirkan sebagai seorang manusia yang melahirkan keturunan yang tidak bisa dilakukan oleh pria.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...