animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 19 Mei 2018

Pengaruh Media Internet Yang Menyebabkan Dekadensi Moral Di Kalangan Anak-Anak


PENGARUH MEDIA INTERNET YANG MENYEBABKAN DEKADENSI MORAL DI KALANGAN ANAK-ANAK

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pengertian internet menurut:
O’Brien (2003) Menurutnya intermet ialah jaringan pada komputer yang berkembang pesat dari jutaan pendidikan, bisnis dan jaringan pemerintahan yang saling terkait dengan jumlah pengguna lebih dari dua ratus Negara.
Pengertian dekadensi moral
Dekadensi moral adalah penurunan standar kemoralan suatu orang atau masyarakat terhadap standar baku atau nilai-nilai yang sudah berlaku di masyarakat.
Oleh sebab itu peneliti mengambil “Pengaruh Media Internet Yang Menyebabkan Dekadensi Moral Di Kalangan Anak-Anak” karena zaman sekarang banyak terjadi kemerosotan moral yang terjadi karena pengaruh media intermet yang digunakan pada kalangan anak-anak.

1.2    Rumusan Masalah
a.       Bagaimana kalangan anak-anak menggunakan internet?
b.      Bagaimana pengaruh media internet di kalangan anak-anak?
c.       Bagaimana pengaruh media internet yang menyebabkan dekadensi moral dikalangan anak-anak?





1.3    Identifikasi Masalah
Dari latar belakang yang telah ditulis, saya memberikan identifikasi masalah yang akan dijadikan bahan penelitian sebagai berikut:
a.             Pengaruh yang ditimbulkan dari media internet tersebut
b.             Pengaruh media internet dalam belajar anak

1.4    Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui penggunaan internet di kalangan anak-anak
b.      Untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan internet dikalangan anak-anak

1.5    Kegunaan Penelitian
1.      Bagi siswa: Agar dapat menggunakan media internet seperlunya saja dan tidak membuka situs-situs atau konten-konten yang tidak senono
2.      Bagi penelit: Agar dapat menggunakan media internet lebih bijak lagi dan dapat memanfaatkan media internet dengan sebaik-baiknya
3.      Bagi masyarakat: Agar dapat memanfaatkan media internet untuk keperluan pribadi maupun kelompok dengan sebaik-baiknya tanpa menyalahgunakan media internet.

1.6    Lokasi Penelitian
Lokasi yang menjadi tempat bagi saya untuk melakukan penelitian adalah lingkungan Perumahan Legenda Malaka dan sekitarnya. Yang bertempatkan di Anita.Net ruko Mega Legenda







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1    Pengertian Internet Menurut Para Ahli
Onno W. Purbo
Tokoh pertama yang menjelaskan mengenai pengertian Internet adalah Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005) menjelaskan bahwa Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail
Allan (2005)
Tokoh berikutnya, yaitu Allan (2005) menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) serta Transmission Control Protocol (TCP). Protokol sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Alan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi.
Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)
Pengertian internet lainnya muncul dari pendapat yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga memiliki beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , seperti halaman web, dan juga data lainnya yang bisa digunakan dan juga diakses oleh berbagai komputer yang saling terhubung dengan Internet.
Oetomo (2002)
Oetomo (2002) menyebutkan bahwa internet merupakan singkatan atau kependekan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dijelaskan pula, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringna seluruh dunia.
Randall & Latulipe
Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.
 Kayo, Mori, dan Takano (1996)
Kayo, Mori, dan Takano (1996) memberikan pendapat bahwa internet merupakan jarngan yang memiliki 3 keistimewaan. Keistimewaan pertama yang terdapat dalam internet adalah kebebasan internet. Internet dapat memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi secara bebas.
Kedua, internet memiliki keistimewaan, yaitu lebih dinamik serta dinilai sangat mengikuti perkembagan waktu. Kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses adalah informasi – informasi yang paling baru apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.
Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat
Supriyanto (2006)
Tokoh lainnya, yaitu Supriyanto (2006) mengatakan bahwa Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda maupun, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat kompunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)



Harjono (2009)
Pendapat lain menyebutkan bahwa Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer dapat salin terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon (Harjono, 2009).
O’Brien (2003)
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain, dimana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara (O’Brien, 2003).
Ramdhani (2003)
Dalam modul pembelajaran Internet, Ramdhani (2003) mengatakan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.Lebih lanjut dijelaskan bahwa Internet mampu untuk menyediakan akses untuk layanan telekomununikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.
Internet memilki berbagai macam layanan. Layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya
Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)
Beberapa tokoh lainnya yang tergabung dalam tim penelitian dan juga pengembangan wahana internet mendefinisikan bahwa Internet merupakan sebuah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam satu jaringan global, yang luas. Setiap komputer dapat saling terhubung dengan jaringna global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP)
Drew Heywood (1996)
Heywood (1996) mengatakan bahwa definisi dari internet tidak lepas dari sejarah Internet. Hal ini bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan sebuah standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru tersebut haruslah merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
Dengan demikian, terjadilah internet dengan kondisi jaringna yang kuat dan juga dapat menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan secara luas.
Greenlaw & Hepp (2002)
Pengertian lain dari internet diungkapkan oleh Greenlaw & Hepp (2002), yang menyatakan bahwa internet merupakan sebuah sistem informasi global yang tehubung secara logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol / IP, dan memiliki dukungan komunikasi TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini menyebabkan internet dapat digunakan, diubah, dan juga diakses baik secara umum, maupun secara khusus.
Turban, Rainer, Potter (2005)
Pendapat lain mengenai intenet dikemukakan oleh Turban, Rainer, Potter (2005). Mereka mendefinisikan bahwa internet adalah suatu jaringan besar yang menghubungkan jaringan compute, baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintahan, dan sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan juga cepat.




Lutfi SY
Lutfi SY dalam modulnya mengenai teknologi informasi mengatakan bahwa Internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung secara global, yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi atau data melalui jarinfan tersebut.
Lebih lanjut disebutkan bahwa internet adalah suatu sistem komunikasi data yang berskala global, yang disusun atas sebuah infrastruktur yang terdiri dari hardware dan juga software yang menghubungkan komputer di dalam jaringannya. (Baca juga mengenai Perangkat lunak jaringan komputer dan juga perangkat keras jaringan komputer).
Engineers Garage
Engineers Garage mengatakan bahwa pada dasarnya tidak ada suatu definisi yang baku mengenai pengertian dari internet itu sendiri. Dikatakan bahwa sebenarnya, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu.
Namun apabila diartikan secara umum, internet dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi.
Sibero
Menurut Sibero (2011) Internet atau yang merupakan kependekan dari Inter-connected Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.
Internet juga dapat bekerja sama seperti jaringan komputer pada umumnya, eperti halnya jarnigan komputer lokal maupun jaringan komputer area luas, internet juga menggunakan sebuah protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Tranmission Control Protol / Internet Protocol).



Lani Sidharta (1996)
Sidharta (1996) menyatakan bahwa internet adalah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, dimana dapat memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Dijelaskan lagi lebih lanjut, bahwa internet juga terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa digunakan dalam media bisnis, politik, dan bahkan untuk hiburan semata.
Walaupun secara fisik Internet merupakan suatu bentuk interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dapat dipandang dan juga dipahami sebagai sebuah sumber daya informasi.
Disebutkan pula oleh Sidharta, bahwa isi dari Internet adalah informasi, dimana hampir semua aspek kehidupan manusia bisa ditemukan dalam bentuk virtual di dalam internet.
Ned Snell
Ned Snell, juga berkontribusi dalam memberikan definisi mengenai internet. Menurutnya, internet adalah sebuah koridor bagi berbagai jenis sumberdaya yang ada padanya, dan setiap sumberdaya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda
Sarwono (2012)
Menurut Sarwono internet merupakan sebuah kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Bahkan, lebih lanjut Sarwono mengatakan bahwa tidak ada satupun orang yang mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Mulanya internet hanya digunakan dalam kebutuhan militer, namun kini internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan juga bentuk hiburan
Berners Lee
Berners Lee, yang menciptakan konsep WWW menyebutkan bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan compute tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.


Kamus Oxford
Kamus Oxford merupakan salah satu kamus internasional yang paling reliabel sebagai panduan dari berbagai macam pengertian. Di dalam kamus Oxford disebutkan bahwa internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.
Federal Networking Council
Federal Networking Council (FNC), menyebutkan bahwa internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang mana secara logis dihubungkan dengan satu alamat yang unik yang didasari pada internet protocol (IP). Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) atau IP lain yang kompatible dan memudahkan publik dan individu melakukan akses komunikasi tingkat tinggi serta berkaitan dengan infrastruktur.
Wikipedia
Salah satu situs ensiklopedia terbesar yang ada di dalam jaringan WWW internet, yaitu Wikipedia, juga menjabarkan secara lengkap mengeai pengertian internet. Wikipedia menyebutkan bahwa internet merupakan kependekan dari istilah interconnection networking, yang merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Agar dapat saling terhubung satu sama lain, internet menggunakan sebuah sistem standar, yaitu protocol TCP / IP untuk melayani pertukaran paket di dalam jaringan tersebut, di seluruh dunia.

2.2    Pengertian Dekadensi Moral
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Dekadensi/de·ka·den·si/ /dékadénsi/ n kemerosotan (tentang akhlak); kemunduran (tentang seni, sastra).



Yahoo Answer
Menurut situs yahoo answer dekadensi moral merupakan penurunan standar kemoralan suatu orang atau masyarakat terhadap standar baku / nilai-nilai yang sudah berlaku di masyarakat.

Sedangkan pengertian moral menurut para ahli adalah sebegai berikut:
 Menurut Chaplin (2006)
Moral yang sesuai dengan aturan yang mengaturhukum
sosial atau adat atau perilaku.
Menurut Hurlock (1990)
Moral adalah sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya
Menurut Wantah (2005) 
Moral adalah sesuatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan perilaku yang baik dan buruk.
Menurut W. J. S. Poerdarminta 
Menyatakan bahwa ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.
Menurut Dewey  
Mengatakan bahwa masalah moral yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.
Menurut Baron dkk 
Mengatakan bahwa moral yang terkait dengan pelarangan dan mendiskusikan tindakan yang benar atau salah.
Menurut Magnis-Susino
Mengatakan bahwa moral selalu mengacu pada baik orang miskin sebagai manusia, sehingga aspek moral kehidupan manusia dalam hal kebaikan sebagai manusia.
Menurut Zainuddin Saifullah nainggolan
Moral adalah tradisi spiritual untuk melakukan serangkaian standar yang mengatur perilaku orang dan masyarakat.

Menurut Gunarsa
Moral adalah seperangkat nilai-nilai berbagai perilaku yang harus dipatuhi.
Menurut Sonny Keraf
Moral adalah patokan yang digunakan oleh masyarakat sebagai penentu tindakan yang baik dan buruk atau masyarakat manusia sebagai manusia.
Menurut Imam Sukardi
Moral adalah kebaikan bahwa seorang pria dengan langkah-langkah yang diadopsi oleh aksi bersama.





















BAB III
METODE PENELITIAN

Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriftif.
Metode penelitian yang kami gunakan pada laporan hasil penelitian kami ini juga meliputi beberapa indikator.
3.1    Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya sebentar sehingga tidak memungkinkan kami untuk menerapkan jenis penelitian kualitatif.

3.2    Hipotesa
Dugaan saya dalam penelitian kali ini mungkin kebanyakan dari anak-anak yang bermain internet menggunakan uang dari orang tua atau hasil tabungan sendiri dan membuka situs-situs yang tidak penting, tetapi sebagian dari kalangan tersebut ada yang menggunakan media internet dengan baik.

3.3    Metode Pengumpulan Data
Metode yang saya lakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Metode Observasi
Yaitu dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap aktifitas di lapangan.
Metode Study Pustaka
Yaitu berupa kajian literature yang sesuai dengan penelitian baik berupa sumber dari media internet.


3.4    Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak-anak yang hobi dengan bermain internet. Sedangkan, sampel yang saya teliti bernama Nanda Kiki Handika orang  yang hobi bermain internet di perumahan legenda malaka.

3.5    Sumber Data
Dengan melakukan wawancara kepada anak-anak yang hobi dengan internet.Dengan mengajukan berberapa pertanyaan antara lain:
Anda bermain internet sejak umur berapa tahun?
Jawab: Saya bermain internet sejak kelas 6 SD atau waktu saya berumur 12 tahun
  
Kenapa harus bermain internet dari pada bermain permainan tradisional?
Jawab: Karena bermain internet tidak cepat capek dan mengguras tenaga

Apa keuntungan dari bermain internet?
Jawab: Kita tidak menjadi gaptek,menambah wawasan,dapat menambah teman walau hanya di dunia maya

Uang yang digunakan dari hasil sendiri atau diberi oleh orang tua?
Jawab: Uang yang digunakan untuk bermain internet merupakan uang dari tabungan sendiri

Dalam bermain internet berapa lama dalam sehari hanya untuk bermain internet?
Jawab: Bermain internet dalam sehari itu kadang-kadang bisa 3jaman

Apakah bermain internet tidak dimarahi oleh orang tua?
Jawab: Tidak, asalkan membuka hal-hal yang benar dan tidak lupa waktu


Dampak apa yang telah ditimbulkan dari bermain internet?
Jawab: Dampat positifnya: Dapat mencari tugas-tugas,menambah wawasan sedangkan dampak negatifnya: menjadi boros,lupa waktu,makan,dll

Bermain internet untuk mengerjakan tugas atau bermain game?
Jawab: Tergantung sama keadaan kalo ada tuga kerjain tugas dulu baru main game

.Pernah gak melawan orang tua karena bermain internet?
Jawab: Pernah,karena disuruh berhenti main intrtnet waktu dalam keadaan yang lagi asik

Saat ujian sekolah bermain internet atau tidak?
Jawab: Main asalkan tidak lupa sama waktu belajar untuk ujian

Dari bermain internet apakah pernah membuka website yang menyimpang?
Jawab: Pernah itu karena terpengarug dari teman-teman

Waktu pertama kali bermain internet disetujui sama orang tua?
Jawab: Orang tua tidak memarahi asalkan itu berguna

Bolehkah bermain internet saat malam hari?
Jawab: Boleh asalkan tidak tidur dengan waktu yang cukup larut malam

Tujuan dari bermain internet bagi anda itu apa?
Jawab:Biar tidak bosan,gaptek,dan untuk menambah wawasan

Pernah gak berpikiran untuk mendapatkan penghasilan dari internet?
Jawab: Pernah dengan membuat website yang dapat menghasilkan uang untuk menambah uang jajan.

Kenapa memilih bermain internet dari pada bermain dengan kawan-kawan?
Jawab: Jarang keluar soalnya rumah kawan itu jauh-jauh

Pernah merasa jenuh dari bermain internet?
Jawab:Pernah karena udah bosan dengan hal-hal itu saja

Apa ada batasan bermain internet?
Jawab:Gak ada sama seperti yang tadi asalkan kita tidak lupa sama waktu

Apa ada hal yang membuat kecanduan terhadap internet?
Jawab: Pengaruh dari teman-teman

Selama bermain game online dampak apa yang ditimbulkan yang terjadi pada kesehatan?
Jawab: Mata menjadi minus,pola makan yang tidak teratur

Ada rasa ingin berhenti bermain internet?
Jawab: Pernah,cuma pengaruh ajakan teman

Seandainya berhenti bermain internet hal apa yang ingin dilakukan?
Jawab: Olahraga supaya badan jadi sehat

Menurutmu bagaimana kalangan anak-anak setelah bermain internet?
Jawab: Banyak anak-anak yang membuka situs-situs yang tidak senonoh,pulang malam dari warnet,dll

Bagaimana rasanya jika tidak bermain internet?
Jawab: Bosan,jenuh,dll


Apakah pernah mendapatkan ajakan dari teman untuk menyalahgunakan internet?
Jawab:Pernah,itu waktu pertama kali bermain internet yang belum tau apa-apa



























BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1    Kalangan Anak-anak Menggunakan Media Internet
Hasil penelitian terbaru mencatat pengguna internet di Indonesia yang berasal dari kalangan anak-anak dan remaja diprediksi mencapai 30juta.Penelitian juga mencatat ada kesenjagan digital yang kuat antara anak dan remaja yang tinggal di perkotaan dengan yang tinggal di pedesaan.
Studi ini nebelusuri aktivitas online dari sampel anak dan remaja yang melibatkan 400 responden berusia 10-19 tahun diseluruh Indonesia dan mewakili wilaywah perkotaan dan pedesaan.
Menurut narasumber yang saya wawancarai biasanya kalangan anak-anak menggunakan media internet untuk mengerjakan tugas dan ada juga yang bermain game online.Tidak luput juga anak-anak juga sering mengakses situs-situs yang tidak seharusnya diakses olehnya (situs dewasa).Anak-anak bermain internet dalam sehari bisa lebih dari 3Jam hanyan untuk mengakses situs-situs tertentu dan bermain media sosial.Ajakan-ajakan dari teman-temannya untuk membuka sebuah situs terlarang itu sering dilakukan oleh kalangan anak-anak yang untuk mencari kepuasan tersendiri dari penggunakan media internet yang menyimpang dari seharusnya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

4.2    Pengaruh Media Internet Dikalangan Anak-anak
Dikalang anak-anak maupun remaja masa kini lagi marak-maraknya penggunaan jejaring sosial berupa facebook,line,instagram,dll.Tentu dalam mempunya dampak masing-masing disetiap jejaring sosial tersebut.Dampak postifi dari penggunaan internt ini adalah dapat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas,kemudia wawasan kita mulai dari yang sempit menjadi luas berkat adanya internet.Kemudian kemudahan dalam mempelajari berbagai ilmu yang dulunya diangaap mahal dan tidak bisa didapatkan menjadi mudah dipelajari.
Selain itu dari dampak positif tersebut akan ada sebuah dampak negatif dari penggunan media internet yang tidak bisa dikendalikan oleh pengunanya.Rusaknya anak-anak muda zaman sekarang disebabkan karena mereka tidak bisa mengontrol hidup mereka.Dampak negartif dari media internet itu anak-anak membuak situs-situs pornografi,situs-situs ataupun video-video violence dan gore (Kekejaman dan kesadisan) yang juga banyak ditampilkan,penipuan,carding,perjudian.Dari sekian banyak dampak negatif dari media internet tersebut anak-anak membuka situs-situs pornografi yang menyebabkan penggunanya tidak bisa mengendalikan diri untuk menahan nafsunya karena terpengaruh dari konten dari situs porno tersebut.

4.3    Pengaruh Media Internet Yang Menyebabkan Dekadensi Moral Di Kalangan Anak-anak
Di zaman sekarang dalam penggunan media internet memudahkan para anak-anak ataupun remaja dalam mengerjakan tugas,menambah wawasan, serta mencari ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi dirinya tetapi tidak semua para anak-anak maupun remaja yang melakukannya sebagian besar para pengguna tersbut memuat atau mengakses situs-situs terlarang sehingga media internet yang seharusnya digunakan dengan sebaik mungkin kini telah meyimpang dari aslinya karena koten-konten yang tidak seharusnya ada karena dapat merusak para anak-anak dan remaja yang menjadi generasi bangsa yang disebabkan terpengaruh dari konten-konten yang tidak penting tersebut.
Mungkin sebagian besar masih ada anak-anak atau remaja yang masih memanfaatkan media internet untuk hal-hal yang berguna.







BAB V
PENUTUP

5.1    Kesimpulan
Di zaman sekarang dalam penggunan media internet memudahkan para anak-anak ataupun remaja dalam mengerjakan tugas,menambah wawasan, serta mencari ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi dirinya tetapi tidak semua para anak-anak maupun remaja yang melakukannya sebagian besar para pengguna tersbut memuat atau mengakses situs-situs terlarang sehingga media internet yang seharusnya digunakan dengan sebaik mungkin kini telah meyimpang dari aslinya karena koten-konten yang tidak seharusnya ada karena dapat merusak para anak-anak dan remaja yang menjadi generasi bangsa yang disebabkan terpengaruh dari konten-konten yang tidak penting tersebut.
Mungkin sebagian besar masih ada anak-anak atau remaja yang masih memanfaatkan media internet untuk hal-hal yang berguna.Lebih baik bermain internet harus dapat menggantur waktu dan mengingat setatus kita sebagai pelajar yang dalam penggunan media internet tidak terlalu banyak,pelajar dapat mencari buku-buku untuk dapat menambah refrensi wawasannya tidak terpaku dalam media internet saja. Media internet lama kelamaan akan mengalami perbuahan sehingga dapat membuat para penggunanya menjadi terpengaruh dan menjadi kencanduan media internet tersebut.

5.2    Saran
Perlunya pengawasan terhadap anak-anak dalam menggunakan media internet yang digunakan karena apabila anak tersebut tidak diawsi oleh orang dewasa kemungkin anak tersebut akan mengakses situs-situs porno





DAFTAR PUSTAKA


http://kbbi.web.id/dekadensi, diakses pada 18 Mei 2017

diakses pada 18 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...