animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Selasa, 29 Mei 2018

Reservasi Tiket



Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah atau paper ini dalam rangka pemenuhan tugas.
Adapun makalah atau paper ini mengenai “ RESERVASI TIKET  ”. Untuk itu saya tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah atau paper ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu, dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada saya sehingga ke depannya saya dapat membuat  makalah atau paper yang lebih baik dari ini.
Semoga makalah atau paper ini dapat memberikan informasi bagi kita semua dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


Bengkulu,  5 Februari 2018

Penulis









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang…………………………………………………………………   1
B.       Rumusan Masalah……………………………………………………………..   2
C.      Tujuan………………………………………………………………………….    2

BAB II PEMBAHASAN
A.           Pengertian Tiket……………………………………………………………...   3
B.            Tiket Penerbangan Domestik Dan Tiket Internasional…………………… 5
C.           Dialog Bahasa Inggris Ketka Memesan Tiket Pesawat…………………… 7
D.           Sistem Reservasi Tiket Penerbangan……………………………………….  9
E.            Perbandingan Paper Tiket Dengan E-Ticketing…………………………...  18

BAB III PENUTUP
A.           Kesimpulan…………………………………………………………………...   22
B.            Saran………………………………………………………………………….    22

DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang
Tiket merupakan bentuk bukti yang sah dan berlaku apabila seseorang ingin memasuki atau mendatangi suatu tempat.Yang menjadi salah satu contoh tiket adalah tiket pesawat udara. Tiket adalah dokumen yang wajib dimiliki setiap calon penumpang sebelum ia menggunakan jasa transportasi tersebut, entah untuk moda transportasi udara, laut, dan darat sebagai suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dan maskapai penerbangan yang digunakan untuk melakukan suatu perjalanan. Blanko tiket biasanya diisi dengan identitas calon penumpang, rute perjalanan, dan jenis pelayanan yang diinginkan. Yang perlu diingat, nama yang tertera di tiket harus sesuai dengan KTP yang berangkat. Selain menaati aturan main, itu juga merupakan syarat mutlak untuk melakukan klaim asuransi jika terjadi apa-apa selama penerbangan. 
Anak yang berusia dibawah 22 bulan (infant/bayi) tidak diwajibkan membeli tiket dan duduk sendiri, orang tua harus ikut terbang bersama bayi dan menjadi pendamping. Kebanyakan maskapai menerapkan peraturan ketat dalam hal ini, bahkan ada yang harus dibawa ke loket pembelian tiket dan ditimbang berat badannya sebelum label boarding pass diberikan. Sedangkan anak diatas 22 bulan (child) sudah terhitung dewasa dan harus membeli tiket terpisah.
Sistem reservasi tiket pesawat terbang pada suatu maskapai penerbangan sangat diperlukan guna efisien dan efektifitas maskapai penerbangan tersebut. Dalam sistem reservasi pesawat terbang ini mencakup segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam suatu pesawat, dan informasi-informasi lain. Dengan terus berkembangnya teknologi internet, web menjadi suatu alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu untuk mengolah informasi.

Sehingga dengan menggunakan web daya jangkau layanan suatu maskapai penerbangan sangat luas dan juga memudahkan calon penumpang sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor cabang, tetapi cukup menggunakan internet dimanapun berada untuk melakukan pemesanan tiket pesawat terbang. Proses pengolahan informasi pada sistem reservasi pesawat terbang dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis yang dapat memudahkan calon penumpang dalam pemesanan tiket pesawat terbang.

B.      Rumusan masalah
1.      Hal apa saja yang dimuat didalam tiket.
2.      Apa kelebihan dari tiket manual serta kekurangannya.
3.      Bagaimana cara kerja CRS dalam penerbitan tiket.
4.      Kekurangan atau kelebihan apa saja yang dimiliki oleh CRS dalam menerbitkan tiket.

C.      Tujuan
1.      Untuk menambah wawasan atau pengetahuan mahasiswa.
2.      Sebagai bahan belajar bagi mahasiswa/i khususnya dan umumnya bagi pembacanya.
3.      Sebagai tugas mata pelajaran produktif.











BAB  II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Tiket
Pengertian Tiket Pesawat Udara adalah  Salah satu benda yang dapat dijadikan sebagai bukti tanda masuk adalah tiket.Tiket merupakan bentuk bukti yang sah dan berlaku apabila seseorang ingin memasuki atau mendatangi suatu tempat.Yang menjadi salah satu contoh tiket adalah tiket pesawat udara.Tiket adalah dokumen yang wajib dimiliki setiap calon penumpang sebelum ia menggunakan jasa transportasi tersebut, entah untuk moda transportasi udara, laut, dan darat sebagai suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dan maskapai penerbangan yang digunakan untuk melakukan suatu perjalanan. Blanko tiket biasanya diisi dengan identitas calon penumpang, rute perjalanan, dan jenis pelayanan yang diinginkan.
Masalah harga, infant hanya cukup membayar sebesar 10% dari total harga tiket orang dewasa, sedangkan child tetap dihitung normal karena mendapat tempat duduk dan servis standar layaknya tiket yang berlaku untuk dewasa.
Menurut Rahmat Darsono, tiket pesawat udara adalah salah satu dokumen perjalananyang dikeluarkan oleh maskapai penerangan dan merupakan kontrak tertulissatu pihak yang berisikan ketentuan yang harus dipenuhi oleh penumpang selama memakai jasa penerbangan, dan data penerbangan penumpang yang mempunyai masa periode waktu tertentu.
Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara.(Pasal 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 yang menyatakan,
“Pesawat Udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer karena gaya angkat reaksi udara, tetapi bukan karena reaksi udara terhadap permukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan”.)

Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda  dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter. (Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 yang menyatakan, “Pesawat Terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri”. berbentuk buku yang terdiri sekitar 4 lembar tipis juga menggunakan  kertas karbon berwarna merah agar salah satu lembaran tiket tersebut dikoyak dan disimpan oleh travel atau maskapai penerbangan itu sendiri sebagai bukti pertinggal bagi pihak mereka yang berisikan nama penumpang, rute penumpang, jam penerbangan berangkat dan jam ketibaannya. Tetapi bentuk tiket yang seperti ini mempunyai banyak kekurangan dan resiko yang ditimbulkan.)
Tiket pesawat udara juga mempunyai ketentuan-ketentuan dimana ketentuan tersebut merupakan catatan penting dari pihak maskapai penerbangan yang harus dipatuhi oleh penumpang.Isi dari ketentuan yang tertera pada tiket tersebut yaitu:
1.             Ketibaan penumpang di bandara (airport) harus selambat-lambatnya 90 menit atau 2 (dua) jam sebelum keberangkatan baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.
2.             Check in ticket ditutup 45 menit sebelum jam keberangkatan.
3.             Penumpang harus tiba di gerbang keberangkatan paling lama 30 menit sebelum keberangkatan
4.             Bila penumpang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit maka wajib menunujukkan kartu tersebut beserta pemegang kartu untuk verifikasi pada counter check in atau proses boarding penumpang dapat dibatalkan.
5.             Bagasi yang ditentukan oleh maskapai penerbangannya ada yang cuma- cuma,ada yang harus membayar, dan ada yang muatan beratnya di kabin ditentukan oleh maskapai penerbangan sehingga penumpang diharapkan harus menaatinya demi keselamatan bersama penumpang atau pemegang tiket maskapai penerbangan tersebut harus tunduk kepada syarat dan ketentuan penerbangan yang sudah ditetapkan oleh maskapai penerbangan.
6.             Hasil wawancara dengan Pada tiket tertera tarif tiket. Tarif mempunyai peran yang sangat penting dalam angkutan udara baik bagi perusahaan penerbangan, pengguna jasa angkutan udara maupun bagi pemerintah. Bagi perusahaan penerbangan tarif merupakan sumber pendapatan perusahaan penerbangan, tarif yang tinggi perusahaan penerbangan sehat keuangannya, sebaliknya tarif yang terlalu rendah dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan penerbangan. Bagi penumpang tarif yang murah penumpang dapat menikmati jasa angkutan udara, sebaliknya tarif yang mahal penumpang tidak dapat menikmati jasa angkutan udara. Bagi pemerintah, tarif merupakan sarana untuk mengendalikan keseimbangan antara kebutuhan masyarakat atas jasa angkutan udara dengan kelangsungan hidup perusahaan penerbangan.

B.     Tiket Penerbangan Domestik Dan Tiket Internasional
1.      Tiket Domestik
Tiket penerbangan domestik adalah tiket yang digunakan untuk penerbangan khusus dalam negeri. Setiap tiket pesawat yang mempunyai rute penerbangan khusus dalam negeri itu disebut tiket domestik, jadi domestik disini berarti dalam negeri. Selain untuk tiket, kata domestik juga dipakai untuk rute yaitu rute domestik yg berarti rute penerbangan khusus dalam negeri.

2.      Tiket Internasional
Perkembangan dunia penerbangan begitu pesat. Hal ini ditandai dengan bermunculannya maskapai penerbangan baru baik penerbangan domestik ataupun internasional. Antisipasi perkembangan ini harus dilakukan dengan cara memahami mekanisme ataupun cara kerja dari penerbangan tersebut. Pemahaman ini diantaranya adalah dengan menguasai cara penghitungan harga tiket. Untuk memahami lebih jauh bagaimana pemahaman penghitungan tiket internasional terlebih dahulu harus mengetahui geografi dunia yang sekaligus juga pemahaman mengenai home base dari masing-masing maskapai penerbangan.
Ada dua jenis harga tiket dalam penerbangan internasional. Yang pertama adalah tiket endorse dan yang kedua tiket non endorse. Perbedaan dari kedua jenis tiket ini dapat dijelaskan demikian.
a)      Endorse
1.         Harga tiket endorse dikeluarkan oleh IATA (International Air Transport Association).
2.         Harga tiket relatif mahal.
3.         Penumpang diperbolehkan mempergunakan maskapai penerbangan apa saja sepanjang jalurnya ada.
4.         Penghitungan harga tiket berdasarkan mileage (jarak) atau mileage system.

b)      Non Endorse
1.      Harga tiket dikeluarkan oleh maskapai penerbangan yang bersangkutan.
2.      Harga relatif murah.
3.      Penumpang diperbolehkan mempergunakan maskapai penerbangan tertentu saja.
4.      Penghitungan harga tiket berdasarkan confi (confidential tariff) yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan.

Dalam perkembangannya saat ini banyak maskapai penerbangan yang beraliansi strategis. Yaitu membuat sebuah produk yang dikemas sedemikian rupa untuk menarik penumpang dalam melakukan perjalanana dengan transportasi udara. Adapun aliansi strategis yang ada saat ini adalah Star Alliance, One world dan lain lain. Tentu saja hal ini dilakukan dalam ragka memberikan kemudahan dan kenyamanan penumpang.



Di dalam pemahaman tiket internasional ada beberapa hal yang harus dikuasai, yaitu pemahaman mengenai reservasi (manual ataupun CRS), cara membaca OAG (Official Airlines Guide), geografi IATA, Global Indikator, ISI (International Sale Indicator), konsep perjalanan penerbangan udara, penghitungan harga tiket (endorse dan non endorse) dan tentu saja cara pengeluaran tiketnya.

C.      Dialog Bahasa Inggris Ketika Memesan Tiket Pesawat
Di era globalisasi ini, pada umumnya, pemesanan tiket pesawat sering menggunakan bahasa Inggris. Berikut dialog bahasa Inggris terkait pemesanan tiket pesawat yang umum digunakan. adapun contoh dialog bahasa inggris ketika memesan tiket sebagai berikut :
1.             By Telephone
Travel Agent (TA)      :  Andri Travel Agent, may I help you?
Dira (D)                   :  Yes. I’d like to book a ticket to Australia for September 2nd
TA                          :  Let me see. For September 2nd, all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s 05 flight by GARUDA AIR LINE. Does that suit you, Miss?
D                                     It’s okay.
TA                                 :  May I have your name, Miss?
D                                    :  Yes. Dira. D-I-R-A
TA                                     :  Done, Miss. We require that you pay for the ticket tomorrow   afternoon before 2 pm. If you don’t come to our office after 2 pm, we have to cancel your ticket.
D                                    Ok. I’ll drop by at 12 pm tomorrow
TA                                 Thank you, Miss.
D                                    You’re welcome


2.             In Travel Agent
Contoh Dialog Reservation
Afif (Receptionist I)      :  Good Morning, Welcome to NgurahRai Airlines
Reza (guest I)           :  Good Morning, do you have any flight to Canada tomorrow ?
Afif (Receptionist I)    :  One Moment Please, Yes, there are two flights at first 06.00 am and second  at 09.30 a m.
Seul (Guest II)              :  That’s Fine. We Choose at 06.00 a m Could You tell me how much a return  flight cost?
Rois (Receptionist II)    :    Economy class or business class  ticket?.
Reza (Guest I)               :   Business Class Please ?
Rois (Receptionist II)    :   The Cost is Rp.5.000.000 For one person.
Reza (Guest I)               :   Ok Can we make a Reservation?
Rois (Receptionist II)    :   Certainly. Yours name Sir. Please!
Seul (Guest II)               :   My name is Seul and my friend is Reza.
Afif (Receptionist I)      :   Your address and Phone number. Please.
Seul  (Guest II)              :   Jl. Nusa Duabali and my Phone 08960603905
Reza (Guest I)                :  How about a facility in business class?
Afif (Receptionist I)     :  Entertainment Program, Smoking Area. Magazine, Etc.
Seul (Guest II)                :  How is the payment method ?
Afif (Receptionist I)       :  Payment can be done directly or by Credit Card.
Seul (Guest II)                :  Yes, can I pay now
Afif (Receptionist I)       :  Ok, Now you have been booked. Sir.The flight leaves at 06.00 a m and your arrival in Canada will be at 11.00 pm local time,the Flight number B757 and B758
Seul and Reza                 :  Ok, Thank you
Afif and Rois                  :  You’re welcome.
Afif (Receptionist I)       : Good Night, NguraiRai Airlines. May I help you, sir?
Reza (Guest I)              : Good night, I’ve two ticket From Bali to Canada
                                             and we would  like to confirm it Please. ?
Afif (Receptionist I)       : What your number Flight, sir ….?
Reza (Guest 1)                : Ourflight numberisB758 and B757
Afif (Receptionist I)       : One moment Pease? Hello,, Yours business ticket are ready confirmed and the plane can take off at 06.00 a.m   from bali and your  arrival in Canada will be at 11.00 p.m. local time.
Seul& Reza (Guest)        :  Ok Thank you
Rois&Afif (Receptionist) :   You’re welcome

D.      Sistem Reservasi Tiket Penerbangan
Sistem reservasi tiket pesawat terbang pada suatu maskapai penerbangan sangat diperlukan guna efisien dan efektifitas maskapai penerbangan tersebut. Dalam sistem reservasi pesawat terbang ini mencakup segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam suatu pesawat, dan informasi-informasi lain. Dengan terus berkembangnya teknologi internet, web menjadi suatu alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu untuk mengolah informasi.
Sehingga dengan menggunakan web daya jangkau layanan suatu maskapai penerbangan sangat luas dan juga memudahkan calon penumpang sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor cabang, tetapi cukup menggunakan internet dimanapun berada untuk melakukan pemesanan tiket pesawat terbang. Proses pengolahan informasi pada sistem reservasi pesawat terbang dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis yang dapat memudahkan calon penumpang dalam pemesanan tiket pesawat terbang.
1.             Pengertian e-ticketing
E-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secaradigital dalam sistem komputer milik airline.
Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan. E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan teknololgi informasi, internet kini muncul sebagai alternative system distribusi informasi travel. Internet merupakan m edium yang sempurna untuk menjual paket perjalanan, karena internet sanggup membawa jaringan supplier yang luas dan basis kostumer yang besar ke sebuah market place terpusat. Adapun pengertian lain yaitu E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Merupakan fasilitas pemesanan tiket online yang dirancang untuk membantu kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses ke sistem jenis ini.
Hal ini memungkinkan kelompok-kelompok masyarakat untuk meningkatkan kegiatan dan menjual tiket secara online melalui situs web Kingston Council.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem online. Anda harus mendaftar pada sistem pembayaran kami untuk menggunakan sarana. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan membantu Anda menyimpan data yang Anda telah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Anda perlu mendaftar sebelum Anda dapat mulai menjual tiket. Proses pendaftaran untuk meminta informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan anda untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket on-line.


2.             Manfaat e-ticketing
Saat ini hanya ada beberapa cara untuk membeli tiket untuk kegiatan kesenian masyarakat. Sistem ini akan memberikan Anda akses cepat dan mudah untuk berbagai macam acara melalui satu situs. Ini dapat digunakan untuk membeli tiket menggunakan kredit / kartu debit dan cek, yang banyak gerai tiket tidak dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini juga sepenuhnya aman.
Setiap organisasi yang perencanaan sebuah event dan bertanggung jawab untuk penjualan tiket untuk aktivitas dapat meningkatkan aktivitas di situs Web. Semua promoters yang mendaftar akan disetujui oleh administrator sebelum mereka dapat mulai menjual tiket sehingga hanya mereka yang dapat menunjukkan bahwa mereka yang utama Acara akan diizinkan untuk mempromosikan acara itu. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan aktivitas secara gratis dan menjual tiket untuk acara ke khalayak yang lebih luas. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu membayar biaya untuk menyiapkan sistem ini atau administrasi itu. E-ticketing menyediakan banyak manfaat diantaranya :
1.             Biaya Simpanan – Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos. Buruh Simpanan – Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket. Potong bawah pada upaya yang diperlukan untuk mengambil tiket untuk membeli Akan Panggil pesanan.
2.             Aman dan Aman – E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.
3.             Kehadiran sebenarnya Pelaporan – Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri Anda acara dan ketika mereka tiba.
4.             Instant Pengiriman – Tiket pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.
5.             Informasi tambahan – E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
6.             Periklanan – E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.

Sementara mempertahankan standar keselamatan yang tinggi merupakan prioritas utama untuk memastikan keselamatan penerbangan, sejumlah maskapai layanan penuh telah mengadopsi e-tiket mereka sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. E-sistem tiket penumpang yang memungkinkan sebuah buku tiket pesawat untuk mendapatkan salinan mereka terima berisi catatan Penemu atau reservasi dan nomor e-tiket nomor.
Bahwa e-tiket sangat menguntungkan bagi kedua perusahaan penerbangan dan pelancong. menghilangkan masalah ini dan biaya yang pelancong pengalaman ketika mereka kehilangan tiket kertas.

3.             Langkah-langkah e-ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakuklan guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana dengan e-ticketing kita repot mengantri dalam memesan tiket.Langkah-langkah E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sabagai seorang mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda. Menelepon Call Center maskapai penerbangan yang dipilih. Langkah berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat melakukannya melalui ATM, sertacredit card. Call Center yang menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit card atau bisa melalui web resmi airlanes. Terjamin semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di seluruh kantor penjualan tiket maskapai penerbangan (airport).

4.             Diagram Arus Data (DAD)
Perancangan dimulai dari bentuk DAD yang paling global yaitu Diagram Konteks (Context Diagram) kemudian diturunkan sampai bentuk yang paling detail. Berdasarkan identifikasi proses-proses yang diperlukan didalam sistem serta keterkaitan satu sama lain dan juga data apa saja yang terlibat di dalamnya.

5.             Sistem Reservasi Tiket Pesawat Terbang Berbasis Web
a.             Karakteristik Sistem
·               Memiliki komponen
Sistem ini dikembangkan untuk mempermudah proses pendistribusian tiket, proses reservasi ini memungkinkan pemesanan untuk tidak ketemu langsung dengan pelanggan, pemesan dapat melakukan proses reservasi kapanpun dan dari manapun melalui portal online yang kami sediakan.
Proses Reservasi hanya membutuhkan informasi KTP sebagai validator pada saat penukaran bukti reservasi dengan tiket. Validasi terhadap bukti reservasi dianggap valid jika informasi data KTP yang ditunjukan sesuai dengan data KTP yang digunakan pada saat reservasi.
Reservasi dianggap valid jika total bayar yang tertera pada proses reservasi sesuai dengan total setor yang masuk pada sistem kami, dengan tetap memperhatikan kode unik yang diperoleh pada saat reservasi. Karena kode inilah yang merupakan bagian terpenting untuk proses validisasi terhadap jumlah nilai setoran yang masuk ke sistem ini.
Sistem reservasi pesawat terbang pada suatu maskapai penerbangan sangat diperlukan guna efisien dan efektifitas maskapai penerbangan tersebut. Dalam sistem reservasi pesawat terbang ini mencakup segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam suatu pesawat, dan informasi-informasi lain.

·               Batas sistem (boundary)
1.             Sistem tersebut tidak membahas bagaimana cara penukaran bukti sector dengan tiket aksi.
2.             Kami tidak membahas penentuan jadwal dan tarif setiap maskapai.
3.             Kami tidak membahas bagaimana cara tentang pembatalan tiket, termasuk berapa jumlah nilai dari nilai setoran yang dapat kami berikan kepada pemesan.

·               Lingkungan luar sistem (environment)
1.             Bank sebagai sarana pembayaran / transaksi pemesanan tiket pesawat terbang.
2.             Instansi maskapai penerbangan.

·               Masukan sistem (input) 
Entri data merupakan informasi yang menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam satu pesawat.

·               Keluaran sistem (Output)
Data reservasi , yang merupakan data pemesan yang telah tervalidasi.




·               Pengolah sistem (Process)
1.             Data yang masuk dari pemesan difilter dengan beberapa kriteria, salah satunya adalah informasi mengenai jumlah nilai setoran yang masuk pada system, apakah sesuai dengan nilai yang seharusnya disetor.
2.             Data yang masuk pada system reservasi ini yang berkaitan dengan informasi jadwal penerbangan,kelas tiket pesawat, jumlah tiket yang diinginkan pemesan harus disesuaikan dengan ketersediaan tiket yang ada.
3.             Data penumpang pesawat terbang diperoleh dari data reservasi yang sudah tervalidasi. Tiket pesawat terbang dipelloreh dari data penumpang yang sudah tervalidasi.
4.             Pembatalan keberangkatan dilakukan dengan melakukan konfirmasi pembatalan erhaddap system.
5.             Data daftar penumpang dalam satu pesawat diperoleh dari data penumpang yang sudah tervalidasi dan penumpah yang sudah mendapatkan tiket. Data pembatalan tiket pesawat terbang juga diperhitungkan dalam penentuan penumpang dalam satu pesawat terbang.

·               Penghubung Sistem(Interface)
1.             Orang- orang yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat terbang.
2.             pemesan dapat melakukan proses reservasi kapanpun dan dari manapun melalui portal online yang sudah sediakan
3.             Sistem reservasi pesawat terbang dapat diakses secara online di setiap tempat yang memiliki sambungan internet.




·               Tujuan / Sasaran Sistem (Goal)
Mempermudah pengguna transportasi pesawat terbang untuk memperoleh informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam satu pesawat, pemesanan tiket pesawat terbang. Manfaat Sistem :
1.             Sistem reservasi pesawat terbang berbasis web dapat menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang dan juga pembatalan keberangkatan suatu pesawat terbang.
2.             Sistem reservasi pesawat terbang dapat diakses secara online di setiap tempat yang memiliki sambungan internet. Sehingga sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan reservasi pesawat terbang.
3.             Sistem reservasi Pesawat Terbang didesain menggunakan metode pengolahan data langsung. Penggunaan pengolahan data langsung tersebut dimaksudkan agar setiap kejadian atau informasi pemesanan tiket dapat secara langsung diproses dengan cepat.

Pihak-pihak yang terlibat dalam sistem :
1.             Pelanggan.
2.             Maskapai
3.             Pegawai
4.             Managemen
5.             Pemesan




Metode Pengembangan Sistem :
Pendekatan Prototyping adalah proses iterative yang melibatkan hubungan kerja yang dekat antara perancang dan pengguna, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh klient dapat terpenuhi oleh pengembang dengan memberikan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut. Dalam hal ini pelanggan dapat melakukan customizing terhadap aplikasi tersebut, termasuk dalam hal desain interfacenya.
a.             Proses Prototyping
1)            Pengumpulan kebutuhan: developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya;Perancangan: perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype; Evaluasi Prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.
2)            Perancangan: perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype;
3)            Evaluasi Prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.

Alasan Penggunaan Model Prototyping
1)            Komunikasi antara analis sistem dan pemakai membaik.
2)            Analis dapat bekerja dengan lebih baik dalam menemukan kebutuhan pemakai.
3)            Pemakai berperan lebih aktif dalam pengembangan system.


E.      Perbandingan Paper Ticket dengan E-Ticketing

1.      Hal-hal yang dibutuhkan untuk Implementasi E-ticketing Terhadap Konsumen, Komunikasi dan Perusahaan
a.             Ketersediaan Teknologi
Teknologi yang berkembang saat ini yang mendukung e-ticketing adalah jaringan internet, melalui media website. Dengan adanya internet dan melalui media web, maka masyarakat dapat mendapatkan tiket secara online dengan adanya jaringan internet dan melalui media web yang telah tersedia.

b.             Ketersediaan perangkat
Ketersediaan perangkat yang ada untuk mendukung jalannya e-ticket yaitu adanya media komputer dan jaringan internet yang bisa diakses dan dijangkau demi tercapainya dan berjalannya e-ticket.
                                                         
2.      Aplikasi untuk Implementasi E-ticketing CITOS (city terminal online system)
Merupakan sebuah sistem reservasi tiket yang diberi nama CITOS (city terminal online system). Sistem berbasis web dengan teknologi tinggi, terjaring dan mudah diakses oleh siapa saja. Hingga melakukan reservasi tiket menjadi mudah, cepat, akurat dan langsung bisa print sendiri tiketnya.
CITOS e-system dapat berfungsi sebagai sekretaris Pribadi anda. Bagi anda yang memiliki kesibukan tinggi, CITOS e-system memberi kemudahan dan kepastian dengan memilih sendiri dan menjadwal penerbangan serta mendapat tiketnya secara langsung.
CITOS e-system memberikan kemudahan istimewa dalam melakukan reservasi hanya tiga langkah mudah: pertama, lihat seat availibility, booking dan cetak e-tiket. Sangat tepat untuk mendukung travel businness dan korporat juga siapapun yang berminat di bisnis travel & tiketing CITOS. system memungkinkan travel agent melayani konsumen dengan mencetak sendiri e-tiket Hal yang selama ini sangat sulit dipenuhi karena sulitnya mendapat keagenan.
3.      Langkah-langkah e-ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana dengan e-ticketing kita tidak repot mengantri dalam memesan tiket. Langkah-langkah E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah yang paling utama. Sebagai seorang mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle, ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda. Menelepon Call Center maskapai penerbangan yang dipilih. Langkah berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat melakukannya melalui ATM, serta credit card. Call Center yang menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit card. Terjamin semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di seluruh kantor penjualan tiket maskapai penerbangan (airport).

4.             Check in dengan e-ticket
Untuk check in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter check-in dan menunjukkan kode booking atau kode konfirmasi. Maskapai tertentu bahkan tidak membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang. Setelah reservasi telah dikonfirmasi, penumpang dapat check-in bagasi dan diberikan boardingpass.
E-ticket saat ini telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesian, Airasia, Mandala-air, dan Batavia air. Lion-air juga telah mengaplikasikan sistem e-ticket ini. Namun berbeda dengan maskapai lainnya. Lion air menggunakan e-ticket bagi penumpang langsung, bukan untuk didistribusikan melalui travel agent.

5.      Kelebihan dan kekurangan E-Ticket
a.      Kelebihan E-Ticket
1.      Mudah dan ringkas, pelanggan dapat dengan mudah membeli tiket melalui internet karena tidak memerlukan proses issued tiket sebagaimana halnya paper tiket.
2.      Tidak perlu susah payah membawa tiket lagi.
3.      Bagi yang memerlukan bukti print out itinerary, bisa dilakukan print dan jika print ini hilang maka kita dapat meminta print ulang kembali.
4.      Dengan dapat dikuranginya/dihilangkannya biaya penerbitan tiket, akan berdampak sedikit banyaknya ke harga tiket (harga tiket turun).
5.      Terhindar dari kehilangan tiket pesawat secara fisik, karena pada dasarnya, setelah kode booking dikonfirmasi, nama penumpang telah tercatat di sistem.
6.      Data valid dan akurat sesuai dengan kondisi dan identitas yang sebenarnya.
7.      Harga yg tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yg seringkali tidak terbaca tulisannya.
8.      Penumpang tidak perlu bertemu secara fisik dengan travel agent karena e-ticket bisa didapat melalui email, fax atau hanya berupa sms code booking, dan pembayaran bias dilakukan dengan transfer via ATM atau internet/sms banking.
9.      Bagi perusahaan perusahaan penerbangan, biaya penerbitan/pencetakan tiket dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
B. Kekurangan E-Ticket
Tidak semua orang mengerti tentang internet artinya belum bisa mengoprasikan internet itu sendiri
Keterbatasan pihak maskapai penerbangan dalam memasarkan tiketnya secara online
Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online
Belum semua orang mengetahui dan paham betul tentang e-ticketing
Adanya kekhawatiran mengenai jaminan keamanan atas kode-kode kartu kredit, atm, dan lain-lain setelah pembayaran transaksi.



6.      Kelebihan dan kekurangan Paper Ticket
a.      Kelebihan Paper Ticket
1.      Penumpang langsung bertemu secara fisik dengan travel agent sehinga informasi yang diperoleh lebih mudah dimengerti.
2.      Tidak akan terjadi kesalahan tujuan yang tercantum pada tiket sebab pembelian dilakukan secara langsung sedangkan melalui E-ticketing bisa terjadi kesalahan apabila konsumennya kurang paham akan sistem online.
3.      Keamanan transaksi relatif lebih terjamin dibanding E-ticketing yang harus membayar via Credit card atau transfer melalui atm.

b.             Kekurangan Paper Ticket
1.            Tidak efisien karena banyak menggunakan print out.
2.            Data penumpang terkadang tidak valid.
3.            Penumpang beresiko kehilangan tiket.
4.            Bagi perusahaan penerbangan, mengeluarkan biaya yang besar untuk percetakan tiket.














BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan
1.             Sistem reservasi pesawat terbang berbasis web dapat menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang dan juga pembatalan keberangkatan suatu pesawat terbang.
2.             Sistem reservasi pesawat terbang dapat diakses secara online di setiap tempat yang memiliki sambungan internet. Sehingga sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan reservasi pesawat terbang.
3.             Dengan adanya sistem pemesanan tiket pesawat secara online, maka informasi mengenai tiket, informasi mengenai jadwal penerbangan dan pemesanan melalui internet atau secara online dapat dilakukan denagn cepat dan mudah.
4.             E-ticket memiliki banyak keunggulan dari paper ticket ditinjau dari kemudahan dan efisiensi transaksi. Akan tetapi, jika ditinjau dari segi keamanan data transaksi maka paper ticket lebih baik dari e-ticket karena tidak ada jaminan keamanan atas kode-kode kartu kredit dan atm penumpang setelah transaksi.

B.            Saran
1.             Calon penumpang diharapkan berhati-hati memilih travel agent maupun situs di internet supaya terhindar dari penipuan.
2.             Waktu merupakan komponen pembentuk preferensi pembelian online yang paling krusial,oleh karena itu produsen harus memperhatikan jumlah waktu yang dibutuhkan oleh konsumen untuk melakukan pembelian tiket pesawat melalui internet. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan waktu pemesanan yaitu dengan menanam sistem pemesanan tiket online yang tidak berbelit-belit dan mudah digunakan didalam website pemesanan tiket pesawat yang disesuaikan dengan kecepatan akses internet di Indonesia.Kedua adalah mengembangkan sistem pemesanan online yang dapat diakses lewat telepon seluler sehingga dalam keadaan berjalanpun, konsumen dapat memesan tiket pesawat.
3.             Harga tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi pembelian online, namun produsen harus tetap mempertahankan tingkat harga yang masuk akal dalam arti harga yang ditawarkan tidak membuat produsen yang bersangkutan merugi dan tetap dipandang konsumen sebagai harga yang kompetitif.
4.             Pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap preferensi pembelian online, namun produsen juga harus tetap mempertahankan kualitas keprimaan pelayanana agar kolnsumen tidak memberikan testmonial yang merugikan produsen.
5.             Alternatif tidak memiliki pengaruh terhadap prefernsi pembelian online. Hal ini memberikan peluang kepada produsen untuk fokus terhadap produk utamanya dan mengembangkannya semaksimal mungkin.



















DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...