animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Senin, 21 Mei 2018

Jenis Dan Peranan Iptek Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul : “Jenis Dan Peranan Iptek Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup” insya Allah dengan baik dan tepat waktu untuk memenuhi tugas Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bengkulu Tengah.
Lingkungan hidup haruslah kita rawat dengan sebaik-baiknya, agar komponen yang ada di dalamnya dapat hidup dengan tenang dan nyaman. Lingkungan hidup mestilah kita lestarikan keberadaannya, demi terciptanya alam yang hijau dan asri. Di era globalisasi, penggunaan teknologi semakin canggih, segala bentuk kegiatan pasti dihubungkan dengan IPTEK termasuk pengelolaan lingkungan hidup.
Untuk itu makalah ini menyajikan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan IPTEK, semoga makalah ini dapat menunjang dalam pembelajaran.
Makalah ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak yang terlibat. Untuk itu, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak-pihak yang sudah terlibat dalam penyusunan makalah ini.
Kami sangat menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan–kekurangan karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh penyusun yang terkait dengan judul diatas. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah ini.
Dengan penuh kerendahan hati penulis memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini, serta dengan lapang dada menerima saran dan masukan yang sifatnya konstruktif bagi kesempurnaan makalah ini. Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk siapapun yang membacanya terutama bagi yang mencintai dan yang memiliki perhatian besar pada pengelolaan lingkungan hidup.
Aamiin.



Taba Penanjung, 14 Agustus 2017



Penyusun      


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR             i
 DAFTAR ISI ii 
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang    1
1.2  Rumusan Masalah          1
1.3  Tujuan dan Manfaat       1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian dan Fungsi dari Lingkungan Hidup           2
1. Pengertian Lingkungan Hidup     2
2. Fungsi Lingkungan Hidup            2
2.2 Menilai Jenis dan Peranan IPTEK dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup            3
1. Pengertian IPTEK   3
2. Peranan IPTEK dalam Kehidupan Manusia       3
  3. Jenis-Jenis IPTEK Dilihat dari Bidangnya       5
4. Perkembangan IPTEK Saat Ini     7
5. Dampak Positif dan Negatif yang Ditimbulkan dengan Adanya IPTEK       7
 6. Pola Sikap untuk Menanggapi Peran IPTEK dalam Kehidupan Manusia    9
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan        10
3.2 Saran        10
DAFTAR PUSTAKA














BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
       Lingkungan hidup merupakan hal yang paling dekat dengan kehidupan manusia, sejak manusia itu lahir sampai akhir hayatnya. Dalam kehidupan sehari-hari, dalam melaksanakan semua kegiatannya, manusia pasti tidak lepas dengan lingkungan hidup, baik di rumah, di sekolah, dan di tempat lainnya. Sebagai manusia sudah menjadi keharusan untuk melestarikan lingkungan hidup, agar terhindar dari berbagai penyakit dan bencana akibat kurangnya kepedulian terhadap lingkungan hidup.
       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan sebutan bagi kemajuan zaman sekarang ini. Berkaitan dengan lingkungan hidup sebagai bagian dari kehidupan manusia maka lingkungan hidup tidak luput dari pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dari tahun ke tahun, IPTEK sudah semakin maju dan menjadi pengaruh pada kehidupan manusia. IPTEK sangat berguna bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Dikatakan demikian, karena dengan bantuan IPTEK, kita bisa memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungan hidup. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika manusia yang hidup pada zaman sekarang juga mengikuti perkembangan IPTEK tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
       Namun, pemanfaatan IPTEK juga tidak mudah dilakukan, untuk itu perlu memperkenalkan IPTEK dari sejak dini. IPTEK merupakan kekuatan utama peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban suatu bangsa.
Salah satu tujuan utama dari penggunaan teknologi dalam lingkungan hidup adalah untuk mempermudah pengelolaan dan pemanfaatan dari lingkungan hidup.
  
B.            Rumusan Masalah
1.             Apakah pengertian dari lingkungan hidup?
2.             Apa saja fungsi lingkungan hidup?
3.             Apa yang dimaksud dengan IPTEK?
4.             Apa sajakah jenis-jenis IPTEK?
5.             Apa sajakah peranan IPTEK dalam pengelolaan lingkungan hidup?
6.             Bagaimana pengaruh IPTEK terhadap kehidupan?





C.           Tujuan dan Manfaat
1.             Agar mengetahui bagaimana IPTEK dalam peranannya sebagai sarana untuk mempermudah kehidupan manusia dalam pengelolaan lingkungan hidup
2.             Agar menambah wawasan mengenai lingkungan hidup
3.             Agar lebih peka terhadap lingkungan hidup, khususnya pada alam sekitar kita
4.             Agar lebih menghargai lingkungan sekitar
5.             Dapat menggunakan IPTEK dalam lingkungan hidup dengan baik






























BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian dan Fungsi dari Lingkungan Hidup
1.      Pengertian Lingkungan Hidup
Lingkungan Hidup adalah sebuah kesatuan ruang dengan segala benda dan makhluk hidup didalamnya termasuk manusia dan prilakunya yang mempengaruhi keberlangsungan pengkehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup yang lainnya. Lingkungan hidup mencakup ekosistem, perilaku sosial, budaya, dan juga udara yang ada. Definisi lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia serta mempengaruhi kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan dibedakan menjadi 2 yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang hidup, misalnya tumbuhan dan manusia. Sementara lingkungan abiotik mencakup benda-benda tidak hidup seperti rumah, gedung, tiang listrik dan lain-lain.
Sementara pengelolaan lingkungan hidup memiliki definisi yaitu upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kegiatan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.

2.      Fungsi Lingkungan Hidup
a.      Sebagai Tempat Tinggal
       Dengan adanya lingkungan hidup yang baik tentunya manusia, hewan, serta tumbuhan dapat berkembangbiak serta berinteraksi dengan baik. Sehingga peran manusia, hewan, serta tumbuhan bagi lingkungan hidup pun akan tetap terjaga.

b.      Sebagai Tempat Mencari Makan
       Manfaat lingkungan hidup sebagai tempat mencari makan berlaku untuk setiap makhluk hidup yang ada di lingkungan. Karena di lingkungan hidup sendiri terdapat sebuah mekanisme yang bernama “rantai makanan” atau piramida makanan.





c.       Sebagai Penyedia Kebutuhan Vital
       Manfaat lingkungan hidup sebagai penyedia kebutuhan vital yang dimaksud adalah bahwa selama ini lingkungan hidup yang membentuk suatu jaringan kehidupan lewat tersedianya kebutuhan-kebutuhan vital yang diperlukan oleh semua makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen, air, dan sebagainya yang nantinya akan dibentuk menjadi siklus air, siklus energi, siklus udara, siklus hujan, dan sebagainya.

B.      Menilai Jenis dan Peranan IPTEK dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup
1.      Pengertian IPTEK
       Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang telah teruji kebenarannya. Misalnya, pengetahuan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai makhluk sosial. Kemudian, pengetahuan itu diselidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusia itu makhluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau didasari seorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan tidak bisa di katakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah di lihatnya.
Teknologi merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan maksimal. Teknologi juga dapat di artikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan. Dengan demikian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia. Adapun macam-macam teknologi, antara lain :
1.      Teknologi maju, yakni teknologi tingkat pertama suatu usaha yang mengarah pada bidang pendidikan, latihan serta pembinaan para tenaga peneliti ilmiah untuk selalu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang vital serta dibutuhkan oleh suatu negara.
2.      Teknologi adaptif (teknologi madya), yakni perkembangan dari suatu teknologi di suatu negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
3.      Teknologi protektif, adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi, dan regenerasi) segenap sumber daya alam yang ada.


2.      Peranan IPTEK dalam Kehidupan Manusia
Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa teknologi di berbagai bidang. Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada.
Salah satu kelebihan manusia dari makhluk lain adalah kemampuan manusia dalam menciptakan dan menggunakan alat. Salah satu ciptaan manusia yang menakjubkan adalah mesin-mesin yang diantaranya adalah :
a.             Mesin Bakar
         Prinsipnya bahan bakar dicampur udara yang dimampatkan dalam silinder, diledakan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai kemudian memampatkan bahan bakar dan udara yang baru, kemudian diledakan dan seterusnya.

b.             Mesin Disel
Prinsipnya hampir sama dengan mesin bakar, tetapi tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang digunakan yaitu solar.

c.             Jet
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara, dibakar dalam tabung pembakar. Gas panas yang dihasilkan digunakan untuk menggerakan mesin dan seluruh tubuh pesawat. Mesin jet dapat menggunakan atau tanpa menggunakan turbin.

d.             Roket
Prinsipnya hampir sama dengan jet, hanya di sini digunakan bahan bakar padat yang telah mengandung oksigen. Jadi, tidakmperlu dicampur udara.

e.             Komputer
Ada banyak peran komputer dalam hidup manusia. Komputer dapat digunakan sebagai mesin hitung, mesin tulis, pengganti ensiklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industri maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.


f.              Nuklir
Nuklir dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga, mensterilkan alat-alat kedokteran, kesehatan/pengobatan, peningkatan daya guna tanaman pertanian, pengawetan bahan makanan, pengawetan kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radiografi, hidrologi, dan penelitian pencemaran lingkungan.

g.             Teknologi Komunikasi
Manfaat teknologi kominikasi antara lain percetakan sebagai media komunikasi massa, telegrafi untuk berita jarak jauh dengan bahasa kode kemudian diterjemahkan, telepon untuk jarak dekat maupun jauh dengan bahasa lisan.

h.             Radio dan Televisi
Keunggulan radio dapat berkomunikasi tanpa kawat, cinema dapat mengkomunikasikan kesan pesan secara utuh baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Televisi dapatmengkomunikasikan pesan/kesan yang lengkap seperti cinema, tetapi untuk jarak jauh tanpa kawat.

i.               Satelit Komunikasi
Dapat mempertinggi daya guna semua media di atas dengan meningkatkan daya pancar ke seluruh dunia sehingga dapat diharapkan untuk meningkatkan saling pengertian antarbangsa di dunia.

j.              Internet
Adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah ke seluruh penjuru dunia dengan cepat lewat komputer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan denga biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.









Secara spesifik, peranan IPTEK dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1)      Peranan Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia
a.      Pangan
Dampak yang ditimbulkan oleh IPTEK ada yang positif dan ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain :
1.             Ditemukannya bibit unggul dengan memanfaatkan sinar zat radioaktif yang dapat mengadakan mutasi gen.
2.             Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memanen hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
3.             Pemberantasan hama dan membunuh kuman-kuman pembusuk menggunakan radiasi yang bersumber dari tenaga nuklir.

Dampak negatifnya antara lain :
1.      Pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan dapat meracuni manusia itu sendiri.

b.      Sandang
       Dengan kemajuan teknologi, kita tidak perlu menunggu terlalu lama hasil serat tanaman kapas karena dengan serat sintesis, pembuat tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat. Dalam hal perhiasan, perkembangan IPTEK telah dapat dibuat intan sintesis, berdasar dari struktur intan mengubah struktur heksagonal dari karbon grafit menjadi struktur tetragonal dari intan.
Sedangkan dampak negatifnya antara lain : pemakaian serat sintesis, jika menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk. Namun, apabila dibakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon dan dapat mencemarkan tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.






c.      Papan
       Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung pencakar langit sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membangun pemukiman. Disamping itu, manusia akan berusaha memanfaatkan lautan dan antariksa sebesar-besarnya, melalui pulau-pulau buatan.

3.      Jenis-Jenis IPTEK Dilihat dari Bidangnya
       Beberapa jenis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bila dilihat dari bidangnya akan terdiri dari :
1.             IPTEK Bidang Energi
       Tidak bisa disanggah lagi jika pada era sekarang, segala aktivitas yang dilakukan masyarakat modern sangat ketergantungan kepada ketersediaan energi. Hampir di semua sektor kegiatan, energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu, penggunaan IPTEK akan sangat terkait dengan kecukupan ketersediaan bidang energi.

2.             IPTEK Bidang Sumber Daya Alam
       Teknologi yang dikembangkan untuk menjaga sumber daya alam yang terdapat di lingkungan sekitar kita agar terkelola dengan baik serta menjaga kualitas dan kuantitasnya sampai jangka waktu yang panjang.

3.             IPTEK Bidang Industri
       Teknologi yang dijalankan dengan proses produksi, yang mana industri wajib menerapkan produksi bersih untuk meminimalisasi dan mengendalikan limbah yang terbentuk. Dapat dilakukan dengan dua cara untuk mengendalikan bahan baku dan hasil produksi yaitu pertama dengan mengurangi jumlah bahan berbahaya dan beracun. Kedua, mengendalikan proses produksi seefisien mungkin, baik dalam pemakaian energi ataupun bahan baku yang berdampak pada biaya operasional dan kualitas produk.







4.             IPTEK Bidang Pertanian
       Penggunaan teknologi dalam pertanian adalah berkaitan dengan bioteknologi, budidaya organic, pengolahan industri hilir, penanganan dan pemanfaatan limbah, tataguna air dan teknologi informatika untuk pemasaran. Contohnya adalah pada penggunaan pestisida alami dan pemanfaatan lahan yang produktif. Teknologi pertanian yang berkaitan dengan bioteknologi merupakan aplikasi teknologi yang dapat diterapkan dalam bidang pertanian. Bioteknologi memiliki keuntungan, antara lain :
1.            Potensi hasil panen yang lebih tinggi
2.            Mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida
3.            Pemanfaatan lahan yang efektif
4.            Kualitas makanan dan gizi yang lebih baik
5.            IPTEK Bidang Kesehatan
     
IPTEK yang mencakup usaha peningkatan pelayanan kesehatan, bidang farmasi, dan keluarga berencana. Salah satunya memanfaatkan IPTEK nuklir dalam bidang kesehatan. Dampak positifnya antara lain :
a)     Meningkatkan ilmu dan fasilitas di bidang kedokteran. Berkembangnya cabang-cabang ilmu di bidang pengobatan dan penemuan alat kedokteran seperti mikroskop, banyak membantu pemecahan masalah di bidang kedokteran.
b)     Meningkatkan teknologi obat-obatan. Dengan ditemukannya teknologi material, orang dapat mengetahui susunan suatu zat, sifat-sifatnya jumlah masing-masing bagian dari susunan suatu persenyawaan.
c)     Memberantas penyakit menular. Perkembangan ilmu pengetahuan menyebabkan keberhasilan ilmu kedokteran dalam mengikuti tingkah laku dinamika gelombang epidemic, sehingga mampu mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.

Dampak negatifnya adalah :
a)     Timbulnya penyakit kanker yang dianggap berasal dari kemajuan IPTEK, yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya, melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang.
b)     Timbulnya penyakit karena kesibukan atau kekhawatiran ketika bekerja, seperti darah tinggi, jantung, ginjal, liver, dan lain-lain.
c)     Timbulnya penyakit karena kesalahan gaya hidup, misalnya penyakit jantung, hipertensi, stress dan aids.
4.             Perkembangan IPTEK Saat Ini
       Perkembangan IPTEK di era sekarang ini sangat pesat, apapun itu pasti dihubungkan dengan teknologi. Dimulai dari kita bangun tidur karena mendengar suara adzan dari mesjid di seberang sana, dikarenakan kerasnya suara itu hingga terdengar oleh orang sekitar. Itu semua berkat adanya teknologi. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Pantas saja manusia saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Karena hampir semua kegiatan manusia pasti ada hubungannya dengan teknologi.

5.             Dampak Positif dan Negatif yang Ditimbulkan dengan Adanya IPTEK
       Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari lingkaran kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh ilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia. Walaupun IPTEK mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti IPTEK sinonim dengan kebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan. Oleh karena itu, IPTEK tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang :
a.             Bidang informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain :
1)     Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
2)     Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone, dan lain sebagainya.

        

Disamping keuntungan-keuntungan yang diperoleh, ternyata kemajuan-kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif antara lain :
1.            Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
2.            Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu

b.             Bidang Ekonomi Dan Industri.
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain :
1.            Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.            Terjadinya industrialisasi
3.            Produktifitas dunia industri semakin meningkat

c.             Bidang sosial dan budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat :
1)           Meningkatnya rasa percaya diri
       Kemajuan teknologi di negara-negara Asia melahirkan fenomena  yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

2)           Tekanan
       Kompetisi yang tajam diberbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun, dan pekerja keras.
Meskipun demikian, kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek budaya antara lain : kemerosotan moral dikalangan warga masyarakat. Khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani.




d.             Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang penting dalam bidang pendidikan antara lain :
1)     Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2)     Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.

Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain :
1)       Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal, dan lain sebagainya.
 
e.             Bidang Politik
       Dibidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi  telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerja sama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.

6.             Pola Sikap untuk Menanggapi Peran IPTEK dalam Kehidupan Manusia
       Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar peran IPTEK tidak lagi menjadi tujuan hidup manusia dan mengeksploitasi kehidupan manusia, tetapi hanya sebagai sarana manusia dalam mencapai kebahagiaan hidupnya.
a.             Kita harus menetapkan strategi  pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar sesuai dengan nilai-nilai budaya yang dijunjung oleh nenek moyang kita selama ini.
b.             Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu diikutsertakan peran agama yang menyokong nilai-nilai moralitas. Karena pengembangan IPTEK tanpa didasari nilai-nilai moralitas hanya akan menciptakan bumerang yang akan mencekik penciptanya dan menimbulkan malapetaka kemanusiaan.
c.             Konsep tauhid perlu diikutsertakan dalam mengawal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam arti apapun, yang kita lakukan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, harus selalu ditundukkan kepada Dzat Yang Maha Menguasai alam semesta, yaitu Allah SWT. Sehingga, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, tujuan kita bukan mengeksploitasi kekayaan bumi atau memuaskan nafsu, tetapi dalam rangka beribadah kepada-Nya.
d.             Ilmu pengetahuan dan teknologi jangan lagi dijadikan sebagai tujuan hidup kita. Karena semua ini hanyalah kebudayaan atau sarana kita untuk mencapai tujuan hidup yang sejati, yaitu peradaban yang diliputi kebahagiaan dan ketentraman hidup.


























BAB III
PENUTUP

A.           Kesimpulan
       Setelah kami mempelajari mengenai pengelolaan lingkungan hidup dan IPTEK, maka kami dapat menyimpulkan bahwa lingkungan hidup adalah peran yang paling utama dalam kehidupan makhluk hidup. Makhluk hidup dapat bertahan karena adanya lingkungan hidup. Teknologi yang semakin canggih membuat manusia lebih mudah dalam mengelola lingkungan hidup.
       Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Hasil dan manfaat yang kita peroleh dapat sesuai dengan apa yang diharapkan jika kita mengelolanya dengan benar.

B.            Saran
       Untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, maka kami berharap bahwa pemerintan di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh seluruh pengguna teknologi.








DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...