animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 19 Mei 2018

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli


Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Nilai yang merupakan sebuah bahasan yang ada dalam sebuah filsafat dimana nilai merupakan salah satu cabang dari filsafat yang disebut dengan aksiologi atau filsafat nilai. Nilai merupakan sebuah landasan ataupun alasan dalam sebuah tingkah laku dan sikap, baik yang dilakukan secara sadar ataupun tidak.
Nilai juga dapat diartikan sebagai sifat dari sesuatu yang bepengaruh dalam kehidupan manusia, baik secara lahir maupun batin. Makna dari nilai secara teoritis merupakan sebuah keyakinan yang mampu untuk dijadikan pertanggungjawaban baik dalam hubungan antar sesama dan juga dalam hubungan dengan Sang Pencipta.
Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan pengertian dan definisi nilai menurut para ahli :
1.            Ralp Perry: Nilai yang dijelaskan oleh Ralp Perry merupakan suatu objek yang berasal dari minat suatu individu.

2.            Fraenkel: Fraenkel menjelaskan nilai merupakan sebuah konsep ataupun ide mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.

3.            Kupperman: Pengertian nilai menurut Kupperman adalah sebuah patokan yang bersifat normatif dan dapat mempengaruhi manusia dalam menentukan sebuah pilihan.

4.            Louis O. Kattsof: Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang merupakan nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua adalah nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam mencapai suatu tujuan.

5.            Mulyana: Menurut Mulyana, nilai adalah suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

6.            Gordon Allport: Gordon menjelaskan bahwa nilai merupakan suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.
7.            Danandjaja: Nilai menurut Danandjaja adalah sebuah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kuran penting, apa yang lebih baik dan kuran baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

8.            Kluckhohn: Kluckhon mengemukakan bahwa nilai merupakan sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

9.            Notonagoro : Menurut Notonagoro, nilai terdiri dari tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil, dan rohani.

10.       Purwodarmito: Menurut Purwodarmito nilai dapat dijelaskan menjadi lima hal yang diantaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat penting.

11.       Kimball Young: Pengertian nilai menurut Kimball Young adalah asumsi abstrak dan sering kali tidak disadari apa sebenarnya yang penting dalam masyarakat.

12.       AW Green: AW Green menjelaskan bahwa nilai merupakan kesadaran berlangsung dengan disertai emosi terhadap suatu objek.

13.       Hendropusptio: Nilai menurut Hendropuspito adalah segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

14.       Simanjuntak: Pengertian nilai menurut B.Simanjuntak adalah ide-ide yang berkembang pada masyarakat mengenai sesuatu yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...