“Pengaruh Facebook
Terhadap Remaja”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Penggunaan
internet bukanlah suatu hal yang sangat istimewa untuk kalangan tertentu, baik
dari segi profesi, pendidikan, usia, dan finansial. Semua golongan tersebut
sangat akrab dengan yang namanya internet.
Seiring dengan
berjalannya waktu dan teknologi yang pesat, banyak situs dan aplikasi sosial
media diantaranya Facebook, Twitter, Instagram.
Pada laporan
penelitian sosial ini kami akan mencoba menganalisa dampak pengaruh facebook
terhadap pelajar dan menghubungkannya dengan tingkat prestasi belajar mereka di
sekolah. Laporan penelitian ini sudah kami rancang sedemikian rupa sesuai
dengan topik yang sudah kami bahas secara garis besar.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam
laporan penelitian sosial ini, rumusan masalah yang kelompok kami bisa
simpulkan sesuai dengan masalah pada judul penelitian sosial kami adalah
sebagai berikut :
a) Apa sebenarnya yang dimaksud
dengan Facebook ?
b) Mengapa banyak remaja yang
menggunakan Facebook ?
c) Apa dampak Facebook untuk
kalangan remaja ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan kami dalam melakukan
penelitian sosial adalah sebagai berikut :
a) Untuk mengetahui arti dari
facebook yang sebenarnya.
b) Untuk mengetahui alasan remaja
menggunakan facebook.
c) Untuk mengetahui dampak positif
dan negatif dari facebook untuk kalangan remaja.
1.4 Hipotesis
Hipotesis yang kami buat dalam
penelitian sosial ini terdiri dari dua bagian, yaitu sebagai berikut :
1. Tidak adanya pengaruh facebook
untuk siswa SMA Negeri 2 Balikpapan terhadap prestasi belajar mereka.
2. Adanya pengaruh facebook untuk
siswa SMA Negeri 2 Balikpapan terhadap prestasi belajar mereka.
BAB
II
METODE PENELITIAN
METODE PENELITIAN
Pada bagian ini, metode penelitian sosial yang kami gunakan
adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Metode
penelitian yang kami gunakan pada laporan hasil penelitian sosial kami ini juga
meliputi beberapa indikator, yaitu sebagai berikut :
2.1 Jenis Penelitian
Jenis penelitian sosial yang kelompok kami terapkan pada
laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih
jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya
sebentar sehingga tidak memungkinkan untuk kami menerapkan jenis penelitian
kualitatif.
2.2 Lokasi Penelitian
Lokasi
yang kami gunakan untuk melakukan penelitian adalah lingkungan SMA Negeri
2 Balikpapan seluruhnya.
2.3 Metode Pengumpulan Data
Metode yang kami lakukan dalam
penelitian sosial ini adalah sebagai berikut :
1. Metode Observasi
Metode observasi adalah metode yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap aktifitas di lapangan.
Metode observasi adalah metode yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap aktifitas di lapangan.
2. Metode Study Pustaka
Metode study pustaka adalah metode yang berupa kajian literature yang sesuai dengan penelitian baik berupa buku maupun dari sumber internet.
Metode study pustaka adalah metode yang berupa kajian literature yang sesuai dengan penelitian baik berupa buku maupun dari sumber internet.
2.4 Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA
Negeri 2 Balikpapan. Sedangkan, sampel yang berjumlah 2 orang siswa, dari
masing-masing kelas.
BAB
III
MATERI PENJELASAN TENTANG FACEBOOK
MATERI PENJELASAN TENTANG FACEBOOK
3.1 Sejarah Facebook
Facebook merupakan sebuah situs web jaringan sosial yang
diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada Juli
2007 situs ini mempunyai jumlah pengguna terbesar diantara sistus-situs yang
lainnya.
3.2 Dampak Positif Facebook
a. Lebih informatif, ada new speed,
status update, photos, posted item. Kita bisa lebih mudah memantau hal apa saja
yang terjadi.
b. Lebih mudah mengecek pembicaraan dengan teman0teman kita.
c. Jika ada event kemudian ada foto-foto, kita bisa men-tagged teman kita sehingga teman kita bisa melihat foto tersebut dari tempat mereka.
b. Lebih mudah mengecek pembicaraan dengan teman0teman kita.
c. Jika ada event kemudian ada foto-foto, kita bisa men-tagged teman kita sehingga teman kita bisa melihat foto tersebut dari tempat mereka.
3.3 Dampak Negatif Facebook
a. Autis membayangi kita.
b. Minimnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar karena terlalu asik bermain sosial media.
c. Boros dari segi waktu dan finansial.
d. Mengganggu kesehatan karena tidak banyak bergerak.
e. Waktu menjadi belajar kurang.
f. Kurangnya perhatian untuk keluarga kita.
g. Tersebarnya data pribadi.
h. Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex.
i. Rawan terjadinya perselisihan di dalam facebook.
j. Rawan penipuan.
b. Minimnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar karena terlalu asik bermain sosial media.
c. Boros dari segi waktu dan finansial.
d. Mengganggu kesehatan karena tidak banyak bergerak.
e. Waktu menjadi belajar kurang.
f. Kurangnya perhatian untuk keluarga kita.
g. Tersebarnya data pribadi.
h. Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex.
i. Rawan terjadinya perselisihan di dalam facebook.
j. Rawan penipuan.
3.4 Alasan Remaja Menggunakan
Facebook
1. Mempermudah kegiatan belajar,
karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman
2. Mencari dan menambah teman, karena akun FB dapat berteman kembali dengan teman lama
3. Menghilangkan kepenatan belajar, itu bisa menjadi obat stres setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah.
2. Mencari dan menambah teman, karena akun FB dapat berteman kembali dengan teman lama
3. Menghilangkan kepenatan belajar, itu bisa menjadi obat stres setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah.
3.5 Solusi untuk Mengurangi
Dampak Negatif Facebook
1. Memasang photo profil yang sopan
karena dengan memasang foto profil ydapat menimbulkan bahkan menimbulkan nafsu
2. Membuat FB yang tidak menyindir siapapun. Jangan sekali-kali melampiaskan kepada orang lain di jejaring sosial.
3. Bersikap sopan jaga tingkah laku dan ucapan kita karena dilihat dan disaksikan orang banyak
4. Menulis sesuatu dan menjelekkan orang lain membuat pengguna FB yang lain merasa malu dan terimidasi dengan sikap kita yang sebenarnya hanya bercanda.
2. Membuat FB yang tidak menyindir siapapun. Jangan sekali-kali melampiaskan kepada orang lain di jejaring sosial.
3. Bersikap sopan jaga tingkah laku dan ucapan kita karena dilihat dan disaksikan orang banyak
4. Menulis sesuatu dan menjelekkan orang lain membuat pengguna FB yang lain merasa malu dan terimidasi dengan sikap kita yang sebenarnya hanya bercanda.
BAB
IV
PENUTUP
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian sosial yang telah dilaksanakan
terhadap seluruh siswa SMA Negeri 2 Balikpapan, facebook adalah suatu jejaring
sosial yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Facebook juga mempunyai
beberapa dampak positif, namun juga memberikan dampak negatif. Semua itu
tergantung pada diri kita sendiri. Akan tetapi dampak buruk facebook terhadap
kehidupan sosial remaja lebih berbahaya dan perlu diantisipasi.
4.2 Saran
a. Remaja
Sebaiknya para remaja dapat menggunakan facebook secara
konsekuen dengan cara memilih waktu antara waktu belajar dan menggunakan
facebook serta harus melibatkan peran orang tua untuk mengontrol anaknya dengan
disiplin.
b. Sekolah
Sebaiknya diadakan pembinaan dan sosialisasi terhadap remaja
yang nantinya remaja mengerti apa dampak buruk dari facebook.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya