animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Selasa, 29 Mei 2018

Sumber-Sumber Sejarah


SUMBER SEJARAH MENURUT SIFATNYA
           
Setiap peristiwa yang di alami oleh manusia pada masa lampau akan meninggalkan jejak. Beberapa peristiwa penting dan bersejarah dapat dijadikan objek penelitian yang perlu di telaah, di kaji dan di simpulkan oleh sejarawan. Proses untuk menguji dan mengkaji kebenaran jejak dan peninggalan masa lampau, dilakukan dengan metode dengan metode sejarah yang benar.
Sejarah yang kita pelajari saat ini sebenarnya adalah jejak peristiwa yang sudah di susun secara ilmiah oleh sejarawan. Peristiwa-peristiwa masa lampau di susun menjadi kisah berdasarkan jejak-jejak yang ditinggalkan. Peninggalan-peninggalan masa lampau inilah yang disebut dengan sumber sejarah.
Menurut Louis Gottshalk dalam Pengantar Ilmu Sejarah (Aam Abdillah, 2012:97), sumber-sumber bahan sejarah dibagi menjadi dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder.
Untuk merekontruksi kembali peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi suatu kisah diperlukan adanya sumber sejarah, bukti, serta fakta-fakta sejarah. Dari sumber sejarah dapat diperoleh informasi yang menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa tertentu. Penggunaan sumber dalam belajar sejarah menjadi sangat penting karena sejarah merekonstruksi peristiwa yang benar-bear terjadi pada masa lalu. Informasi yang diperoleh dari data atau sumber sejarah adalah keterangan sekitar apa yang terjadi, siapa pelakunya, di mana peristiwa itu terjadi dan kapan peristiwa itu terjadi. Seluruh keterangan inilah yang dijadikan dasar untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu menjadi sebuah karya sejarah. Oleh karena itu karya sejarah merupakan sebuah karya nonfiksi. Menurut beberapa ahli, pengertian sumber sejarah antara lain sebagai berikut :
a.             Zidi Gazalba
Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tulisan, dan visual.
b.      Muh. Yamin
Sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.
c.       R. Moh. Ali
Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman Purba sampai dengan sekarang.





1.             Sumber Primer
Sumber primer adalah kesaksian dari seorang saksi dengan mata kepala sendiri atau dengan alat indra yang lain. Sumber primer dihasilkan oleh orang yang pada zaman yang sama dengan peristiwa yang dikisahkan. Sumber primer harus asli dalam arti kesaksiannya tidak berasal dari sumber lain. Contoh sumber primer misalnya prasasti, kronik, piagam, dan candi yang benar-benar berasal dari zamannya.
Sumber sejarah primer adalah sumber sejarah yang berkaitan langsung dengan peristiwa sejarah yang dikisahkan. Sumber sejarah primer dapat berupa;
a.             Cerita yang dikisahkan oleh pelaku atau yang menyaksikan secara langsung peristiwa tersebut/sejaman dengan peristiwa. Misalnya sumber sejarah yang bertopik tentang peristiwa pertempuran Ambarawa. Seorang peneliti menemui pelaku sejarah pertempuran Ambarawa untuk menggali sejarah pertempuran tersebut. Dikarenakan seorang yang diwawancarai adalah pelaku pertempuran dan atau hidup sejaman dengan peristiwa tersebut, maka data yang dihasilkan melalui wawancara tersebut dapat dikatakan sumber primer. Selain itu, sumber sejarah primer juga dapat berupa 
b.             Tulisan, benda, bahan-bahan yang sejaman dengan peristiwa. Contoh : yang diungkapkan secara lisan misalnya kesaksian pelaku sejarah ,  yang berupa sumber tulisan diantaranya dokumen, surat pemerintah/surat pribadi, surat kabar, naskah perjanjian, arsip; atau sumber sejarah yang berupa benda misalnya candi, bangunan, benda artefak atau benda yang digunakan oleh manusia purba pada masa pra aksara. 
Keterangan:
a.      Sumber sejarah lisan: adalah sumber sejarah berisi keterangan tentang peristiwa pada masa lampau yang diperoleh dari pelaku atau saksi peristiwa tersebut. 
b.      Sumber sejarah berupa tulisan: adalah keterangan tentang peristiwa masa lampau yang diperoleh melalui prasasti, dokumen, naskah, rekaman suatu kejadian.
c.      Sumber sejarah berupa benda: keterangan tentang peristiwa masa lampau yang diperoleh melalui benda purbakala/kuno, misalnya fosil, kapak, gerabah, candi, patung, gedung, dl





Sumber primer disebut juga sumber utama atau sumber asli. Merupakan informasi yang diperoleh secara langsung dari pelaku atau saksi peristiwa bersejarah. Contoh sumber primer tertulis adalah arsip-arsip. Arsip dianggap sebagai sumber primer karena ditulis pada saat terjadinya peristiwa yang dilaporkan. Untuk sumber primer yang berupa keterangan lisan, contohnya antara lain adalah naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sumber primer dapat menjadi sumber utama untuk melihat dan memahami kebenaran terhadap kejadian masa lalu.
Description: http://4.bp.blogspot.com/-FKoCRZ8y9C4/U1_-GpJhyPI/AAAAAAAAACY/H6ry01knNUQ/s1600/ihih.jpg

2.             Sumber Sekunder
Sumber sekunder adalah sumber yang berisi infomasi yang tidak langsung atau bukan dari pelaku maupun saksi mata. Sumber sekunder memiliki nilai yang lebih rendah daripada sumber primer. Contohsumber sekunder adalah informasi yang disampaikan oleh sejarawan baik melalui buku, paper, maupun surat kabar.
Dalam melakukan penelitian, sejarawan harus mengutamakan sumber primer. Sumber sekunder dapat digunakan sebagai pendukung sumber primer.
Penggunaan sumber sekunder dibatasi untuk empat tujuan berikut.
1.             Digunakan dalam rangka memperoleh bahan bacaan yang menjadi acuan untuk memudahkan peneliti dalam memperoleh bahan-bahan bacaan yang relevan dalam penelitiannya.
2.             Digunakan dalam rangka memperoleh petikan dari sumber primer. Akan tetapi dalam penggunaan selanjutnya, petikan tersebut harus dicek pada sumber aslinya.
3.             Digunakan dalam rangka memperoleh interpretasi orang lain atas topic yang juga sedang di teliti. Akan tetapi interpretasi tersebut bukan untuk diikuti secara membabi buta, melainkan untuk diuji ulang dan diluruskan melalui karya yang sedang dikerjakan.
4.             Digunakan dalam rangka memperoleh latar belakang yang memadai tentang sebuah topic agar peneliti mempunyai bekal pengetahuan tentang peristiwa.

Apabila sumber sejarah primer adalah kesaksian yang berasal dari pelaku, saksi mata, atau tulisan dan benda yang sejaman dengan peristiwa, maka sumber sejarah sekunder adalah kebalikan dari sumber sejarah primer. 
Sumber sejarah sekunder adalah  kesaksian dari siapapun yang bukan saksi mata atau pelaku, juga dari orang yang tidak hadir atau orang yang tidak sejaman dalam peristiwa sejarah yang dikisahkan tersebut ( ini apabila sumber sejarahnya diklasifikasikan sebagai sumber sejarah lisan). Sementara itu, contoh-contoh benda atau tulisan yang termasuk dalam sumber sekunder antara lain buku dari penulis yang tidak sejaman, catatan, dokumen yang tidak sejaman. Misalnya, seorang peneliti sejarah ingin meneliti tentang perisiwa pertempuran Ambarawa. Ia menemukan dokumen yang ia baca pada perputakaan daerah Ambarawa tentang perisiwa pertempuran tersebut. Dokumen tersebut berisi pembahasan tentang latar belakang pertempuran Ambarawa, serta jalannya pertempuran Ambarawa. Dokumen tersebut ditulis dan dibubukan dalam sebuah buku yang diketik dengan komputer, lalu dicetak dan diterbitkan oleh penerbit nasional. Ilustrasi di atas menggambarkan peneliti sejarah mendapati dokumen sekunder, sebab buku yang ditulis tentang peristiwa pertempuran Ambarawa tersebut tidak sejaman dengan peristiwa itu sendiri.
Sumber sekunder berisi informasi atau keterangan yang diperoleh dari perantara, tetapi tidak memiliki hubungan secara langsung terhadap terjadinya peristiwa sejarah. Sumber ini disebut juga dengan sumber kedua. Contoh sumber sekunder tertulis adalah surat kabar sumber yang ditulis oleh sejarawan berdasarkan sumber primer atau sumber yang bukan merupakan kesaksian langsung pada periode sejarah yang diteliti oleh sejarawan.
Surat Kabar
Description: http://3.bp.blogspot.com/-c3H792K2KdE/U1_97fzD3AI/AAAAAAAAACQ/Sv6qIhk2uVM/s1600/yyg.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...