animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Sabtu, 19 Mei 2018

Teks Hasil Observasi Tumbuhan Eceng Gondok


TEKS HASIL OBSERVASI TUMBUHAN

ECENG GONDOK

          Eceng Gondok (Eichhornia Crasssipes), hidup dengan media tanam air. Tumbuhan ini mengapung di permukaan air.
Eceng Gondok bukan tanaman asli Indonesia. Menurut sejarah penemuannya, tanaman Eceng Gondok ditemukan oleh Carl Friedrich Philipp Von Martius. Penemu tersebut adalah seorang ilmuan botani yang berasal dari Jerman.
Eceng Gondok ditemukan di sungai Amazon, Brazil pada tahun 1924. Eceng Gondok mempunyai nama berbeda di tiap daerah, misalnya Ringgek (Lampung), Tumpe (Manado), Ilung-Ilung (Dayak), dan Kelipuk (Palembang).
Eceng Gondok memiliki akar serabut dan tidak memiliki batang penyangga daun.
Daun Eceng Gondok termasuk daun tunggal berbentuk oval. Daun tersebut akan meruncing pada pangkal dan ujung daun. Namun, pada pangkal tangkai daun akan menggelembung karena berisi rongga udara. Permukaan daun tanaman yang licin menyebabkan daun Eceng Gondok tidak basah oleh air di sekelilingnya. Warna daun Eceng Gondok hijau muda hingga hijau tua.
Meskipun Eceng Gondok termasuk tumbuhan liar, tanaman ini memiliki bunga yang tak kalah indahnya dengan tanaman hias.
Eceng Gondok di tanam di pot dan di letakkan di atas meja akan menambah keindahan rumah, akan tetapi tidak akan bertahan lama, jika terkena matahari. Pada umumnya, bunga Eceng Gondok mekar di pagi hari dan layu di sore harinya.
Eceng Gondok memiliki biji yang berwarna hitam. Biji ini berbentuk bulat dan buahnya berbentuk kotak dan memiliki ruang atau rongga-rongga. Buah Eceng Gondok berwarna hijau seperti warna daun.
Habitat Eceng Gondok adalah di perairan air tawar. Eceng Gondok akan tumbuh subur di perairan yang aliran airnya lambat atau tenang (lentik), seperti danau, sungai, rawa, telaga, kolam dangkal, dan tanah basah.
Eceng Gondok di ibaratkan seperti mata uang yang memiliki dua sisi yang berbeda. Selain dapat menimbulkan dampak negative bagi lingkungan, Eceng Gondok juga memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan.
Menurut penelitian Eceng Gondok dapat dimanfaatkan sebagai pembersih polutan logam berat. Eceng Gondok memiliki daya serap yang tinggi terhadap beberapa logam berat, seperti besi (Fe) dan timbal (Pb) yang sering di temukan pada perairan di sekitar industri. Selain dua jenis logam berat tersebut, Eceng Gondok ternyata mampu menyerap dengan baik logam seperti merkuri (Hg), Seng(Zn), tembaga (Cu), dan cadmium (Cd) yang bercampur dengan logam lainnya maupun tidak tercampur di perairan, serta mampu menyerap pestisida jenis 2.4-D dan paraquat.
Eceng Gondok yang telah di ambil dari perairan dapat diolah menjadi barang-barang yang berguna bagi kehidupan manusia. Eceng Gondok memiliki struktur serat yang baik untuk dijadikan beberapa barang yang berguna, seperti bahan pembuat kertas, kompos, biogas, perabotan rumah tangga, kerajinan tangan, maupun sebagai media pertumbuhan bagi jamur merang, dan sebagainya.
Eceng Gondok yang telah di ambil harus dikeringkan terlebih dahulu agar dapat diolah menjadi barang-barang kerajinan. Pengeringan Eceng Gondok biasanya dengan memanfaatkan sinar matahari. Setelah kering, Eceng Gondok akan kerat hingga menyerupai sebuah tali yang memanjang. Tali-tali inilah yang dirajut atau di anyah hingga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan, seperti tas, sandal, bahkan menjadi sofa, kursi, tempat sampah, dan lain-lain.
Dalam membuat sofa dari Eceng Gondok, bahan dasar berupa tali yang kering akan dipadukan dengan besi atau bahan rotan sebagai rangka sofa. Selanjutnya di vernis menjadi furniatur yang cantik.
Produk furniatur dengan bahan baku Eceng Gondok akan bertahan lama dan awet jika tidak terkena air atau hujan. Produk semacam ini telah merambah ke dunia mancanegara sebagai komoditas ekspor.
Usaha-usaha semacam ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru hingga mampu menyerap tenaga kerja hingga bisa mampu mengurangi pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...