animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Senin, 21 Mei 2018

Tentang Bunga Mawar


BUNGA MAWAR

            Nama latin Bunga Mawar rosa santana adalah anama latin bunga mawar merah dari spesies Red climbing rose atau jika dibahasa Indonesiakan adalah bunga mawar merah merambat.
            Mawa (Rosa damascene Mill) merupakan tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Mawar yang dikenal dengan nama bunga ros atau “Ratu Bunga” merupakan symbol kehidupan religi dalam peradaban manusia.
            Bunga mawar sendiri berkaitan erat dengan Indonesia. Tidak hanya dinikmati keindahannya saja namun juga bagian dari adat budaya yang ada.
            Bila kamu ingin melakukan pembibitan sendiri bias mencoba menggunakan metode stek. Pilihlah batang bunga mawar yang sudah cukup tua kemudian potong dengan menggunakan pisau yang bersih sepanjang 10 cm. Siapkan media semai dari polybag atau pot yang telah diisi campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:1. Dinginkan media semai dengan cara dianginkan-anginkan selama 15 hari.
            Buatlah lubang pada media semai dengan ukuran 3 atau 4 cm. Langkah selanjutnya adalah memasukkan batang bunga mawar yang telah distek ke dalam media semai secara perlahan agar kulitnya tidak rusak. Tutup lubang dengan tanah kemudian letakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung atau hujan.









7 Cara Merawat Bunga Mawar Yang Dapat Dicoba
1.             Memilih pot yang tepat.
Pot yang tepat untuk menanam dan merawat bunga mawar adalah yang berjenis tanah liat. Karena pot tanah liat memiliki banyak pori yang membuat air dapat mengalir keluar dan membuat akar tanaman tidak busuk karena air tidak mengembang dalam pot.
2.             Penyiraman yang tepat
Jangan sampai menyiram terlalu banyak hingga air mejadi genangan di dalam pot. Ini menghambat dan membuat tanaman menjadi busuk karena kebanyakan air. Siram Bungan mawar melalui tanah, karena bunga dan daun bunga mawar sangat rentan terhadap kekeringan. Siram sehari sekali disaat musim hujan dan dua hari sekali setiap pagi dan sore ketika musim panas. Jika hujan turun tidak berhenti maka hentikan penyiraman karena sudah tergantikan dengan air hujan, hanya saja lebih baik dibilas dengan daunnya dengan cara menyemprotkan air dengan halus dan lembut supaya tekstur daun tidak rusak.
3.             Media tanah yang baik
Untuk membuat bunga mawar tumbuh subur media penanaman yang tepat untuk mawar adalah menggunakan tanah dengan kadar air yang bagus. Tetapi mawar akan kurang subur jika ditanam melalui media yang terlalu bergembur ataupun terlalu kering. Dan peran sinar dari matahari sangat membantu pembentukan bunga.
4.             Cek dan pemangkasan secara rutin
Cek bagian daun dan ranting secara rutin supaya tidak ada bagian yang busuk masih menempel dibadan tanaman. Dan bila ada bagian yang mengering atau membusuk segera pangkas menggunakan gunting yang tajam supaya tanaman tidak rusak. Dan jangan memotong dengan pola diagonal/menyerong, usahakan memotong dengan lurus dan rajin.


5.             Pembudidayaan bunga mawar
Untuk membudidayakan tanaman ini ada banyak cara. Diantara banyak cara yang digunakan cara stek adalah cara yang paling ampuh untuk menambah jumlah tanaman dibandingkan dengan cara lain (biji, okulasi, cangkok, membelah anakan).
6.             Pemberian pupuk
Jika manusia membutuhkan vitamin sebagai nutrisi, maka pupuk adalah sesuatu yang bunga butuhkan untuk nutrisi itu. Pemberian nutrisi yang tepat dapat membuat bunga mawar menjadi tumbuh lebih subur. Pemilihan pupuk yang tepat untuk bunga mawar adalah pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan.
7.             Jaga tanaman dari serangan hama.
Hama merupakan musuh utama masih semua tanaman. Hama merupakan penghambat pertumbuhan bunga bias membuat tumbuhan mati. Untuk menghindari hama sebaiknya menyemprotkan pestisida dalam kurun waktu 1-2 kali dalam satu bulan. Perawatan bunga yang sangat popular di masyarakat ini harus hati-hati dan dilakukan secara konsisten walaupun secara keseluruhan perawatan Bunga mawar tidak susah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...