animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Selasa, 29 Mei 2018

Konsep Manusia dalam Sejarah


A.           Konsep Manusia dalam sejarah
Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan karena sejarah tanpa manusia adalah khayal. Manusia dan sejarah merupakan satu kesatuan. Manusia dalam dimensi sejarah berperan sebagai subjek dan objek sejarah. Bila manusia dipisahkan dari sejarah maka tidak akan ada peradaban dan kemajuan umat manusia. Peradaban dan kemajuan manusia, terlahir karena adanya sejarah yang berkelanjutan.
Sejarah adalah pengalaman, kembali. diceritakan  dan hasil cipta manusia utama dalam. Manusia memiliki peran sentral dan manusialah perkembangan sejarah. Dengan kata lain, manusialah yang berperan menciptakan dan membuat peristiwa-peristiwa sejarah melalui kecakapan berpikir dan bertutur yang baik.
Suatu peristiwa disebutsejarah karena mengandung peristiwa yang dialami oleh manusia. Sejarah dalam konteks ini adalah sejarahnya manusia bukan sejarahnya binatang atau peristiwa alam oleh karena manusia sangat menentukan dalam peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah yang dikaji berbeda antara peristiwa sejarah yang satu dengan yang lain. Bisa jadi berlangsung dengan singkat atau berlangsung lama, bias dalam lingkup sederhana maupun kompleks dan juga tergantung tingkat akal budi mamusia dan lingkungan
Secara umum, hanya beberapa manusia saja yang disebut atau dikisahkan dalam Sejarah. Bahkan ada cam bar 11 kehidupan mayang yang dapat sebuah pepatah yang menyatakan bahwa "History has been written by the victors sejarah ditulis oleh para pemenang (penguasa). Pepatah ini menimbulkan sebuah persepsi bahwa sejarah mungkin saja tidak benar atau tidak valid karena ditulis menurut sudut pandang para atau penguasa.
Sejarah seharusnya menjadi sebuah peristiwa yang ditulis atas dasar kebenaran keabsahan cerita dan unsur-unsur sejarahnya. Sejarah bukan hanya ditulis untuk memperkuat kedudukan dan legitimasi seseorang, namun lebih untuk mengungkapkan nilai dan makna sesungguhnya dari peristiwa masa lalu.
Manusia dalam menuliskan dan menceritakan sejarah seharusnya tidak hanya melihat dari satu sisi namun harus melihat dari berbagai sisi dan menggunakan berbagai sumber berbeda. Dengan demikian akan di dapatkan peristiwa sejarah yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.



1 komentar:

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...