animasi-bergerak-selamat-datang-0276

Selasa, 29 Mei 2018

Meringkas Buku Ilmiah Populer


"Kunci Meraih Kebahagiaan Remaja"

POKOK-POKOK TIAP BAB
1.      Bab 1
a.       Pada usia 12 tahun, remaja masih dianggap anak-anak  dan ketika remaja berusia 16 tahun, remaja sudah dianggap sebagai orang dewasa.
b.      Di dalam usia remaja, remaja sering melakukan pemberontakan remaja. Tetapi ada juga yang memilih menahan amarahnya.
c.       Apabila remaja menahan amarahnya, maka kandungan serotonin dalam otak akan berkurang.
d.      Jika serotonin berkurang, maka akan timbul depresi yang dapat mengakibatkan bunuh diri
e.       Remaja dapat belajar dewasa dari kesalahan-kesalahannya.
f.       Masih banyak remaja yang terjerumus ke dalam narkoba, seks, dll.
g.       Kepribadian remaja tergantung pada gen, lingkungan, dan pilihan diri sendiri.

2.      Bab 2
a.       Depresi adalah suatu kondisi medis – psikiatris dan bukan sekedar suatu keadaan sedih.
b.      Suatu kondisi depresi disebabkan oleh :
c.       Faktor organobiologis
d.      Faktor psikoedukasi
e.       Faktor sosio – lingkungan
f.       Gejala- gejala seseorang yang mengalami depresi :
g,       Kesedihan
h.      Insomnia
i.       Nafsu makan
j.       Kesehatan menurun
k.      Kegelisahan
l.       Pikiran yang menyakitkan
m.     Putus asa
n.      Pikiran mengkhayal ( delusi )
o.      Remaja yang delusi berarti sudah mengalami masalah yang serius. Remaja sudah memikirkan sesuatu yang terpisah dari realita yang tidak jauh dari psikosis.
p.      Psikosis adalah kelainan jiwa yang disertai dengan diintegrasi kepribadian dan gangguang kontak dengan kenyataan.

3.      Bab 3
a.       Serotonin adalah cairan otak yang terdiri dari zat-zat kimia yang mengatur apa saja yang dilakukan dan dipikirkan manusia.
b.      Banyaknya serotonin menentukan tingkat energi, nafsu, prestasi, sedih dan konsentrasi.
c.       Serotonin mempengaruhi kebahagiaan. Tanpa serotonin, tidak ada tindakan dan pikiran.
d.      Serotonin dihasilkan dari zat kimia alami yang berasal dari makanan, yaitu tryptophan.
e.       Makanan yang mengandung tryptophan adalah pisang dan susu. Hindari konsumsi zat adiktif.

4.      Bab 4
a.       Remaja yang depresi harus diobati
b.      Reaksi duaka merupakan akibat depresi yang dialami remaja.
c.       Remaja yang depresi harus dimotivasi, terutama ketika ia sedang mengalami tahap-tahap dukacita.
d.      Tahap pertama, penyangkalan. Remaja menyangkal apabila kejadian buruk itu menimpanya.
e.       Tahap kedua , kemarahan yang terarah keluar. Remaja akan menyalahkan orang tua, teman, dan Tuhan.
f.       Tahap ketiga, kemarahan yang terarah ke dalam. Remaja akan merasa bersalah terus menerus.
g.       Tahap keempat, duka cita murni. Remaja mengerti realita kejadian dan kesalahannya.
h.      Tahap terakhir, resolusi. Remaja berserah diri dan mulai bangkit.

KESIMPULAN
Akhir-akhir ini banyak remaja Indonesia yang mengalami depresi. Oleh karena itu, para remaja harus mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dengan harapan remaja dapat mengatasi setiap masalah yang muncul.
Remaja yang sudah menginjak usia 12 tahun masih dianggap sebagai anak-anak, tetapi ketika remaja sudah  menginjak usia 16 tahun, remaja sudah dianggap sebagai orang dewasa yang sudah mampu mengurusi diri sendiri dan bereproduksi. Remaja juga sering melakukaan pemberontakan remaja, yaitu tahap menolak orang lain karena merasa bahwa dirinya ialah yang paling benar. Tetapi, ada juga remaja yang tidak memberontak dan lebih memilih untuk menahan amarahnya. Menahan kemarahan adalah kondisi menolak membiarkan sesuatu pada saat seharusnya keluar. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya serotonin, zat kimia terpenting dalam otak. Jika serotonin berkurang, maka akan timbul depresi yang dapat mengakibatkan bunuh diri. Oleh karena itu, bunuh diri merupakan penyebab kematian remaja yang kedua setelah kecelakaan.
Usia remaja merupakan tahap kehidupan mulainya menyadari bahwa hidup ini sulit dan berliku-liku. Remaja dapat belajar menjadi dewasa dari kesalahan yang telah ia perbuat.  Tetapi, masih banyak remaja yang terjerumus ke dalam dunia seks, narkoba, ganja, dan lain-lain. Untuk menjauhi hal-hal negatif tersebut, remaja harus berkepribadian tetap. Kepribadian seorang remaja tergantung pada tiga hal, yaitu gen/keturunan, lingkungan, dan pilihan diri sendiri. Oleh karena itu, remaja seharusnya jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan menentukan pilihan.
Ketika remaja, biasanya terjadi hal-hal yang tidak beres dan mengakibatkan  depresi. Depresi ialah suatu kondisi medis-psikiatis tetapi bukan sedih. Faktor penyebab depresi di antaranya faktor organobiologis, faktor psikoedukasi, dan faktor sosio-lingkungan. Gejala-gejala remaja yang mengalami depresi adalah kesedihan, insomnia, hilangnya nafsu makan, kesehatan menurun, kegelisahan, timbul pikiran yang menyakitkan, putus asa, dan delusi .
Apabila remaja sudah mengalami delusi, maka dapat dikatakan bahwa remaja tersebut sudah mendapat masalah serius, karena ia sudah memikirkan sesuatu yang terpisah dari realita yang tidak jauh dari psikosis. Psikosis adalah kelainan jiwa yang disertai dengan diintegrasi kepribadian dan gangguan kontak dengan kenyataan. Depresi dapat ditanggulangi dengan memberikan gabungan dari obat, spiritual healing, terapi suportif dan dukungan keluarga.
Masalah-masalah remaja seperti depresi tidak akan terlepas dari peran penting serotonin dalam otak. Serotonin adalah cairan otak yang terdiri dari zat-zat kimia yang mengatur apa saja yang dilakukan dan dipikirkan manusia. Maka, banyaknya serotonin menentukan tingkat energi, nafsu, prestasi, dan konsentrasi. Jika jumlah serotonin sedikit, akibatnya mudah marah, depresi, sedih, prestasi menurun dan malas. Oleh karena itu, kadar serotonin sangat meempengaruhi kebahagiaan. Tanpa serotonin, maka tidak ada pikiran, dan tindakan.
Namun, serotonin tidak bisa dihasilkan dengan memakan sesuatu. Serotonin dihasilkan dari zat kimia alami yang berasal dari makanan, yaitu tryptophan. Sehingga, untuk memperbanyak ketersediaan serotonin di dalam otak dapat dilakukan dengan cara makan makanan yang mengandung vitamin B6 dan tryptophan, seperti pisang dan susu. Cara lainnya ialah dengan mengurangi jumlah konsumsi zat adiktif seperti alkohol, dan ganja.
Anak remaja yang sudah mengalami depresi harus diobati dan dimotivasi agar serotoninnya kembali normal dan bisa hidup seperti remaja lainnya. Remaja tersebut juga mengalami reaksi duka yang disebabkan oleh depresi yang dialaminya, ia juga harus mengatasi keadaan tersebut, dan memulihkan kebahagiaan. Remaja yang depresi harus terus dimotivasi, terutama ketika ia sedang menjalani tahap-tahap duka cita.
Tahap pertama duka cita ialah penyangkalan. Remaja akan menyangkal apabila kejadian buruk itu menimpanya. Selanjutnya adalah kemarahan yang terarah keluar. Remaja akan menyalahkan orang tua, teman dekat, bahkan Tuhannya sendiri. Tahap yang lebih lanjut ialah kemarahan yang terarah ke dalam. Dalam tahap ini, remaja akan terus merasa bersalah dan merasa dirinya seperti sampah. Tahap keempat adalah duka cita murni. Tahap keempat ini, para remaja yang depresi sudah bisa mengerti tentang realita kejadian dan kesalahan yang membuatnya depresi. Setelah penyangkalan, kemarahan, rasa bersalah, dan dukacita, yang terakhir adalah resolusi. Pada tahap ini, remaja akan berserah diri pada kenyataan dan mulai bangkit untuk menjalani hari-harinya. 

MOTIVASI
1.             Orang yang paling bahagia dan sukses dalam hidup adalah mereka yang telah berhasil membangun karier dan kegiatannya diseputar bakat dan passion mereka. sehingga dengan mengenali tujuan, mempercayai impian dan bergerak maju dengan percaya diri kearah tujuan dan hasrat mereka akan mendatangkan kegembiraan dan kelimpahan hidup.
2.             Kebahagiaan adalah pilihan hidup anda. dengan menjalani hidupyang pernuh syukur dan kegembiraan,maka kebahagiaan pun akan dapat anda raih. 
3.             Emosi positif anda akan menggerakan energi dan energi akan menggerakan masa depan.
4.             Masa depan yang indah akan anda capai jika anda mampu mengakui masa lalu yang positif dan melepaskan masa lalu yang negatif. pengampunan adalah proses yang berdaya sangat kuat yang mampu menggeser kepedihan dan kemarahan kepada frekuensi cinta yang lebih tinggi. 
5.             Masa yang pergi tak akan kembali dan umur semalam tak akan dilalui lagi, maka jadikanlah hari inilebih baik dari semalam dan hari esok lebih baik dari hari ini.

6.             Seseorang yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan.
7.             Jadikanlah hidup mu luar biasa tinggalkan warisan abadi hidup mu adalah suatu misi bukan suatu karir. karir adalah profesi sedangkan,misi adalah tujuan karir menanyakan, " untungnya apa sich buat saya?" misi menanyakan, " bagaimana caranya agar saya dapat membuat perbedaan yang lebih baik?".

beberapa motivasi :
1.             Harus belajar dari kesalahan tetapi tidak boleh hidup dalam penyesalan.
2.             Apapun yang bisa dibayangkan pikiran manusia serta diyakini dan diusahakannya..."pasti akan tercapai"
3.             Semakin baik anda menata diri , semakin banyak yang akan anda kemas kedalam hidup.
4.             Hidup tanpa rencana bagaikan melangkah tanpa arah 
5.             Hidup tanpa impian bagaikan berjalan tanpa tujuan.
6.             Orang sukses memiliki kebiasaan melakukkan hal yang tidak suka dilakukan oleh orang malas.
7.             Orang sukses itu sendiri sebenarnya juga tidak suka melakukannya tapi ketidak sukaan mereka ditaklukan oleh kekuatan tujuan mereka.  
8.             Berhaplah untuk sesuatu yang kw inginkan, bekerjalah untuk sesuatu yang kw butuhkan tidak ada satupun didunia ini yang bisa didapat dengan mudah . kerja keras dan do'a adalah cara untuk mempermudanya.
9.             Berfokuslah pada kebaikan didalam diri anda sendiri dan orang lain 
10.        Berfokuslah pada terangdan keindahan di dalam hidup anda!
11.        Jangan bersedih jika kamu tidak dihargai, tapi bersedihlah jika  kamu tidak berharga lagi.
12.        Bergiatlah ketika kamu sedang malas. adalah ujian sejati terhadap karaktermu.
13.        Salah satu ciri orang yang patut mendapatkan penghormatan terbesar adalah orang yang sanggup menerima pahitnya" Kenyatan Hidup".
14.        Buatlah dirimu berharga dimata tuhan meski dunia memandang mu dengan tidak berharga.
15.        Don't let it build up until you blow up!! "jangan membiarkan masalah bertumpuk sampai akhirnya kamu enggak bisa menyelesaikannya."
16.        Wasting the time can explode your future "membuang waktu mu untuk melakukan hal yang tidak berguna dapat menghancurkan masa depan mu."
17.        Cara untuk menjadi didepan adalah memulai sekarang. jika memulai sekarang tahun depan anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui.
18.        Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangat berharga bagi saya

Survey Monkey

Survey Monkey/Monkey Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan umpan balik untuk membantu mengumpulkan informasi & data pelanggan dari surv...