Rembrandt
Self portrait by Rembrandt, (1661).
Kebangsaan : Dutch
Dikenal karena : Painting ,
Printmaking
Karya terkenal : Danaë
, 1636
Jacob
de Gheyn III , 1632
Anatomy Lesson of Dr.
Nicolaes Tulp, 1632
Belshazzar's Feast,
1635
Night
Watch, 1642
Gerakan politik
: Dutch
Golden Age painting
Rembrandt Harmenszoon van Rijn
(lahir 15 Juli 1606 – meninggal
4 Oktober 1669 pada umur 63 tahun) adalah pelukis
Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar
dalam sejarah seni Eropa. Rembrandt dikenal dengan
keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap
objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam
lukisan.
Rembrandt juga sering membuat
karya-karya grafis dan
gambar . Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa
terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17).
Riwayat
Hidup
Rembrandt lahir 15 Juli 1606 di
Leiden , Netherlands . Keluarganya
hidup cukup sejahtera, ayahnya bekerja di penggilingan,
sementara ibunya seorang anak tukang roti.
Masa kecilnya dilewati di sekolah
latin dan kemudian melanjutkan
ke Universitas Leiden , meskipun tercatat dalam
sejarah bahwa ia jauh lebih tertarik kepada dunia
melukis. Ayahnya kemudian menyerah dan mengirimkannya
untuk magang kepada pelukis sejarah terkenal
Leiden, Jacob van Swanenburgh . Setelah lepas dari
kewajiban magang bersama Pieter Lastman di Amsterdam
, Rembrandt membuka studio di Leiden, yang
didirikan dan digunakannya bersama Jan Lievens . Pada
tahun 1627, Rembrandt mulai menerima murid, salah
satunya Gerrit Dou.
Semenjak 1631, Rembrandt telah mendapat
reputasi yang baik dari penugasannya sebagai
pelukis potret tokoh-tokoh di
Amsterdam. Selanjutnya, ia kemudian pindah
ke sana dan tinggal di rumah penyalur lukisan, Hendrick
van Uylenburgh.
Kepindahan ini kemudian berlanjut
dengan perkawinannya dengan cucu jauh Hendrik,
Saskia van Uylenburg pada
1634.Pernikahan ini terlihat jelas atas alasan
cinta. Meskipun ayah Saskia dulunya adalah burgemeester
(gubernur) Leeuwarden, Saskia pada masa
itu telah menjadi yatim piatu dan tidak dalam keadaan
berlimpah harta. Saskia tinggal bersama kakaknya
di Frisia dan tidak memiliki banyak koneksi di Amsterdam
untuk mendukung karier Rembrandt.
Pada 1639, Rembrandt and Saskia
pindah ke sebuah rumah
kecil di Jodenbreestraat di sebuah perkampungan
Yahudi (Saat ini menjadi Rembrandt House
Museum ). Meskipun hidup sejahtera, keluarganya
menghadapi cobaan. Tiga anaknya meninggal
saat lahir. Hanya anak keempat, Titus yang lahir
1641, yang bisa hidup hingga dewasa. Saskia meninggal
1642 sesaat setelah kelahiran Titus kemungkinan
akibat TBC .
Akhir 1640an, posisi Saskia sebagai
istri digantikan oleh
Hendrickje Stoffels, yang sebelumnya bekerja sebagai
pelayan rumah tangga Rembrandt. Pada 1654 mereka
mendapat seorang anak perempuan Cornelia, yang
membuat Hendrickje divonis oleh Reformed church
Belanda untuk menjalani status "hidup dalam dosa".
Rembrandt tidak hadir dalam persidangan ini karena
ia bukan anggota gereja ini.
Rembrandt hidup boros, termasuk
dengan membeli banyak karya
seni, khususnya cetakan, (kebanyakan digunakan
sebagai referensi lukisannya), dan barang-barang antik, yang kemungkinan besar
menjadi alas an kebangkrutannya
pada 1656. Ia terpaksa menjual rumah
dan pindah ke rumah yang lebih sederhana di Rozengracht
. Di sini, Hendrickje dan Titus memulai usaha
toko barang seni hingga akhir riwayatnya. Bagaimanapun,
reputasi Rembrandt tidak tenggelam pada
masa ini karena ia masih mendapat penugasan untuk
lukisan-lukisan sejarah yang besar untuk balai kota
yang baru.
Rembrandt hidup terpisah dengan
Hendrickje dan Titus. Pada
akhir riwayat, hanya Cornelia yang ada di sampingnya.
Hidup terpisah dengan anak lelakinya membuat
dia terpukul berat dan akhirnya meninggal dunia
pada 4 Oktober 1669 di Amsterdam dan dikubur tanpa
tanda atau upacara apapun diWesterkerk.
Karya-karya
Jaga Malam (1642)
Salah satu kutipannya yang masih
tercatat hingga kini mengenai
pencapaiannya dalam seni rupa adalah "pergerakan
yang terhebat dan alami", (diterjemahkan dari
frasa Belanda die meeste ende di naetuereelste beweechgelickheijt
), dalam sebuah surat yang ditulis untuk
koleganya. Tidak begitu diketahui dengan jelas maksud
pergerakan di sini, apakah mengacu kepada objek
yang dilukisnya atau emosi orang yang menikmati
lukisannya.
Secara keseluruhan, Rembrandt telah
menghasilkan 600 lukisan, 300
sketsa, dan 2000 gambar. Kebanyakan berupa
self potrait , yang memberikan gambaran sangat jelas
mengenai Rembrandt yang sebenarnya, baik dari segi
emosi maupun penampilan.
Teknik yang dipakai kebanyakan
adalah chiaroscuro, yang
memberikan kontras yang cukup jelas antara bayangan
dan pantulan cahaya dengan gradasi yang halus,
sekaligus memberikan efek dramatis kepada pemirsanya.
Meskipun tetap saja kebanyakan tampil dengan
tema-tema yang formal, karyanya mendalami aspek-aspek
kemanusiaan tanpa membedakan usia maupun
kekayaan.
Beberapa anggota keluarganya,
seperti istrinya Saskia, anaknya
Titus, dan istri mudanya Hendrickje juga sering
tampil di beberapa bagian lukisan, yang kebanyakan
bertema sex, biblikal, atau rekaman sejarah.
Perjalanan
kesenian
1.
Pada periode Leiden (1625-1631) terlihat
jelas bahwa pengaruh Lastman
sangat besar. Kebanyakan karyanya berukuran
kecil, tetapi penuh detail. Kebanyakan temanya
religius dan allegoris.
2.
Pada periode Amsterdam (1632-1636),
Rembrandt mulai
menggunakan kanvas besar, warna-warna kuat, dan
menciptakan suasana dramatis. Rembrandt juga banyak
menghasilkan lukisan potret. Lukisan-lukisan lain
memakai tema biblical and mitologis.
3.
Akhir 1630, Rembrandt banyak menciptakan
lukisan pemandangan dan beberapa etsabertema
alam. Pada periode ini,
pemandangan yang diperlihatkan banyak dipengaruhi
fenomena alam, seperti pohon yang tersambar
petir atau langit biru ditutupi awan kelam.
4.
Sejak 1640, karyanya mulai mengarah
lebih tragis, memperlihatkan
kejadian-kejadian yang menimpa keluarganya.
Aspek teknis yang biasanya kuat tertutupi oleh
ekspresi yang dalam. Tema biblikal lebih sering muncul
dari Perjanjian baru. Ukurannya kembali mengecil.
Sebagai pengecualian The Night Watch (Jaga Malam),
karyanya yang paling besar dalam ukuran, Pemandangan
lebih sering muncul dalam karya etsa daripada
lukisan.
5.
Pada 1650an, gaya Rembrandt kembali
berubah. Karya lukisan menjadi lebih banyak.
Warnanya lebih kaya dan goresan
kuas lebih kuat. Dari gejala ini terlihat
bahwa Rembrandt berusaha menjauh dari karya-karya
sebelumnya dan trend pada masa itu. Tema
biblikal masih sering terlihat, tetapi penekananya tidak lagi dalam suasana ramai, tetapi
lebih mengarah kepada
pengamatan seperti di dalam objek-objek lukisan
potretnya.
6.
Pada tahun terakhirnya, Rembrandt
membuat banyak lukisan dirinya
yang terkenal, yang memperlihatkan banyak
gurat kesedihan dan kelelahan.FF
Karya-karyanya
yang terkenal
The anatomy lesson of Dr. Nicolaes
Tulp.
Kembalinya sang anak yang hilang ,j
1662
1.
1629 An Artist in His Studio (The Museum
of Fine Arts , Boston, Massachusetts)
2.
1630 The Raising of Lazarus ( Los
Angeles County Museum of Art,
Los Angeles )
3.
1630-1635 A Turk ( The National Gallery
of Art , Washington, D.C. )
4.
1631 Portrait of Nicolaes Ruts (Frick
Collection , New York)
5.
1632 Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp ( Mauritshuis, The Hague)
6.
1632 Portrait of a Noble (Oriental) Man
(Metropolitan Museum of Art,
New York)
7.
1633 Christ in the Storm on the Lake of
Galilee (formerly at
the Isabella Stewart Gardner Museum , Boston; stolen
in 1990 and still at large)
8.
1635 Belshazzar's Feast (National
Gallery, London )
9.
1636 The Blinding of Samson (Städelsches Kunstinstitut, Frankfurt am Main,
Germany )
10. 1636
Danaë (State Hermitage Museum , St. Petersburg)
11. 1642
The Militia Company of Captain Frans Banning Cocq
better known as the Night Watch (Rijksmuseum , Amsterdam
)
12. ±1643
Christ Healing the Sick also known as The Hundred
Guilders Print (Victoria and Albert Museum, London)
etching, nicknamed for the huge sum (at that time)
paid for it
13. 1647
An Old Lady with a Book (The National Gallery of Art,
Washington, D.C.)
14. 1650
The Philosopher (The National Gallery of Art, Washington,
D.C.)
15. 1650
The Mill (The National Gallery of Art, Washington,
D.C.)
16. 1653
Sacrifice of Isaac ( State Hermitage Museum , St. Petersburg
)
17. 1653
Aristotle with a Bust of Homer (Metropolitan Museum
of Art, New York)
18. 1654
Bathsheba at Her Bath (Louvre , Paris) (Hendrickje
is thought to have modeled for this painting)
19. 1655
Joseph Accused by Potiphar's Wife (National Gallery
of Art, Washington D.C.)
20. 1656
A Woman Holding a Pink (The National Gallery of Art,
Washington, D.C.)
21. 1656
Jacob Blessing the Sons of Joseph (Staatliche Kunstsammlungen
Kassel, Galerie Alte Meister, GK 249)
22. 1657
The Apostle Paul (The National Gallery of Art, Washington,
D.C.)
23. 1658
Selfportrait (Frick Collection, New York)
24. 1658
Philemon and Baucis (The National Gallery of Art, Washington,
D.C.)
25. 1659
Jacob Wrestling with the Angel
26. 1659
Selfportrait (Metropolitan Museum of Art, New York)
27. 1660
Selfportrait (Metropolitan Museum of Art, New York)
28. 1660
Portrait of a Gentleman with a Tall Hat and Gloves (The National Gallery of Art,
Washington, D.C.)
29. 1660
Portrait of a Lady with an Ostrich-Feather Fan (The
National Gallery of Art, Washington, D.C.)
30. 1661
Conspiracy of Julius Civilis ( Nationalmuseum, Stockholm
) ( Julius Civilis led a Dutch revolt against the Romans
) (most of the cut up painting is lost, only the central
part still exists)
31. 1662
Syndics of the Drapers' Guild (Dutch De Staalmeesters
) (Rijksmuseum, Amsterdam)
32. 1662
Portrait of a Man in a Tall Hat (The National Gallery
of Art, Washington, D.C.)
33. 1662-1663
A Young Man Seated at a Table (The National
Gallery of Art, Washington, D.C.)
34. 1664
Lucretia (The National Gallery of Art, Washington,
D.C.)
35. 1664
The Jewish Bride (Rijksmuseum, Amsterdam)
36. 1666
Lucretia (The Minneapolis Institute of Arts, Minneapolis
)
37. 1669
Return of the Prodigal Son (State Hermitage Museum,
St. Petersburg)
Daftar Pustaka
Catalogue raisonné: Stichting Foundation Rembrandt
Research Project:
A Corpus of Rembrandt Paintings - Volume I , which
deals with works from Rembrandt’s early years in
Leiden (1629-1631), 1982
A Corpus of Rembrandt Paintings - Volume II:
1631-1634 . Bruyn, J., Haak, B. (et al.), Band 2,
1986,
ISBN 978-90-247-3339-2
A Corpus of Rembrandt Paintings - Volume III,
1635-1642 . Bruyn, J., Haak, B., Levie, S.H., van
Thiel,
P.J.J., van de Wetering, E. (Ed. Hrsg.), Band 3,
1990, ISBN 978-90-247-3781-9
Wolfgang Kosack: Ein zweiter Rembrandt: "Die
Staalmeesters". Kunsthistorische Studie.
Christoph
Brunner, Basel 2015, ISBN 978-3-906206-14-1 .
A Corpus of Rembrandt Paintings - Volume IV . Ernst
van de Wetering, Karin Groen et al. Springer,
Dordrecht, the Netherlands (NL). ISBN
1-4020-3280-3 . p. 692. (Self-Portraits)
Rembrandt. Images and metaphors , Christian Tumpel
(editor), Haus Books London 2006 ISBN 13:
978-1-904950-92-9
Graaff, Arthur E.A.J. and Michiel V. Roscam Abbing
(2006). Rembrandt for Dummies . Addison Wesley.ISBN 90-430-1280 Check |isbn=
value ( bantuan ).
Van De Wetering, Ernst (2004) (2nd paperback
printing). The Painter At Work. University of
California
Press,Berkley and Los Angeles. University of
California
Press, London, England. By arrangement with
Amsterdam University Press. ISBN O-520-22668-2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar kalian sangat berharga bagi saya